Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Aksesoris Wanita di Rumah

Usaha Aksesoris Wanita di Rumah

Aksesoris menjadi salah satu penunjang penampilan yang sangat penting bagi wanita, dimana aksesoris yang dikenakan akan menambah kecantikan dan daya tarik si pemakainya. Apalagi wanita seringkali suka memadupadankan apa yang dikenakannya agar terlihat serasi, misalnya warna tas yang harus sesuai dengan warna baju, warna celana yang harus senada dengan baju, model baju, tas, celana, dan aksesoris yang dikenakan harus senada, dll, maka tak pelak aksesoris ini mutlak diperlukan.

Apalagi sekarang, semakin lama perkembangan fashion semakin maju. Entah itu karena gempuran mode dari luar negeri atau semakin berkembangnya industri fashion tanah air. Jika Anda belum menyadari, lihatlah betapa menariknya gaya berpakaian anak-anak sekerang dibandingkan dengan anak-anak terdahulu, mereka sekarang lebih melek fashion, tau apa yang sedang trand, dan pandai memadupadankan cara berpakaian mereka yang unik sehingga melahirkan fashion baru yang menarik.

Perkembangan industri fashion sekarang tidak hanya milik kaum wanita, malainkan juga kaum lelaki. Lihatlah perkembangan fashion kaum lelaki juga sangat menarik untuk disimak, bagaimana cara berpakaian anak laki-laki sekarang, fashion apa yang sedang trand, dan bagaimana perkembangan berikutnya, ini sangat menarik untuk diikuti.

Berbeda dengan fashion laki-laki, fashion wanita lebih beragam karena aksesoris yang dikenakan oleh kaum wanita tentunya lebih banyak dibandingkan dengan aksesoris laki-laki yang simpel. Wanita seringkali mamakai aksesoris yang lebih banyak, seperti misalnya anting, kalung, cincin, gelang, kacamata, ikat rambut, penjepit rambut dan segala bentuk pernak-pernik lainnya. Maka tak pelak bisnis aksesoris wanita memiliki peluang yang sangat besar. Bayangkan seberapa banyak kebutuhan wanita akan aksesoris, banyak bukan? Semakin banyak kebutuhan konsumen akan suatu barang, maka semakin banyak pula peluang bisnisnya. Oleh karena itu tentu pilihan yang baik jika Anda mulai mempertimbangkan untuk menjalankan bisnis ini.

Selain itu jika kita gali lebih jauh, banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan apabila menjalankan bisnis aksesoris, seperti pangsa pasar yang luas karena dipakai oleh banyak orang, modal yang relatif kecil, tidak akan basi atau kadaluarsa, bisa dijalankan dimanapun termasuk di rumah. Jika Anda memiliki keterbatasan modal ataupun waktu, Anda bisa menjalankan bisnis ini di rumah. Anda bisa membuat sendiri aksesoris yang akan Anda jual atau membelinya dari supplier, menjualnya kembali kepada tetangga, teman, atau memasarkannya secara online, dimana hal itu sangat mungkin untuk dilakukan diera teknologi yang canggih sekarang ini. Semuanya tergantung pada Anda, tekad Anda kuat atau tidak.

Baca juga:

1) Usaha Sembako Rumahan dengan Modal 5 Juta

2) Usaha di Kampung Modal 2 Juta yang Menjanjikan

3) Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan.


Cara Buka Usaha Aksesoris Wanita di Rumah

Satu pertanyaan yang timbul ketika Anda ingin memulai usaha aksesoris adalah, bagaimana cara membuka usaha aksesoris? Tentu pertanyaan ini sangat wajar apalagi bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam bidang ini. Tepi yang jelas Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mempelajarinya disini. Dalam hal ini berikut langkah-langkah cara membuka usaha aksesoris wanita di rumah:


1)    Analisis Pasar

Sebelum Anda memulai usaha aksesoris, maka pastikan Anda menganalisis pasar terlebih dahulu agar Anda mengenal iklim usaha dalam bidang ini. Jika Anda ingin menang dalam perang, maka kenali medan perangnya terlebih dahulu. Kira-kira seperti itu analoginya. Lalu apa itu analisis pasar? Analisis pasar adalah usaha untuk mengetahui bagaimana suatu pasar berjalan.

Dalam hal ini sebelum memulai usaha Anda harus mengetahui siapa target konsumen Anda, siapa kompetitor Anda, apa kelebihan dan kekurangannya, dimana Anda akan berjualan, bagaimana konsep Anda berjualan, barang apa saja yang laku, berapa harga tertinggi dan terendah, siapa supplier potensial Anda, dan sebagainya, semakin matang Anda dalam menganalisis pasar maka semakin bagus untuk Anda nantinya.


2)    Tentukan Modal dan Supplier

Langkah kedua adalah menentukan besaran modal yang akan Anda keluarkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa semua usaha pasti membutuhkan modal entah itu besar atau kecil. Dalam hal ini Anda beruntung karana usaha aksesoris bisa disesuai dengan besaran modal yang Anda miliki, meskipun semakin besar tentu semakin baik.

