Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 FAKTOR DALAM MENENTUKAN HARGA

9 FAKTOR DALAM MENENTUKAN HARGA


Laurreche, Boyd, dan Walker dalam bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran mengemukakan bahwa “Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan dalam menentukan harga, tetapi cara apapun yang digunakan tersebut seharus memperhitungkan faktor-faktor situasional.” Faktor-faktor tersebut yaitu meliputi:

1.      Strategi perusahaan serta komponen-komponen lain dalam Marketing Mix (Bauran Pemasaran).
2.      Biaya dan harga pesaing.
3.      Perluasan produk sedemikian rupa sehingga produk dianggap berbeda dari produk-produk lain yang bersaing dalam mutu ataupun tingkat pelayanan konsumen.
4.      Ketersediaan dan harga dari produk pengganti (substitusi).

Dalam bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran Philip Kotler menyatakan bahwa “Menentukan harga merupakan sebuah masalah apabila perusahaan akan menetapkan harga untuk pertama kalinya. Hal Ini terjadi ketika perusahaan mendapatkan atau mengembangkan produk baru, ketika perusahaan akan memperkenalkan produknya ke saluran distribusi baru atau daerah baru, dan ketika perusahaan akan melakukan penawaran atas suatu perjanjian kerja baru. Pendapat tersebut menjelaskan bahwa setiap perusahaan harus dapat memutuskan dimana ia akan menempatkan produknya berdasarkan harga dan mutu. Dalam beberapa pasar seperti misalnya pasar mobil, sebanyak delapan titik harga dapat ditemukan.

Harga jual ialah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk, biasanya konsumen akan membeli suatu produk jika ada keseimbangan antara alasan dalam menetapkan harga jual.

Menurut Sudarsono “Dalam menentukan harga jual suatu produk perlu dipertimbangkan beberapa hal, antara lain yaitu harga pokok jual barang, daya beli masyarakat, harga barang sejenis, jangka waktu perputaran modal, peraturan-peraturan dan lain sebagainya”. Faktor-faktor tersebut ialah faktor-faktor objektif. Dalam artian pendapatan pribadi pengusaha ataupun pedagang tidak ikut berperan, meskipun kalau ada pun hanya kecil sekali. Faktor-faktor objektif tersebut terkadang tidak cukup kuat untuk digunakan sebagai dasar penentuan harga, sehingga ada faktor-faktor lain yaitu pertimbangan subyektif.

Berdasarkan pendapat Kotler (1996), dalam menentukan harga, produsen harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

9 Faktor dalam Menentukan Harga

1.      Kondisi Pasar

Dalam menentukan harga, produsen harus mengenal dengan mendalam kondisi pasar (persaingan bebas, monopoli atau hal-hal lainnya) yang akan dimasuki, perusahaan kompetitor termasuk bentuk perusahaan serta peta kekuatan atau kelemahan kompetitor.

2.      Elasitas Permintaan dan Besaran Permintaan

Elasitas disini ialah mengatahui seberapa besar perubahan permintaan yang diakibatkan dengan perubahan harga. Disamping itu juga sangat dibutuhkan respon konsumen terhadap perubahan harga yang dikaitkan dengan pemakaian produk itu sendiri. Seperti misal dengan menurunkan harga maka konsumen akan membeli produk lebih banyak atau malah tidak jadi membeli, begitu juga sebaliknya. Sementara faktor lain yang dibutuhkan yaitu besar Value is low price, Synchro pricing, Odd pricing, penetration Pricing, Discounting, Value is everything I want in a service Prestige pricing, Skimming pricing, Value is the quality I get for the price I pay, Value pricing, Market Segmentation pricing, Value is all that I get for all that I give Price framing, Price bundling.

3.      Harga Produk Saingan

Dalam menentukan harga suatu produk sebaiknya harus mengenal harga pesaing yang ada di pasar (price awareness) dan harga yang diberikan kepada konsumen. Umumnya harga yang beredar di pasar berbeda dengan harga yang diberikan kepada konsumen. Hal tersebut diakibatkan oleh strategi kompetitor serta aspek-aspek lainnya antara kompetitor dengan konsumennya. Oleh karena itu sangat diperlukan untuk melakukan riset ke lapangan dalam bentuk riset kuantitif serta dibantu dengan marketing inteligent.

4.      Differensiasi dan Life Cycle Produk

Untuk memenangkan pasar bagi sebuah produk tentunya sangat diperlukan sebuah perbedaan (pembeda) dengan produk kompetitor. Oleh karena itu sangat dibutuhkan pemahaman akan perbedaan terhadap kompetitor baik dari aspek kualitas, pelayanan, dan faktor-faktor lainnya. Di samping itu juga harus mengenal posisi produk yang dikaitkan dengan waktu dan besarnya penjualan. Dengan pengenalan serta pemahaman kondisi produk, maka produsen akan lebih mudah serta bebas dalam menentukan harga atau tarif.

5.      Faktor Lainnya

Pemahaman kondisi ekonomi yang terjadi pada saat ini serta perkiraan-perkiraan yang akan terjadi dimasa depan merupakan kunci pokok dalam upaya untuk mengetahui daya beli masyarakat, disamping memperkirakan kondisi keamanan dan politik.

1 komentar untuk "9 FAKTOR DALAM MENENTUKAN HARGA"