Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Nasi Goreng Spesial untuk Usaha Nasi Goreng

Resep Nasi Goreng Spesial untuk Usaha Nasi Goreng

Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng, makanan enak sejuta umat. Nasi goreng telah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat karena rasanya yang lezat. Bahkan kelezatan nasi goreng sudah dikenal sampai ke luar negeri dengan banyaknya review konten kreator luar dan restoran di luar negeri yang memasukan nasi goreng ke dalam salah satu menunya. Maka tidak diragukan lagi kalau nasi goreng ini sangatlah populer.

Dengan kepopulerannya, akhirnya banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha nasi goreng, baik dalam sekala restoran ataupun dalam sekala gerobak pinggir jalan. Tentu bukan hanya karena populer tetapi juga karena mudah dibuat, bahan baku terjangkau, banyak peminatnya dan yang pasti sangat menjanjikan. Lalu, bagaimana caranya jika kita ingin memulai usaha nasi goreng?


Cara Memulai Usaha Nasi Goreng

Jika Anda berminat membuka usaha nasi goreng, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal ini dilakukan agar Anda bisa meminimalisir kerugian atau kegagalan. Beberapa hal yang harus diperhatikan tersebut antara lain yaitu:


1)    Konsep Usaha Nasi Goreng

Pilihlah konsep usaha nasi goreng yang akan Anda jalankan, apakah Anda akan membuka usaha nasi goreng dipinggir jalan menggunakan gerobak atau menyewa sebuah tempat usaha. Meskipun sama berjualan nasi goreng tetapi terdapat sedikit perbedaan konsep dan biaya dari usaha nasi goreng gerobak dan restoran.

Selain itu Anda juga harus mempersiapkan resep nasi goreng yang akan digunakan dan harus cocok dengan selera konsumen Anda, lalu persiapkan juga nama usaha Anda, dan bagaimana Anda akan mempromosikan usaha nasi goreng Anda. Semua itu harus benar-benar Anda pikirkan sebelum Anda memulai usaha.


2)    Rasa Nasi Goreng yang Akan Dijual

Jika Anda akan membuka usaha nasi goreng maka produk utama jualan Anda adalah nasi goreng itu sendiri. Oleh karena itu pastikan bahwa nasi goreng yang akan Anda jual memiliki rasa yang enak dan sesuai dengan selera konsumen Anda. Jika menurut Anda nasi goreng Anda enak tetapi menurut konsumen Anda tidak, maka yang benar adalah nasi goreng Anda tidak enak.

Baca juga:

1) Membuka Usaha Bakso, Peluang, Modal, Keuntungan, Resiko, dan Langkah Memulainya

2) Bisnis Bubur Kacang Hijau yang Menguntungkan

Dalam hal ini fokuslah pada kepuasan konsumen, jangan biarkan mereka kecewa. Mereka mungkin saja boleh kecewa pada hal lain, seperti tempat yang kurang nyaman atau prosi yang kurang besar, tetapi mereka tidak boleh kecewa dengan rasa dari nasi goreng yang Anda jual, karena hal ini akan sangat fatal dan bisa menyebebkan usaha Anda tidak berkembang dan gulung tikar, maka persiapkan ini dengan matang.


3)    Tempat Usaha

Ada pepatah yang mengatakan “Posisi Menentukan Prestasi”, sebenarnya pepatah ini ada benarnya dalam hal ini berkaitan dengan usaha, dimana tempat usaha yang strategis akan turut menentukan keberhasilan usaha tersebut. Oleh karena itu Anda sebisa mungkin menemukan tempat yang strategis untuk Anda berjualan nasi goreng nantinya. Lalu seperti apa tempat usaha yang strategis itu?

Tempat usaha yang strategis adalah tempat usaha yang mudah dijangkau oleh konsumen. Entah itu mudah dijangkau karena tempatnya dekat, tempatnya sudah dikenal oleh konsumen, nyaman, mudah dicari, tempat parkirnya luas dan sebagainya yang memudahkan konsumen mengetahui dan menjangkau tempat usaha Anda.

Selain lokasi yang strategis, Anda juga harus perhatikan tempat usaha yang Anda pilih, jangan sampai tempat usaha yang Anda pilih adalah tempat usaha yang kotor. Misalnya terlalu dekat dengan tempat sampah, dekat kali yang kotor dan sebagainya, karena tempat seperti ini pasti akan dihindari oleh konsumen.


4)    Peralatan dan Perlengkapan

Seperti halnya usaha lain, usaha nasi goreng juga memerlukan peralatan dan perlengkapan untuk menjalankannya. Seperti misalnya gerobak (jika berjualan dengan gerobak), peralatan masak, peralatan makan, kemasan (jika konsumen ingin membawa pulang), meja, kursi, bahan-bahan nasi goreng (nasi, telur, bumbu, dll) dan peralatan lainnya yang dibutuhkan. Dalam hal ini persiapkanlah hal tersebut dengan baik sebelum Anda memulai usaha nasi goreng, jangan sampai ketika akhirnya Anda memulai usaha ini Anda baru menyadari bahwa Anda kekurangan salah satu peralatan ataupun perlengkapan.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan kualitas dari peralatan dan perlengkapan yang Anda beli. Ada beberapa pilihan kualitas dengan harga berbeda yang bisa Anda beli, tetapi kualitas yang baik tentu harus menjadi pilihan utama meskipun Anda mengeluarkan uang selama itu bisa memuaskan konsumen maka lakukanlah.

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah kebersihan dari peralatan dan perlengkapan yang Anda gunakan, jangan sekali-kali Anda menggunakan peralatan atau perlengkapan yang kotor pada bisnis makanan, karna itu akan membunuh usaha Anda sendiri. Konsumen hampir 100% akan menghindari usaha makanan dengan standar kebersihan yang rendah dan itu fakta yang harus Anda perhatikan baik-baik.


5)    Pemasaran

Pemasaran juga merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Katakanlah Anda sudah memulai usaha nasi goreng Anda, maka pemasaran adalah hal yang akan meningkatkan penjualan Anda. Pemasaran ini bisa dilakukan dengan cara tradisional seperti mengenalkan usaha Anda pada orang-orang yang lalu-lalang disekitar Anda, bisa juga dengan memasang spanduk, melakukan potongan harga (diskon), dan dengan cara yang lebih modern seperti pempromosikan usaha Anda di media sosial, membuat konten, ataupun memasang iklan di internet.

Lakukan pemasaran apapun yang kira-kira cocok dengan Anda, apapun cara pemasaran yang Anda lakukan yang terpenting adalah pemasaran tersebut dapat membuat konsumen sadar akan keberadaan usaha nasi goreng Anda. Semakin konsumen sadar akan keberadaan usaha Anda, semakin besar penjualan Anda meningkat.


Strategi Usaha Nasi Goreng

Berbicara tentang memulai sebuah usaha maka salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kesuksesan adalah sebuah strategi. Strategi ini menyangkut tentang bagaimana sebuah usaha bisa dikenal, diterima, dan disukai keberadaanya oleh orang banyak. Berbicara usaha nasi goreng, ada beberapa strategi yang bisa dijalankan dalam usaha ini, antara lain yaitu:


1)    Membuat Nasi Goreng yang Unik dan Khas

Jika Anda pikir ini bukan merupakan sebuah strategi, maka Anda salah besar. Membuat atau menciptakan nasi goreng yang unik dan khas merupakan bagian dari strategi yang bisa meningkatkan kesuksesan Anda. Dengan membuat nasi goreng yang unik, maka nasi goreng Anda akan memiliki pembeda yang bisa menjadi sebuah keunggulan dari nasi goreng lainnya. Konsumen akan penasaran dan akhirnya akan mencobanya, jika Anda beruntung konsumen akan menyukainya dan mulai menjadi pelanggan tetap Anda.

Jika nasi goreng Anda sama dengan nasi goreng lainnya maka apa alasan konsumen memilih nasi goreng Anda sementara didekatnya ada juga nasi gorang yang sama dengan nasi goreng Anda. Jadi inilah pentingnya pembeda, keunikan dan ciri khas.

Lalu bagaimana contohnya? Contohnya seperti katakanlah Anda menawarkan nasi goreng dengan toping telur yang banyak, porsi nasi goreng yang jumbo, menawarkan daging sapi panggang diatasnya, atau hal apapun yang bisa menjadi unik dan khas dari nasi goreng yang Anda buat.


2)    Membuat Tempat Jualan yang Unik

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa tempat jualan yang unik juga akan berpengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli. Biasanya konsumen akan melihat tempat jualan terlebih dahulu sebelum akhirnya membeli, apakah tempat jualnnya bersih, enak untuk makan ditempat, dan sebagainya.