Sebelum Anda memulai usaha ada baiknya Anda menentukan besaran modal yang akan Anda keluarkan, hal ini agar Anda bisa menyesuaikan dengan supplier aksesoris yang akan Anda beli. Tentu jika modal Anda terbatas Anda harus menentukan supplier yang menawarkan harga yang murah agar Anda bisa memperoleh aksesoris yang banyak.

Selain membeli aksesoris jadi dari supplier, Anda juga bisa membuat sendiri aksesoris dari bahan-bahan yang dijual dipasaran, tentu harganya akan lebih murah dibandingkan Anda membeli aksesoris yang sudah jadi. Tetapi tentu saja Anda harus memiliki kemampuan untuk membuatnya.


3)    Membuat atau Membeli Aksesoris untuk Dijual

Setelah Anda menentukan modal dan supplier Anda, maka selanjutnya Anda bisa mulai membuat atau membeli aksesoris untuk dijual. Dalam hal ini pilihlah aksesoris yang paling diminati konsumen agar aksesoris Anda banyak dibeli, seperti misalnya anting, cincin, gelang, kalung dan sebagainya. Jangan lupa juga memperhatikan harga dan kualitasnya, pilihlah aksesoris dengan harga yang murah tetapi memiliki kualitas yang baik. Hal ini agar konsumen tidak kecewa dan menjadikan toko aksesoris Anda sebagai langganannya.


4)    Memajang Aksesoris yang Akan Dijual

Setelah Anda membuat atau membeli aksesoris yang ingin Anda jual, maka pajanglah aksesoris di toko Anda, susunlah sesuai dengan jenis aksesoris agar konsumen mudah untuk menemukannya. Selain itu Anda juga bisa mulai memposting dagangan Anda di marketplace online agar dapat menjangkau konsumen lebih banyak, apalagi jika Anda berjualan aksesoris di rumah, maketplace akan sangat membantu.

Buatlah foto dan video yang menarik agar konsumen tertarik. Foto dan video yang menarik adalah nyawa dari berjualan secara online. Banyak orang yang bilang bahwa berjualan online adalah berjualan foto dan video, mungkin ini benar adanya. Semakin baik foto dan video produk yang dibuat, semakin tertarik konsumen untuk membelinya. Selain di marketplace, Anda juga bisa menjual aksesoris Anda dimedia sosial yang Anda miliki, seperti misalnya instagram, tiktok, facebook, dan sebagainya. Di era sekarang banyak sekali peluang yang bisa Anda manfaatkan meskipun Anda menjalankan usaha dari rumah.


5)    Lakukan Promosi

Langkah terakhir Anda bisa melakukan promosi dan langsung berjualan. Lakukanlah promosi dengan cara yang bisa Anda lakukan, dalam arti disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Mulai dari cara sederhana seperti menawarkan produk Anda kepada konsumen dari mulut ke mulut, memberikan diskon harga, memberi aksesoris gratis kepada konsumen untuk menarik konsumen membeli aksesoris yang lain, membuat konten dimedia sosial untuk mempromosikan aksesoris Anda, dan sebagainya. Sampai dengan cara yang agak rumit, seperti misalnya membuat iklan dimedia sosial instagram, facebook, tiktok, google dan sebagainya. Semua itu bisa Anda lakukan agar konsumen sadar akan keberadaan usaha Anda.


6)    Jangan Menyerah

Setiap usaha pasti memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri termasuk dalam usaha aksesoris dan itu sangatlah wajar dan normal dalam usaha. Akan tetapi selama Anda sudah menganalisis pasar dengan baik, menjalankan strategi yang tepat, berusaha dengan keras dan tidak menyerah maka keberhasilan pasti akan berpihak pada Anda. Hal yang harus Anda ingat adalah Anda harus lebih besar dari masalah dan tantangan yang Anda hadapi, jangan menyerah, itu adalah kuncinya.


Usaha Aksesoris Wanita di Rumah


Aksesoris Wanita yang Paling Diminati

Salah satu pertanyaan yang akan timbul bagi Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis aksesoris wanita adalah aksesoris apa yang paling banyak peminatnya? Tentu pertanyaan ini wajar timbul karena Anda juga tidak ingin gegabah dalam memilih aksesoris yang akan Anda jual dan ini bagus. Oleh karenanya berikut beberapa aksesoris wanita yang paling diminati:


1)    Anting

Anting merupakan salah satu aksesoris wanita yang paling banyak dipakai, baik itu oleh anak muda dan orang dewasa. Anting merupakan aksesoris wajib yang akan membuat wanita tampak anggun dan cantik, sehingga tidak mengherankan apabila anting ini menjadi aksesoris wanita yang paling banyak diminati.

