Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

Adalah salah jika perhitungan pendapatan nasional tidak memiliki manfaat yang bisa diambil. Pendapatan nasional adalah ukuran dari nilai total barang serta jasa yang dihasilkan suatu negara dalam kurun waktu tertentu yang biasanya satu tahun yang dinyatakan dalam satuan uang. Dalam hal ini setidaknya ada 5 manfaat dari menghitung pendapatan nasional, berikut Manfaat Menghitungan Pendapatan Nasional tersebut:


1.   Mengukur Tingkat Kemakmuran

Dengan menghitung pendapatan nasional, tingkat kemakmuran masyarakat secara nasional dapat diketahui. Tingkat pendapatan nasional berbanding lurus dengan tingkat kemakmuran. Semakin tinggi nilai pendapatan nasional suatu negara, maka akan semakin tinggi pula tingkat kemakmuran negara tersebut dan sebaliknya semakin rendah nilai pendapatan nasional suatu negara, maka semakin rendah tingkat kemakmuran negara tersebut. Oleh karena itu tugas pemerintah dan masyarakat secara umum untuk dapat menaikan tingkat pendapatan nasional.


2.   Mengetahui Pertumbuhan Perekonomian

Dengan menghitung pendapatan nasional maka kita dapat mengetahui pertumbuhan perekonomian. Dalam hal ini setiap tahun pemerintah akan melakukan perhitungan pendapatan nasional, hal ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan perekonomian nasional dari tahun ke tahun, apakah mengalami pertumbuhan atau malah mengalami penurunan. Sehingga hasil yang didapat dapat dijadikan patokan untuk membuat kebijakan yang dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian.


3.   Mengetahui Struktur Perekonomian

Pada dasarnya dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat mengetahui struktur perekonomian suatu negara, apakah negara tersebut memiliki struktur perekonomian industri atau agraris. Jika suatu negara memiliki pendapatan nasional yang didominasi dari sektor agraris, maka negara tersebut memiliki struktur perekonomian agraris. Jika pendapatan nasionalnya didominasi dari sektor industri maka negara terebut memiliki struktur perekonomian industri dan seterusnya.


5 Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional


4.   Membandingkan Perekonomian Antar Negara

Jika total pendapatan nasional sudah diketahui, biasanya hasilnya dapat dibandingkan dengan pendapatan nasional negara lain sehingga dapat diketahui apakah negara tersebut termasuk negara maju, berkembang, atau masih negara terbelakang. Dengan membandingkan perekonomian dengan negara lain melalui pendapatan nasional pemerintah dapat mengevaluasi dan termotivasi untuk terus mengejar ketertinggalan dengan negara lain yang lebih maju.


5.   Pedoman Pengambilan Kebijakan Ekonomi Nasional

Sudah disinggung sebelumnya bahwa hasil dari perhitungan pendapatan nasional bisa dijadikan sebagai pedoman bagi pemerintah untuk pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan perekonomian nasional, agar kegiatan pembangunan dapat berjalan sesuai tujuan yang dikehendaki, pendapatan nasional dapat meningkat, dan kesejahteraan masyarakat secara umum dapat meningkat.

Jadi itulah 5 manfaat dari menghitung pendapatan nasional. Dengan melihat besarnya manfaat yang dapat diambil dari perhitungan nasional maka bisa dikatakan bahwa menghitung pendapatan nasional adalah hal yang penting dan hampir semua negara di dunia melakukan perhitungan pendapatan nasional negaranya termasuk Indonesia. Dengan hasil dari perhitungan pendapatan nasional diharapkan akan lahir kebijakan-kebijakan yang baik dari pemerintah dan dapat mensejahterakan masyarakat secara umum.


Posting Komentar untuk "5 Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional"