Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indikator Keberhasilan Komunikasi Bisnis

Indikator Keberhasilan Komunikasi Bisnis Secara Umum

Indikator Keberhasilan Komunikasi Bisnis - Keberhasilan komunikasi dalam sebuah organisasi ditentukan oleh adanya kesamaan pemahaman diantara orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi tersebut. Dalam hal ini, kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, perilaku komunikasi, cara penyampaian pesan, dan situasi (tempat dan waktu) komunikasi.

Komunikasi organisasi pada umumnya menggunakan kombinasi cara berkomunikasi antara lisan, tertulis dan tayangan yang memungkinkan adanya peyerapan informasi dengan lebih mudah serta jelas.


Secara empiris, pemahaman seseorang mengenai suatu hal akan lebih mudah diserap dan dipahami jika sesuatu hal tersebut diperlihatkan dibandingkan hanya diperdengarkan ataupun dibacakan. Dan akan lebih baik lagi apabila sesuatu hal yang dikomunikasikan tersebut, selain diperlihatkan juga dipraktikkan.

Hasil studi tentang perilaku bisnis dikalangan eksekutif menunjukkan fakta bahwa kemampuan berkomunikasi adalah unsur pokok diantara berbagai faktor personal yang dibutuhkan untuk mempromosikan menejemen organisasi ataupun mengatasi konflik manejemen. Dalam arti bahwa kemampuan berkomunikasi efektif juga merupakan salah satu ciri dari mutu SDM karyawan. Jika dianalogikan, komunikasi efektif dalam suatu organisasi diumpamakan seperti darah dalam tubuh dan merupakan kunci kesuksesan.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan, keberhasilan komunikasi bisnis juga sangat ditentukan oleh adanya efektivitas dalam komunikasi bisnis itu sendiri. Sementara itu, efektivitas komunikasi bisnis seperti halnya jenis komunikasi lainnya ditentukan oleh beberapa hal, antara lain yaitu :


1)   Persepsi

Komunikator harus bisa memprediksi apakah pesan yang disampaikan bisa diterima komunikan atau tidak, hal ini penting karena adanya perbedaan persepsi antara setiap orang.


2)   Keberhasilan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Salah satu faktor keberhasilan komunikasi bisnis dalam kaitannya dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi adalah adanya proses integrasi informasi yang berkaitan dengan ketersediaan komunikasi data yang tepat guna.

Hal ini meliputi beberapa faktor, antara lain pertama, cakupan (range) produk jasa komunikasi data yang dimiliki. Dengan adanya hirarki, jenis, dan juga besar kecilnya manufaktur maka hal ini akan mempunyai perbedaan karakteristik sistem informasi yang diperlukan sehingga dibutuhkan jenis layanan komunikasi yang berbeda pula.

Kedua, Coverage. Butuhkan provider yang bisa menyediakan layanan di lokasi manapun mengingat lokasi manufaktur yang menyebar serta terkadang di daerah terpencil.

Ketiga, unjuk kerja (performansi). Performance yang tinggi adalah salah satu syarat utama agar komunikasi selalu bisa dilakukan. Dan terakhir keempat, Biaya. Faktor biaya juga menjadi salah satu faktor yang perlu untuk dipertimbangkan agar efisiensi dan efektifitas tetap bisa ditingkatkan.


3)   Ketepatan

Setiap komunikan atau audience mempunyai kerangka pikir. Sehingga agar komunikasi yang dilakukan tepat sasaran, maka komunikator perlu mengekspresikan hal yang ingin disampaikan sesuai dengan kerangka pikir komunikan tersebut.


4)   Kredibilitas

Dalam melakukan komunikasi komunikator perlu mempunyai suatu keyakinan bahwa komunikan bisa dipercaya. Dan ada baiknya juga ia harus mendapatkan kepercayaan dari komunikan.


5)   Pengendalian

Di dalam sebuah komunikasi, komunikan akan memberika reaksi atau umpan balik (feedback) atas pesan yang disampaikan. Dalam hal ini, reaksi ini harus bisa diantisipasi sekaligus juga dikendalikan oleh komunikator sehingga tidak akan melenceng dari target komunikasi yang tengah diupayakan.


6)   Kecocokan

Seorang komunikator yang baik selalu bisa menjaga hubungan persahabatan yang menyenangkan dengan para komunikannya.


Indikator Keberhasilan Komunikasi Bisnis


Sementara itu lebih lanjut, pendapat lain mengatakan bahwa agar komunikasi berjalan dengan efektif dan efisien maka ada 3 hal yang sangat penting yang harus dilakukan, yaitu :

1)    Mampu membuat pesan dipahami.

2)    Harus memahami pesan yang diharapkan yang dikirim kepada anda.

3)    Kendali atas proses komunikasi harus diterapkan.


Selain itu juga agar bisa melakukan komunikasi bisnis yang efektif, seorang komunikan setidaknya harus mempunyai 3 kemampuan (skill), antara lain yaitu :

1)    Empati

2)    Pembicara yang sederajat

3)    Proyeksi atau menciptakan dampak.


Dengan begitu, jika komunikasi bisnis berjalan secara efektif disebuah perusahaan atau organisasi maka akan dapat menghasilkan beberapa hal, antara lain yaitu :

1)    Mempercepat Penyelesaian Masalah.

2)    Meningkatkan Profesionalisme.

3)    Memperkuat Pengambilan Keputusan.

4)    Memberikan Respon yang Positif terhadap Stakeholder.

5)    Memperkuat hubungan Bisnis.

6)    Meningkatkan Produktivitas.


Peran komunikasi dalam sebuah organisasi bisa dikatakan sangat amat penting. Tidak ada seorangpun di dalam keseharian tugasnya tanpa melaukan komunikasi. Baik itu dalam hal masalah pekerjaan ataupun dalam hal di luar pekerjaan, seperti masalah politik, keluarga, sosial dan ekonomi nasional. Semua hal tersebut pasti dilakukan melalui sebuah komunikasi. Juga baik itu dilakukan secara vertikal (atasan-bawahan) maupun secara horisontal (kolega setingkat).

Lalu seberapa jauh proses komunikasi berhasil dilakukan? Jauhnya proses berkomunikasi sangat ditentukan oleh kondisi dan perilaku manajer sebagai pengirim gagasan atau pesan, media yang dipakai, penerima pesan, teknologi informasi yanga digunakan, isi pesan, cara pesan yang disampaikan dan suasana komunikasi itu sendiri. Keberhasilan komunikasi ini akan dicerminkan oleh tidak adanya kesenjangan pemahaman antara pengirim dan penerima pesan sehingga para manajer dan karyawan akan merasa senang dan puas.


Posting Komentar untuk "Indikator Keberhasilan Komunikasi Bisnis"