Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor-Faktor dalam Memilih Trasportasi Distribusi

Faktor-Faktor dalam Memilih Trasportasi Distribusi

Pemilihan sarana trasportasi/angkutan sangat membutuhkan pertimbangan yang tepat bagi setiap perusahaan, dimana pertimbangan tersebut antara lain yaitu:
1)      Pengangkutan tidak terlepas dari besar kecilnya sebuah produk.
2)      Pemilihan harus sepadan dengan promosi perusahaan.
3)      Biaya yang dikeluarkan jangan sampai terlampau mahal.
4)      Harus memilih pengangkutan mana yang paling tepat.
5)      Aspek-aspek apa saja yang penting untuk perusahaan.
6)      Mana yang efektif dan efisien, memiliki angkutan sendiri atau menyewa.
7)      Macam sarana angkutan mana yang bisa menunjang kemajuan perusahaan.

Faktor lainnya yang bisa mempengaruhi pertimbangan dalam pemilihan jenis transportasi yang akan dipergunakan antara lain yaitu:

a.       Jenis Barang (Produk) yang Akan Dikirim

Jenis barang (produk) yang akan dikirim sangat perlu untuk diperhatikan, sehingga alat pengangkutan yang nantinya dipilih bisa disesuaikan dengan barang (produk) yang akan dikirimkan tersebut, apakah barang (produk) yang akan dikirimkan itu termasuk:
1)      Barang-barang (produk) khusus yang harus diprioritaskan cara pengirimannya, misalnya seperti pengiriman bahan-bahan kimia yang perlu penanganan hati-hati.
2)      Barang (produk) yang tidak mudah rusak serta tahan lama, seperti contohnya peralatan kantor, mesin-mesin dan lain sebagainya.
3)      Barang (produk) yang mudah rusak, sehingga perlu adanya penanganan khusus dan perlu alat pengangkut yang khusus serta aman. Contohnya seperti daging, susu, buah-buahan, obat-obatan, dan lain sebagainya, yang tentunya barang-barang semacam itu harus cepat sampai ke tujuan.

b.      Banyaknya Barang (Produk) yang Akan Dikirimkan

Jumlah barang (produk) yang akan dikirim juga menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan karena hal ini akan mempengaruhi dalam cara pengepakan, pemuatan serta menentukan jenis kendaraan yang akan dipergunakan. Misalnya seperti kalau barang tersebut sedikit maka bisa dikirim melalui jasa pos ataupun titipan kilat atau bisa juga memakai kendaraan kecil lainnya.

c.       Tujuan Pengiriman Barang

Tujuan pengiriman barang (produk) juga merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan pilihan jenis transportasi, disini juga harus diperhatikan jarak yang harus ditempuh nantinya.

d.      Biaya atau Ongkos Pengiriman Barang

Untuk mengetahui biaya atau ongkos pengiriman barang sangat berhubungan dengan jenis barang, berat barang serta tujuannya. Disini perlu dilihat terlebih dulu mana yang lebih ekonomis (murah) dalam pengiriman barang dengan mempertimbangkan kecepatan dan keamanan barang yang bersangkutan agar bisa sampai tepat ke tujuan, ongkos angkut umumnya dihitung berdasarkan berat dikalikan dengan tarif jarak perkilometer, atau bisa juga memakai sistim borongan.

