Berikut Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Berikut Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional adalah ukuran dari nilai total barang serta jasa yang dihasilkan suatu negara dalam kurun waktu tertentu yang biasanya satu tahun yang dinyatakan dalam satuan uang. Adalah salah jika perhitungan pendapatan nasional tidak memiliki manfaat yang bisa diambil, setidaknya ada beberapa manfaat dari perhitungan pendapatan nasional, berikut manfaat perhitungan pendapatan nasional:


1.      Mengukur Tingkat Kemakmuran

Melalui perhitungan pendapatan nasional tingkat kemakmuran masyarakat dapat diketahui, semakin tinggi nilai pendapatan nasional suatu negara, maka akan semakin tinggi pula tingkat kemakmuran negara tersebut dan sebaliknya semakin rendah nilai pendapatan nasional suatu negara, maka semakin rendah tingkat kemakmuran negara tersebut.

2.      Mengetahui Pertumbuhan Perekonomian

Setiap tahun pemerintah melakukan perhitungan pendapatan nasional, hal ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan perekonomian nasional dari tahun ke tahun, apakah mengalami pertumbuhan atau malah mengalami penurunan.

3.      Mengetahui Struktur Perekonomian

Pada dasarnya dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat mengetahui struktur perekonomian suatu negara, apakah negara tersebut memiliki struktur perekonomian industri atau agraris. Jika suatu negara memiliki pendapatan nasional yang didominasi dari sektor agraris, maka negara tersebut memiliki struktur perekonomian agraris.

4.      Membandingkan Perekonomian Antar Negara

Jika total pendapatan nasional sudah diketahui, biasanya hasilnya dapat dibandingkan dengan pendapatan nasional negara lain sehingga dapat diketahui apakah negara tersebut termasuk negara maju, berkembang, atau masih negara terbelakang.

5.      Pedoman Pengambilan Kebijakan Ekonomi Nasional

Hasil dari perhitungan pendapatan nasional bisa dijadikan sebagai pedoman bagi pemerintah untuk pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan perekonomian nasional, agar kegiatan pembangunan dapat berjalan sesuai tujuan yang dikehendaki.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 1.1.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...