Baca juga:

1) Usaha Sembako Rumahan dengan Modal 5 Juta

2) 36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya

Dalam hal ini strategi yang harus Anda lakukan adalah membuat tempat jualan Anda menarik perhatian konsumen, bisa itu dengan menambahkan lampu hias, berjualan di tempat yang enak untuk nongkrong, membuat tempat menjadi lebih estetik dan sebagainya yang bisa membuat konsumen mengenai usaha Anda hanya dari desain tempat jualan Anda. Selain itu pemilihan tempat yang strategis juga bagian dari strategi usaha nasi goreng. Dalam hal ini carilah tempat yang mudah untuk dijangkau oleh konsumen.


3)    Strategi Harga

Anda harus memikirkan barapa harga yang pas untuk nasi goreng yang Anda jual, jangan sampai nasi goreng yang Anda jual terlampau mahal atau murah dibandingkan dengan nasi goreng dengan kualitas yang sama dengan nasi goreng orang lain. Dalam hal ini Anda bisa mensurvei harga nasi goreng di sekitar Anda lalu putuskan harga yang ingin Anda tetapkan.

Di awal Anda mulai berjualan, Anda bisa menawarkan harga promo yang lebih murah untuk menarik perhatian konsumen, lalu menormalkan harga kembeli setelah konsumen mengetahui kualitas nasi goreng yang Anda jual. Ini merupakan strategi klasik namun cukup efektif untuk menarik konsumen.


4)    Daftar Online Food

Mungkin strategi ini merupakan strategi baru yang ada beberapa tahun ini, namun sangat efektif. Bagi Anda, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan usaha Anda di online food ojek online atupun marketplace. Hal ini akan membentu usaha Anda lebih dikenal oleh konsumen dan memudahkan mereka dalam membeli dagangan Anda jika mereka tidak bisa langung mengunjungi tempat Anda berjualan. Selain itu market share usaha Anda akan lebih luas dan potensi penjualan Anda akan meningkat, konsumen akan senang dan Anda pun juga tentunya.


5)    Promosi Offline dan Online

Anda perlu merencanakan strategi promosi Anda baik itu offline maupun online karena dijaman sekarang Anda membutuhkan keduanya. Dalam promosi offline Anda bisa melakukan promosi dengan cara memasang sepanduk di tempat jualan Anda, memberi tahu orang yang lalu-lalang di hadapan Anda, memberi nasi goreng gratis dan sebagainya. Sementara dalam promosi online Anda bisa membuat konten yang menarik tentang usaha Anda, melakukan endorse influencer, ataupun beriklan di internet (Google, Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, dll).

Jadi itulah beberapa strategi usaha nasi goreng yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesuksesan usaha Anda. Perlu digaris bawahi bahwa strategi ini tidaklah kaku, dalam artian Anda bisa mengurangi ataupun menambahkan strategi lain yang Anda rasa akan turut meningkatkan kesuksesan usaha Anda.


Resep Nasi Goreng Spesial Untuk Usaha Nasi Goreng


Resep Nasi Goreng Spesial

Untuk memulai usaha nasi goreng maka salah satu hal yang sangat penting adalah menyiapkan nasi goreng yang enak, karena nasi goreng yang enak adalah kunci kesuksesan dari usaha ini. Banyak sekali nasi goreng yang enak diluaran sana, mulai dari menggunakan resep A, bahan B, bumbu C, cara masak D, dan sebagainya, semua itu merupakan kekayaan rasa dari tiap-tiap nasi goreng dan itu merupakan hal yang bagus.

Lalu resep nasi goreng mana yang harus kita gunakan untuk usaha nasi goreng? Jawabannya adalah menggunakan resep nasi goreng yang sesuai dengan selera konsumen. Dalam hal ini Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan dengan membuat beberapa nasi goreng dengan resep yang berbeda lalu tawarkanlah nasi goreng tersebut ke keluarga, tetangga, teman, atau orang-orang terdekat Anda, lalu mintalah pendapat dari mereka mana nasi goreng yang enak menurut mereka, dari sana Anda bisa mendapat gambaran resep nasi goreng mana yang harus Anda gunakan untuk usaha nasi goreng Anda.

