Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran

Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran ialah suatu rencana yang telah atau sudah ditentukan oleh perusahaan didalam bidang pemasaran untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Beberapa perusahaan mungkin memiliki tujuan yang sama yakni ingin mencari keuntungan, tetapi mungkin strategi pemasaran yang akan dijalankan mungkin akan berbeda beada dalam menerapkan strategi pemasarannya sesuai dengan situasi serta kondisi pasar.

Penentuan pelaksanaan strategi pemasaran sebaiknya didasarkan atas analisa faktor lingkungan dan juga internal perusahaan melalui analisis kelemahan dan keunggulan perusahaan serta ancaman yang dihadapinya, tentang lingkungan yang dianalisis ialah mengenai konsumen, keadaan pasar, keadaan perekonomian, saingan teknologi, peraturan pemerintah dan budaya bangsa. Sementara faktor internal yang akan dianalisis ialah masalah keuangan pemasaran pembelanjaan, organisasi produksi serta sumber daya manusia.

Penentuan strategi pemasaran bisa dilakukan oleh manajemen pemasaran dengan cara sebagai berikut:
a)      Mencari para konsumen yang potensial
b)      Melaksanakan segmentasi pasar
c)      Melaksanakan marketing mix
d)      Memberikan kepuasan pada para pembeli

Ada baiknya strategi pemasaran yang akan dijalankan oleh perusahaan mempertimbangkan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi, antara lain yaitu:
a)      Srategi perusahaan yang diterapakan oleh para pesaing
b)      Posisi persaingan perusahaan
c)      Tujuan perusahaan yang bersangkutan
d)      Sifat dan watak lingkungan ekonomi masyarakat konsumen
e)      Prilaku pembelian konsumen dalam pasaran yang ditargetkan
f)       Daur hidup produk (product life cycle)

Setiap perusahaan biasanya memiliki tujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan perkembangannya serta ingin mendapatkan suatu keuntungan yang besar, oleh karena itu tujuan dari strategi pemasaran sendiri adalah:
a)      Meningkatkan keuntungan
b)      Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
c)      Meningkatkan kepuaasan konsumen
d)      Meningkatkan kondisi pemasaran yang jauh lebih baik
e)      Meningkatkan omzet penjualan
f)       Melaksanakan dan meningkatkan marketing mix dan segmentasi pasar.

Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran

Salah satu diantara berbagai tujuan perusahaan ialah untuk mendapatkan laba yang optimal dari kegiatannya sehari-hari, khususnya pada kegiatan pemasaran. Untuk menjalankan kegiatan pemasaran tersebut secara baik dan juga sesuai dengan sasaran yang diharapkan, maka perusahaan harus menerapkan suatu strategi yang tepat sesuai dengan lingkungan pemasaran perusahaannya.

Lingkungan pemasaran suatu perusahaan terdiri atas para pelaku serta kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang dapat mempengaruhi kemampuan rnanajemen pemasaran untuk mengembangkan serta mempertahankan transaksi yang sukses dengan para konsumen sasarannya. Keberhasilan sebuah strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan tergantung kepada analisa dan pengamatan yang cermat yang dilakukan oleh perusahaan terhadap faktor-faktor yang mungkin bisa mempengaruhi strategi pemasaran perusahaan. Strategi pemasaran ialah logika pemasaran, dan berdasarkan itu unit bisnis diharapkan dapat mencapai sasaran-sasaran pemasarannya.

Strategi pemasaran perusahaan terdiri atas pengambilan keputusan mengenai biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, serta alokasi pemasaran dalam kaitannya dengan keadaan lingkungan yang diharapkan didalam kondisi persaingan.

Strategi pemasaran perusahaan yang menyeluruh tercermin dalam rencana strategi pemasaran perusahaan (Corporate Marketing Plan) yang disusun. Rencana strategi pemasaran perusahaan ialah suatu rencana pemasaran jangka panjang yang sifatnya menyeluruh dan strategis, yang merumuskan berbagai strategi serta program pokok dibidang pemasaran perusahaan pada suatu jangka waktu tertentu dalam jangka panjang dimasa depan. Adapun ciri penting rencana strategis pemasaran perusahaan antara lain sebagai berikut:
a)      Titik-tolak penyusunannya melihat perusahaan secara keseluruhan.
b)      Dalam penyusunannya diusahakan untuk memahami kekuatan yang mempengaruhi perkembangan perusahaan.
c)      Diusahakan dampak kegiatan yang direncanakan bersifat menyeluruh.
d)      Penyusunan rencana dilakukan secara realistis dan relevan dengan lingkungan yang dihadapi.
e)      Waktu yang ditentukan adalah yang sesuai dan mempertimbangkan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan.

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran pada suatu perusahaan antara lain yaitu:

a.      Lingkungan Mikro Perusahaan

Lingkungan mikro perusahaan terdiri atas para pelaku dalam lingkungan yang langsung berhubungan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, antara lain yaitu:

1)      Perusahaan

Strategi pemasaran yang diterapkan oleh bagian manajemen pemasaran harus memperhitungkan kelompok lain didalam perusahaan dalam kegiatan merumuskan rencana pemasarannya, seperti misalnya manajemen puncak, keuangan perusahaan, produksi, pembelian, penelitian dan pengembangan, dan akuntansi serta sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan, hal ini karena manajer pemasaran juga harus bekerja sama dengan para staff dibidang lainnya.

2)      Pemasok (Supplier)

Para pemasok ialah perusahaan-perusahaan dan juga individu yang menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan serta para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. Terkadang perusahaan juga harus mendapatkan tenaga kerja, bahan bakar, peralatan dan faktor-faktor lainnya dari pemasok. Perkembangan dalam lingkungan pemasok bisa memberi pengaruh yang amat berarti terhadap pelaksanaan kegiatan pemasaran pada suatu perusahaan.