Faktor-Faktor dalam Memilih Trasportasi Distribusi

Untuk mengirimkan barang-barang yang volumenya besar seperti misalnya mesin-mesin industri, jasa angkutan yang paling tepat dipakai ialah kapal laut. Seperti yang kita ketahui, bahwa jenis angkutan yang dibutuhkan dalam bisnis diantaranya ialah bus, kapal laut, truk, kereta api, kapal terbang dan sebagainya. Untuk memilih angkutan tersebut terdapat faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, dimana diantaranya ialah:

1)      Faktor Kecepatan
Kecepatan pengangkutan biasanya merupakan pilihan utama dalam dunia bisnis.
2)      Faktor Keamanan
Barang-barang (produk) yang diangkut menuju tempat tujuan harus benar-benar tejamin dari segi keamanannya.
3)      Faktor Ketepatan Waktu
Barang-barang (produk) yang diangkut harus tepat waktu serta sesuai dengan pesanan para konsumen.
4)      Faktor Biaya dan Tarif
Biaya ataupun tarif angkutan adalah salah satu unsur pertimbangan yang harus dihadapi oleh perusahaan ataupun konsumen. Murah atau tidaknya biaya angkutan harus memperhatikan jauh dan tidaknya tempat yang akan dituju, jenis dan sifat barang, jenis angkutan, rusak atau tidaknya jalan yang akan dituju dan sebagainya.

Dalam penyampaian produk terutama barang, kegiatan distribusi menggunakan beberapa mode transportasi diantaranya yaitu:
1)      Truk, kelebihan dari menggunakan truk ialah pada fleksibilitas, sehingga perusahaan yang menerapkan konsep JIT (Just In Time) menerapkan penggunaan moda transportasi truk untuk urusan distribusinya.
2)      Pesawat, dengan perkembangan pergerakan nasional serta internasional maka moda transportasi pesawat udara ini bisa diandalkan dan cepat. Didukung pula dengan bermunculannya perusahaan pengangkutan seperti UPS, Fedex, dan Purolator.
3)      Kereta Api, kelebihan kereta api ialah moda transportasi ini memiliki jalan sendiri sehingga waktu ataupun jadwalnya lebih tepat dibandingkan dengan truk, namun dengan tumbuhnya konsep JIT, maka kereta api sudah dianggap merugikan karena proses produksi dalam ukuran batch kecil mengharuskan pengiriman yang berkala serta dalam jumlah sedikit.
4)      Kapal laut, adalah salah satu sarana transportasi tertua di dunia. Sistem distribusi dengan memakai moda transportasi ini penting jika biaya pengangkutan lebih penting dibandingkan dengan kecepatan.
5)      Pipa, adalah bentuk transportasi yang penting untuk cairan seperti misalnya minyak ataupun gas dan bahan kimia lainnya.

Ongkos Angkut

Untuk penegasan kembali bahwa ongkos angkut kepada konsumen sangatlah penting, karena hal ini menyangkut dengan resiko yang harus ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan. Penyerahan ongkos angkut barang bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
1)      Frangko stasiun, yakni seluruh ongkos dari gudang penjual sampai dengan barang berada di stasiun kota penjual maka itu adalah tanggungan penjual, dan selanjutnya dari stasiun ke tempat pelanggan akan ditanggung oleh pelanggan.
2)      Loko gudang, yakni penyerahan barang dilaksanakan di gudang penjual, barang akan diserahkan apa adanya, ongkos-ongkos membungkus, menimbang dan membawa dari gudang sampai ke tempat konsumen.
3)      Fas (Free Along Side), yakni penjual menanggung seluruh ongkos mulai dari gudang sampai dengan barang berada disisi kapal pelabuhan penjual, sementara dari sana sampai ke tempat pelanggan akan ditanggung oleh pelanggan.
4)      Loco enterpo ( loco gudang pelanggan), yakni penjual menanggung seluruh ongkos sampai dengan barang berada dalam gudang di pelabuhan pelanggan.
5)      Fob (free on bord ), yakni penjual menanggung seluruh ongkos sampai barang berada diatas kapal pelabuhan penjual, sesudah kapal berangkat sampai ke tempat pelanggan maka ongkos akan menjadi tanggungan pelanggan.
6)      Franko pelanggan, yakni penjual menanggung seluruh ongkos sampai barang berada ditempat pelanggan.

Posting Komentar untuk "Faktor-Faktor dalam Memilih Trasportasi Distribusi"