Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MACAM-MACAM DISPLAY

MACAM-MACAM DISPLAY

Pemajangan barang dagangan (Display) ialah penataan barang dagangan di tempat tertentu dengan tujuan untuk menarik minat konsumen untuk melihat dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan. Dilihat secara umum display bisa dibagi menjadi beberapa macam, yang antara lain yaitu:

a.      Window Display

Window display ialah pemajangan barang dagangan di etalase atau jendela kegiatan usaha. Tujuan dari window display ini adalah untuk menarik minat konsumen sekaligus untuk menjaga keamanan barang dagangan. Window display ini hanya memperlihatkan barang dagangan yang ditawarkan saja tanpa bisa disentuh oleh para konsumen sehingga pengamanannya menjadi lebih mudah. Apabila konsumen ingin mengetahui lebih lanjut tentang barang yang dipajang tersebut, maka ia dipersilahkan untuk masuk untuk lebih memperjelas pengamatannya. Fungsi window display ini antara lain yaitu:
1)      Untuk menarik perhatian orang.
2)      Menimbulkan impulse buying (dorongan seketika).
3)      Memancing perhatian terhadap barang barang yang dijual di toko.
4)      Menyatakan kualitas barang yang baik dan ciri khas toko tersebut.
5)      Menimbulkan daya tarikterhadap keseluruhan suasana toko.

Macam-Macam Display

b.      Interior Display

Interior display ialah pemajangan barang dagangan di dalam toko. Interior display banyak digunakan untuk barang-barang yang sudah dikenal luas oleh masyarakat banyak. Interior display ini terdiri dari beberapa bagian antara lain yaitu:

1)      Merchandise Display

Merchandise display adalah menempatkan barang dagangan di dalam toko yang terbagi menjadi tiga bagian yakni:

a)      Open Interior Display
Open interior display ialah penataan barang dagangan dalam kegiatan usaha dimana barang diletakkan secara terbuka sehingga konsumen bisa melihat serta mengamati tanpa bantuan dari petugas penjualan (pramuniaga).

Macam-Macam Display

Kebaikan dari open interior display ini antara lain yaitu:
(1)   Pemilik toko dengan mudah mengadakan perubahan susunan pajangan bilamana sewaktu waktu diperlukan.
(2)   Barang dagangan dapat dijual dengan cepat.
(3)   Alat-alat yang digunakan untuk memamerkan barang-barang sederhana, barang-barang yang dipajangkan biasanya berupa barangbarang yang ingin cepat habis terjual, barang-barang yang lama lakunya dan barang barang yang dibeli atas dorongan kata hati.

b)      Close Interior Display
Close interior display alah penataan barang dagangan dalam kegiatan usaha dimana barang diletakkan didalam tempat tertentu, sehingga konsumen hanya bisa mengamati barang tersebut saja. Apabila konsumen ingin mengetahui lebih lanjut mengenai barang tersebut, maka ia akan meminta tolong pada wiraniaga untuk mengambilkannya.

Macam-Macam Display

2)      Architectural Display

Architectural display adalah penataan gambar yang menunjukkan gambaran tentang penggunaan barang yang diperdagangkan, misalnya seperti ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur dan sebagainya.

Macam-Macam Display

3)      Store Sign and Decoration

Merupakan simbul, tanda, lambang, gambar, poster, dan semboyan yang diletakkan diatas meja ataupun digantung dalam ruangan toko. Store sign ini dipakai untuk memberi arah kepada calon pembeli menuju arah barang dagangan serta memberi informasi tentang kegunaan barang tersebut. Sementara  decoration biasanya digunakan dalam acara-acara khusus, seperti pada hari raya idul fitri, natal dan penyambutan tahun baru.

Macam-Macam Display

4)      Dealer Display

Dealer display ialah simbol dan petunjuk-petunjuk tentang penggunaan barang yang dibuat oleh produsen. Simbol-simbol tersebut seakan-akan memberi peringatan kepada para pramuniaga agar tidak coba-coba memberikan informasi yang tidak sesuai atau tidak benar kepada konsumen.

Macam-Macam Display

c.       Eksterior Display

Eksterior display ialah pemajangan barang dagangan pada tempat tertentu di luar kegiatan usaha yang biasa digunakan. Pemajangan sistem eksterior display ini banyak dipaki untuk promosi barang, pengenalan produk baru dan penjualan istimewa seperti misalnya cuci gudang, discount dan sebagainya. Untuk pemasaran secara tetap pemajangan sistem seperti ini dirasa kurang optimal karena kelemahan faktor pengamanan, pengiriman barang, cuaca dan lain sebagainya. Pada intinya, eksterior display hanya tepat digunakan untuk kondisi penjualan tertentu saja.

Macam-Macam Display

Fungsi dari Eksterior display antara lain yaitu:
1)      Memperkenalkan produk denngan cepat dan ekonomis.
2)      Membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, seperti pada saat Hari Raya, ulang tahun dan lain sebagainya.
3)      Membantu mengkoordinir advertising dan merchandising.
4)      Mendistribusikan barang ke konsumen dengan cepat.

d.      Solari Display

Solari display adalah menempatkan barang dagangan dibagian Depaertement Store sebagai daya tarik bagi para konsumen setelah konsumen masuk ke dalam toko, misalnya seperti pakaian yang digunakan oleh boneka model (menequin).

Macam-Macam Display

Baik dengan open interior display ataupun dengan closed interior display, barang dagangan tetap saja perlu ditata, diatur dan disusun sedemikian rupa, agar para konsumen bisa tertarik dan berminat akan membelinya.

Banyak cara yang dilakukan oleh para pengusaha untuk memikat dan merangsang agar barang dagangannya banyak diminati dan disenangi oleh para konsumen. Salah satu cara untuk memajukan barang dagangannya, diantaranya adalah dengan ikut serta menyelenggarakan pameran. Pameran (exhibition) merupakan salah satu cara promosi barang dagangan dengan melalui pameran khusus.

4 komentar untuk "MACAM-MACAM DISPLAY"