Manajer pemasaran sangatlah perlu untuk mengamati kecenderungan harga dari masukan-masukan paling penting bagi kegiatan produksi perusahaan mereka. Kekurangan sumber-sumber bahan mentah, pemogokan tenaga kerja, serta berbagai kejadian lainnya yang berkaitan dengan pemasok bisa mengganggu strategi pemasaran yang sedang dilakukan dan dijalankan oleh perusahaan.

3)      Para Perantara Pemasaran

Para perantara pemasaran ialah perusahaan-perusahaan yang membantu perusahaan didalam promosi, penjualan serta distribusi barang atau jasa kepada para konsumen akhir. Para perantara pemasaran ini antara lain meliputi:
a)      Perantara, yaitu perusahaan atau individu yang membantu perusahaan dalam menemukan konsumen. Mereka terbagi atas dua macam, yakni agen perantara seperti agen, pialang serta perwakilan produsen yang bertugas mencari dan menemukan para pelanggan dan mengadakan perjanjian dengan pihak lain, akan tetapi tidak mempunyai barang atau jasa itu sendiri.
b)      Perusahaan Distribusi Fisik, yaitu perusahaan yang membantu perusahaan dalam penyimpanan serta pemindahan produk dari tempat asalnya ketempat-tempat tujuan.
c)      Para Agen Jasa Pemasaran, yaitu seperti perusahaan ataupun lembaga penelitian pemasaran, perusahaan media, agen periklanan, dan perusahaan konsultan pemasaran, semuanya itu membantu perusahaan dalam rangka mengarahkan serta mempromosikan produknya ke pasar yang tepat.
d)      Perantara Keuangan, yaitu seperti misalnya bank, perusahaan kredit, serta perusahaan lainnya yang membantu dalam segi keuangan.

4)      Para Pelanggan

Para pelanggan adalah pasar sasaran suatu perusahaan yang menjadi konsumen atas barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan apakah itu individu, Iembaga-lembaga, dan lain sebagainya.

5)      Para Pesaing

Dalam usahanya untuk melayani kelompok pasar pelanggan, perusahaan tidaklah berjalan sendiri. Usaha perusahaan untuk membangun suatu sistem pemasaran yang efisien guna melayani pasar gelati disaingi oleh perusahaan lainnya. Sistem pemasaran dan juga strategi yang diterapkan oleh perusahaan dikelilingi serta dipengaruhi oleh sekelompok pesaing. Para pesaing ini sangat perlu untuk diidentifikasi serta dimonitor segala gerakan dan tindakannya di dalam pasar.

6)      Masyarakat Umum

Sebuah perusahaan harus juga memperhatikan sejumlah besar lapisan masyarakat yang tentu saja besar ataupun kecil menaruh perhatian terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, apakah mereka akan menerima atau menolak metode-metode yang ditawarkan dari perusahaan dalam menjalankan usahanya, karena kegiatan perusahaan pasti akan mempengaruhi minat kelompok lain. Kelompok-kelompok inilah yang nantinya menjadi masyarakai umum. Masyarakat umum bisa memperlancar ataupun sebaliknya bisa sebagai penghambat kemampuan perusahaan untuk mencapai sasarannya.

b.      Lingkungan Makro

Lingkungan makro terdiri atas kekuatan-kekuatan yang sifatnya kemasyarakatan yang lebih besar serta mempengaruhi seluruh pelaku dalam lingkungan mikro dalam perusahaan, yaitu sebagai berikut:

1)      Lingkungan Demografis/Kependudukan

Lingkungan demografis atau kependudukan menunjukkan keadaan dan permasalahan tentang penduduk, seperti misalnya distribusi penduduk secara geografis, tingkat kepadatannya, distribusi usia, kelahiran, perkawinan, ras, suku bangsa, struktur keagamaan, dan kecenderungan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Ternyata hal tersebut bisa mempengaruhi strategi pemasaran suatu perusahaan dalam memasarkan produknya hal ini karena publiklah yang membentuk suatu pasar.

2)      Lingkungan Ekonomi

Lingkungan ekonomi menunjukkan sistem ekonomi yang diterapkan oleh kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan ekonomi, penurunan dalam pertumbuhan pendapatan nyata, perubahan pada pola belanja konsumen, tekanan inflasi yang berkelanjutan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perkonomian.

3)      Lingkungan Fisik

Lingkungan fisik menunjukkan kelangkaan bahan mentah tertentu yang diperlukan oleh perusahaan, peningkatan angka pencemaran, peningkatan biaya energi, dan peningkatan angka campur tangan pemerintah dalam pengelolaan serta penggunaan sumber daya alam.

4)      Lingkungan Teknologi

Lingkungan teknologi rnenunjukkan peningkatan kecepatan pertumbuhan dalam bidang teknologi, biaya penelitian dan pengembangan yang tinggi, kesempatan pembaharuan yang tak terbatas, perhatian yang lebih besar tertuju kepada penyempurnaan bagian kecil produk dibadingkan dengan penemuan yang besar, serta semakin banyaknya peraturan yang berkaitan dengan perubahan teknologi.

5)      Lingkungan Sosial/Budaya

Lingkungan sosial budaya ini menunjukkan keadaan suatu kelompok masyarakat tentang aturan kehidupan, norma serta nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat, pandangan masyarakat dan sebagainya yang merumuskan hubungan antara sesama dengan masyarakat lainnya dan lingkungan sekitarnya.

Posting Komentar untuk "Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran"