4 Karakteristik Informasi yang Baik

4 Karakteristik Informasi yang Baik

Informasi adalah hasil dari pengolahan data yang diorganisasi menjadi sebuah bentuk yang lebih berguna bagi pihak yang menerimanya serta menggambarkan suatu kejadian yang nyata dan bisa dipergunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.

Kemajuan yang sangat pesat dalam bidang teknologi, menuntut perubahan total dalam orientasi pimpinan perusahaan terhadap peran informasi dalam proses pengambilan keputusan. Berbagai informasi mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis bisa diterima dengan sangat cepat. Informasi bisa didapatkan melalui banyak sumber seperti TV, surat kabar, radio, majalah, internet dan sebagainya.

Kebutuhan akan informasi dalam berbagai kegiatan manusia menunjukkan peningkatan yang begitu pesat. Saat ini informasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung kelangsungan sebuah perusahaan. Informasi bisa diibaratkan sebagai darah yang mengalir dalam tubuh manusia, oleh karena itu pelaku bisnis tidak akan bisa lepas dari arus informasi.

Dalam hal ini menurut para ahli pengertian informasi adalah sebagai berikut:

1)    Robert. N. Anthony & John Dearden dalam buku yang berjudul Management Control Systems mengungkapkan bahwa informasi sebagai suatu kenyataan, data, item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.

2)    Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin dalam buku yang berjudul Accounting Information System: informasi adalah concepts yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.

3)    Gordon B. Davis dalam bukunya yang berjudul Management Information System: informasi adalah Conceptual Foundations, bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang bisa dipahami didalam keputusan sekarang ataupun masa yang akan datang.

4)    Barry E. Cushing dalam buku yang berjudul Accounting Information System and Business Organization mengungkapkan bahwa informasi adalah sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menerimanya.

Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa informasi adalah data, kenyataan, dan hasil pengolahan yang berguna khususnya dalam pengambilan keputusan. Informasi merupakan sebuah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna serta lebih berarti lagi bagi yang menerimanya.

4 Karakteristik Informasi yang Baik

Karakteristik Informasi yang Baik

Ada beberapa karakteristik informasi yang baik, dalam hal ini antara lain yaitu:

1)    Informasi Harus Berhubungan (Information Must be Pertinent)
Pernyataan informasi harus berkaitan dengan urusan dan masalah yang penting bagi penerima informasi (orang yang membutuhkan informasi tersebut).

2)    Informasi Harus Akurat (Information Must be Accurate)
Informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak mempunyai bias atau menyesatkan. Informasi yang dihasilkan harus mencerminkan yang menjadi maksudnya. Keakuratan informasi sering sekali bergantung pada keadaan.

3)    Harus Ada Ketika Dibutuhkan (Information Must be Timely)
Informasi harus ada ketika dibutuhkan. Informasi yang diterima pada oleh penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan memiliki nilai lagi karena informasi adalah landasan dalam pengambilan keputusan.

4)    Relevan (Relevant)
Informasi tersebut memiliki manfaat untuk pemakainya. Dalam hal ini relevansi informasi untuk setiap orang yang satu dengan yang lainnya pasti akan berbeda.

Posting Komentar untuk "4 Karakteristik Informasi yang Baik"