Namun jika Anda masih bingung dalam memilih resep nasi goreng, berikut kami sajikan resep nasi goreng spesial yang mungkin bisa Anda coba. Namun perlu digaris bawahi resep kali ini mungkin saja cocok dan mungkin juga tidak cocok dengan selera konsumen Anda, jadi cobalah terlebih dahulu. Berikut resep nasi goreng spesial:

Bahan:

1)    Nasi putih secukupnya

2)    1 butir telur

3)    3 sdm Margarin serbaguna

4)    3 siung bawang putih (geprek)

5)    3 siung bawang merah (geprek) secukupnya

6)    Sawi Pakcoy iris secukupnya

7)    Wortel potong

8)    1 buah sosis sapi iris

9)    3 sdm teri medan yang sudah dicuci

Bumbu:

1)    1 sdm kecap manis

2)    1 sdt saos tomat

3)    1/2 sdt saos sambal

4)    1/2 sdt garam halus

5)    1/2 sdt gula pasir

Bahan Pelengkap :

1)    1 butir telur mata sapi

2)    Irisan tomat dan mentimun

3)    Kerupuk

Cara Memasak:

1)    Panaskan 3 sdm margarin serbaguna di atas penggorengan lalu masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah di geprek, tumis hingga layu dan harum.

2)    Masukkan satu butir telur, aduk-aduk, lalu cincang menjadi ukuran kecil.

3)    Masukan nasi putih, aduk-aduk rata. Tuang kecap manis, saos, sambal, garam, gula, aduk rata hingga tercampur dengan nasi.

4)    Masukkan Irisan Sosis dan Teri medan. Terakhir masukkan wortel, pakcoy. aduk dan masak nasi goreng hingga tercampur rata dengan sayur dan bumbu hingga harum.

5)    Matikan kompor, tuang nasi goreng ke piring lalu letakan irisan tomat, mentimun, telur mata sapi, dan kerupuk diatasnya, nasi goreng siap disajikan.


Resiko Usaha Nasi Goreng

Tidak ada satupun usaha tanpa resiko, pasti semua usaha memiliki resikonya masing-masing begitu juga dengan usaha nasi goreng, yang membedakan adalah besar kecilnya resiko yang akan ditanggung oleh orang yang akan menjalankannya. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha nasi goreng, tentu Anda penasaran apa saja resiko yang akan Anda hadapi sebagai penjual nasi goreng. Resiko tersebut antara lain yaitu:


1)    Resiko Tidak Laku

Meskipun ini adalah resiko yang lumrah dan pasti akan selalu ada disetiap usaha apapun tapi tetap saja Anda harus selalu waspada dengan resiko yang satu ini. Resiko ini adalah resiko paling utama dari setiap usaha maka untuk menghindari atau memperkecil resiko ini Anda harus mempersiapkan produk yang Anda jual dengan sebaik-baiknya, entah itu dari kualitas, harga, pemasaran dan sebagainya.

Selain itu Anda juga harus mempersiapkan jika kemungkinan tidak laku terjadi pada Anda, bagaimana Anda akan memanfaatkan bahan-bahan nasi goreng yang tidak laku tersebut, apakah akan dibuang, diberikan pada orang yang membutuhkan, atau Anda juga bisa mengurangi barang dagangan Anda supaya dapat meringankan resiko ini. Resiko ini memang akan selalu ada tapi bukan berarti tidak bisa dihindari.


2)    Resiko Persaingan

Seperti halnya resiko tidak laku, resiko persaingan juga pasti ada disetiap usaha termasuk usaha nasi goreng. Tetapi karena usaha nasi goreng termasuk usaha yang sangat populer, ini bisa dilihat dari banyaknya pedagang nasi goreng disepanjang jalan raya maka otomatis persaingan usahanya juga semakin ketat. Oleh karena itu Anda harus bekerja keras agar usaha nasi goreng Anda bisa memenangkan persaingan.


3)    Resiko Kejahatan

Kita tahu bahwa kebanyakan nasi goreng dijalankan pada malam hari, sedangkan dimalam hari seringkali terjadi tindakan kejahatan, seperti pencurian, premanisme, begal, dan sebagainya. Oleh karena itu untuk menghindari resiko ini Anda dituntut untuk mencari tempat yang aman dan strategis yang jauh dari resiko tindakan kejahatan tersebut.

Perlu digaris bawahi bahwa setiap usaha pasti memiliki resikonya masing-masing, tidak ada usaha yang tidak memiliki resiko, yang ada adalah besar kecilnya resiko dari sebuah usaha. Jika ditanya apakah usaha nasi goreng memiliki resiko yang tinggi? Jawabannya tentu saja tidak, karena usaha nasi goreng memiliki resiko yang relatif rendah dan bisa dihindari atau dikurangi. Oleh karena itu jangan jadikan resiko yang ada pada sebuah usaha menjadi penghalang Anda untuk segera memulai. Ingat, takut gagal sama dengan takut berhasil.


Posting Komentar untuk "Resep Nasi Goreng Spesial untuk Usaha Nasi Goreng"