Ada banyak jenis anting, mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal, mulai dari bahan plastik, tembaga, emas, sampai dengan berlian, semua jenis Anting pasti memiliki peminatnya masing-masing, tinggal mana yang akan Anda pilih untuk Anda jual di toko Anda.


2)    Kacamata

Kacamata juga merupakan aksesoris yang paling banyak dicari dan digunakan oleh banyak orang. Selain memang diperuntukan untuk kebutuhan mata minus, juga digunakan sebagai aksesoris penunjang gaya. Saat ini kacamata sudah sangat berkembang dengan banyaknya bentuk, warna, model dan gaya, bahkan ada kacamata yang dilengkapi dengan teknologi pintar. Maka tak heran jika kacamata ini adalah aksesoris yang wajib dimiliki oleh setiap orang.


3)    Cincin

Jika ditanya apa salah satu aksesoris yang paling banyak peminatnya, maka salah satu jawabanya adalah cincin. Cincin merupakan salah satu aksesoris yang paling populer dan dikenakan oleh banyak orang, bahkan cincin menjadi simbol kisah romantis dalam hubungan manusia, itu bisa terlihat ketika dalam pernikahan cincin adalah salah satu aksesoris yang wajib ada.

Tentu cincin tidak semua cincin harus mewah dan mahal, ada juga cincin yang murah dan unik tetapi tetap menarik untuk dikenakan, biasanya cincin ini dikenakan oleh anak muda sebagai bagian dari fahion untuk mempercantik tangannya. Bagi Anda yang tidak memiliki modal yang besar maka jenis cincin seperti ini sangat cocok untuk Anda jual.


4)    Jam Tangan

Bagi sebagian orang, jam tangan merupakan aksesoris yang wajib dikenakan. Tanpa jam tangan mereka akan merasa ada yang kurang dalam penampilan mereka. Selain untuk menunjang penampilan, jam tangan juga digunakan untuk pengingat waktu, sehingga biasanya orang yang sibuk dan disiplin dalam hal waktu selalu memakai jam tangan kemanapun mereka pergi.

Selain itu model jam tangan juga sangat beragam, mulai dari jam tangan formal, jam tangan olahraga, jam tangan klasik, dan jam tangan fashion. Dengan banyaknya model jam tangan ini juga membuat konsumen memiliki banyak pilihan sehingga menambah minat mereka untuk memiliki salah satunya.


5)    Gelang

Sama halnya dengan jam tangan, gelang juga termasuk aksesoris yang banyak diminati oleh kaum wanita. Gelang menjadi salah satu pilihan ketika jam tangan tidak menjadi pilihan utama atau sebaliknya untuk menghiasi pergelangan tangan agar tampak menarik. Selain itu gelang juga memiliki banyak model, mulai dari gerang yang terbuat dari emas, kulit, karet, dan plastik, setiap modal memiliki keunggulan masing-masing, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan yang cocok dengannya.


6)    Kalung

Kalung merupakan salah satu aksesoris yang wajib dikenakan bagi sebagian besar orang, terutama wanita. Selain memang karena sudah kebiasaan, kalung juga akan mempercantik leher si pemakainya sehingga akan menambah daya tarik dan kepercayaan diri.

Tentu ada banyak pilihan kalung yang beredar dipasaran, dari mulai kalung yang mahal sampai dengan yang murah, tergantung dari bahan pembuatannya. Dengan fakta banyaknya aksesoris kalung yang beredar dimasyarakat bisa menandakan bahwa kalung ini sangat diminati oleh banyak orang, tinggal bangaimana cara Anda untuk memilih kalung jenis apa yang akan Anda jual di toko aksesoris Anda.


7)    Topi

Meski tidak semua orang senang memakai topi, tapi peminat aksesoris topi juga sangat banyak peminatnya. Tidak hanya kaum laki-laki saja, perempuan juga banyak yang suka mengenakan topi. Terlebih sekarang ini model-model topi sudah sangat beragam dan berkembang, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan topi yang mereka sukai.

Jika target konsumen Anda adalah perempuan, maka pilihlah topi yang lebih peminim, dalam artian pemilihan warna yang lembut, model yang cocok dikenakan perempuan, tampak cantik ketika dikenakan, dan sebagainya. Sementara topi untuk laki-laki biasanya terlihat lebih tegas, gagah, dan warna yang dipilih cenderung warna-warna yang kuat.


8)    Bandana / Bando

Aksesoris jenis ini biasanya dekenakan oleh perempuan, meskipun ada sebagaian kecil laki-laki yang memakainya, biasanya laki-laki dengan rambut gondrong. Dalam hal ini Anda bisa mencoba untuk menjual aksesoris ini karena aksesoris ini sangat populer dan banyak peminatnya terutama bagi kaum perempuan. Bandana / bando selain akan membuat rambut tampak rapih, juga akan membuat tapilan terlihat menarik ketika dikenakan, sehingga akan menambah kepercayaan diri si pemakainya.


Posting Komentar untuk "Usaha Aksesoris Wanita di Rumah"