Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kendala dalam Komunikasi Bisnis

Kendala dalam Komunikasi Bisnis

6 Kendala dalam Komunikasi Bisnis - Pentingnya memiliki kemampuan komunikasi bisnis di era sekarang ini, dengan tantangan seorang manajer yang relatif akan semakin sulit, dimana seorang manajer dituntut memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan ide, gagasan dan tujuan dalam lingkungan organisasi serta bagaimana cara ia menyampaikan produk atau jasa yang ia tawarkan kepada konsumen.

Pada umumnya terdapat 6 kendala yang mungkin akan muncul pada saat seorang manajer mengkomunikasikan bisnis organisasinya, antara lain yaitu :


1)   Struktur Komunikasi yang Buruk

Struktur komunikasi merupakan faktor esensial, yang menentukan baik atau buruknya sebuah komunikasi bisnis. Tidak penting apakah audiencenya hanya satu orang atau bahkan ada ribuan orang dan sekalipun berada ditengah-tengah kebisingan lingkungan bisnis dan pemasaran, pesan yang disampaikan harus terdengar dan dimengerti oleh audience.


2)   Penyampaian yang Lemah

Tidak menjadi masalah, apakah pesan yang ingin disampaikan itu penting atau impresif. Akan tetapi jika disampaikannya tanpa adanya “sentuhan yang kuat”, hasilnya tidak akan bisa menyakinkan orang lain sesuai dengan harapan.

Selain itu juga, walaupun sudah dilakukan “sentuhan“ yang tepat, seringkali masih membutuhkan waktu untuk memperoleh respons. Dalam hal ini, pesan yang kuat tidak boleh seperti halnya lawakan yang tidak lucu. Pesan yang disampaikan harus bisa ‘menyentuh’ secara kuat dan telak, tidak sekedar mengelus ataupun mengingatkan.


3)   Penggunaan Media yang Salah

Perlu juga untuk mempertimbangkan siapa, dari kalangan apa atau dari status sosial mana serta karakteristik unik lainnya yang menjadi sasaran yang kita tuju, sehingga kita bisa memilih media yang tepat. Apabila pesan yang disampaikan dirasa sangat kompleks, maka adabaiknya kita memberikan ruang agar audience bisa mencerna pesan tersebut secara leluasa, sesuai dengan kecepatan mereka.


6 Kendala dalam Komunikasi Bisnis


4)   Pesan yang Campur Aduk

Pesan yang campur aduk, hanya akan mengakibatkan kebingungan atau bahkan mungkin sebuah cemoohan dari audience. Contohnya misalnya ada larangan untuk memberikan hadiah kepada klien, akan tetapi pada saat yang sama memberikan pengecualian untuk klien tertentu ataupun pelanggan VIP yang berpotensi besar pada bisnis perusahaan. Sementara, kriteria dari klien tertentu atau pelanggan VIP tersebut tidak dijabarkan secara jelas.


5)   Salah Audience

Topik yang akan dipilih hendaknya relevan dan sesuai dengan ekspektasi para audience. Misalnya katakanlah dalam event pertemuan antara wakil dari Pemerintah dan Pengusaha, akan tetapi dalam presentasi disajikan mengenai analisis situasi politik dan pemerintahan, sedangkan dari sisi para pengusaha sebetulnya lebih mengharapkan adanya penjelasan bagaimana tindakan atau langkah konkrit yang diambil pemerintah untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif.


6)   Lingkungan yang Mengganggu

Lingkungan yang mengganggu jelas adalah sebuah kendala dalam komunikasi, pesan yang disampaikan mungkin tidak bisa diterima atau didengar secara optimal. Lingkungan yang mengganggu disini seperti misalnya suara penyaji yang tidak cukup terdengar oleh audience, suara keras dari luar ruangan, (seperti suara lalu lintas yang padat), bunyi handphone, Interupsi, sesi bicara yang menegangkan, dan sebagainya. Oleh karenanya, perlu adanya pemilihan tempat yang tepat dan upaya agar audience lebih fokus dengan pesan yang akan disampaikan.

Ada berbagai macam kendala komunikasi bisnis, namun dengan kehati-hatian dan kecermatan, sebagian besar kendala tersebut akan bisa diatasi. Dalam hal ini, presentasi yang disampaikan akan lebih bermakna dengan kendala yang sudah diminimalisir, sehingga pesan yang disampaikan akan bisa memberikan efek yang diharapkan.

Lebih jauh sekarang seiring dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi, komunikasi berkembang menjadi sebuah bisnis tersendiri. Perkembangan sistem informasi dan teknologi membuat dunia dapat disatukan dengan mudah, sehingga proses komunikasi terjadi setiap saat tanpa berhenti dan berlangsung pada saat yang hampir bersamaan diseluruh dunia. Informasi dengan mudah cepat menyebar, bahkan nyaris tanpa ada penghalang apapun.


Posting Komentar untuk "6 Kendala dalam Komunikasi Bisnis"