Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Apa saja faktor yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen? Permintaan adalah sejumlah barang dan jasa yang diinginkan atau diminta dan mampu dibeli oleh konsumen pada tingkat harga dan periode tertentu. Jumlah permintaan tidaklah tetap melainkan selalu berubah, bisa itu bertambah ataupun berkurang tergantung pada konsumen itu sendiri.

Dalam hal ini permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang secara bersamaan akan menentukan tingkat dan jumlah berbagai barang atau jasa yang diminta oleh setiap individu. Faktor yang dapat mempengaruhi permintaan tersebut, antara lain yaitu:


1)    Harga Barang atau Jasa

Harga suatu barang atau jasa merupakan penentu permintaan konsumen, semakin tinggi harga suatu barang atau jasa, semakin sedikit barang atau jasa yang diminta konsumen. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang atau jasa, maka semakin banyak barang atau jasa yang dimnita konsumen. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan keuangan konsumen untuk membeli barang ataupun jasa yang mereka inginkan.

Baca juga artikel berikut: Jenis-Jenis Permintaan

Hal tersebut sesuai dengan hukum permintaan yang menyatakan bahwa jika harga barang naik dengan keadaan ceteris paribus (keadaan lain tetap sama), maka jumlah barang yang diminta akan berkurang. Sedangkan, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.


2)    Pendapatan

Jumlah pendapatan seseorang akan mempengaruhi jumlah permintaanya. Jika jumlah pendapatan berkurang maka permintaan terhadap barang ataupun jasa juga akan berkurang hal tersebut juga akan berlaku sebaliknya, jika jumlah pendapatan bertambah maka permintaan atas barang ataupun jasa juga akan bertambah.

Hubungan antara pendapatan seseorang dengan jumlah barang yang diminta bersifat searah (positif). Asumsi tersebut berlaku pada barang normal, sedangkan pada barang inferior (barang berkualitas rendah) kenaikan jumlah pendapatan akan menurunkan jumlah permintaan terhadap barang inferior.


3)    Selera

Selera merupakan salah satu penentu permintaan, selera konsumen sifatnya subjektif tergantung dari penilaian konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang bersangkutan. Selain itu selera konsumen biasanya dipengaruhi oleh tradisi (kebudayaan) dan agamanya. Dalam hal ini selera berkaitan dengan hasrat yang timbul dari dalam diri seseorang terhadap suatu berang ataupun jasa.

Selera konsumen dapat berpengaruh terhadap permintaan suatu barang atau jasa. Naiknya selera konsumen terhadap suatu barang akan berakibat pada kenaikan permintaan barang tersebut. Sama halnya, ketika selera konsumen turun, maka permintaan konsumen terhadap suatu barang akan berkurang.


6 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan


4)    Harga Barang Subtitusi dan Komplementer

Harga barang subtitusi (pengganti) dan barang komplementer (pelengkap) ikut juga mempengaruhi permintaan seseorang terhadap suatu barang atau jasa. Misalnya pada daging sapi, katakanlah daging kambing adalah barang subtitusi daging sapi, maka ketika harga daging sapi naik dan harga kambing tetap maka permintaan terhadap daging sapi akan menurun karena konsumen cenderung akan beralih membeli daging kambing yang tidak mengalami kenaikan harga.

Hal yang terjadi pada barang subtitusi juga berlaku pada barang komplemen, barang komplemen adalah barang yang bisa saling melengkapi misalnya motor dengan bensin, motoh dengan suku cadang, printer dengan tinta dan sebagainya. Kenaikan harga pada suatu barang akan berpengaruh terhadap barang komplemennya. Sebagai contoh ketika harga tinta naik maka permintaan terhadap printer menurun, jika harga suku cadang naik maka permintaan terhadap motor akan menurun, dan sebagainya.


5)    Ekspektasi

Ekspektasi adalah perkiraan akan masa depan. Ekspektasi dapat pula mempengaruhi permintaan seseorang, misalnya ketika Anda memperkirakan bahwa harga suatu barang akan turun dimasa yang akan datang maka Anda akan menunda pembelian barang tersebut sampai harganya turun, hal ini mengakibatkan permintaan Anda terhadap barang tersebut menurun.

Sebagai contoh Anda berekspektasi bahwa harga sebuah tipe smartphone akan turun dimasa depan seiring dengan hadirnya tipe baru, maka Anda akan menahan diri untuk membeli smartphone tersebut sampai harganya benar-benar turun. Jika setiap orang berekspektasi seperti Anda, maka jumlah permintaan keseluruhan terhadap tipe smartphone terkait akan mengalami penurunan.


6)    Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk disuatu wilayah juga turut serta mempengaruhi permintaan. Semakin tinggi jumlah penduduk disuatu wilayah atau negara, maka akan semakin tinggi jumlah permintaan wilayah/negara tersebut terhadap suatu barang atau jasa. Hal ini karena jumlah penduduk berbending lurus dengan kebutuhan dan permintaannya, dengan kata lain karena kuantitas kebutuhan masyarakat yang tinggi. Berbanding terbalik jika jumlah penduduk disuatu wilayah sangat kecil, otomatis kebutuhan dan permintaannya terhadap suatu barang atau jasa juga akan kecil.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi permintaan, mulai dari harga barang dan jasa, pendapatan, selera, harga barang subtitusi dan komplementer, ekspektasi, dan jumlah penduduk. Hal tersebutlah yang biasanya akan mempengaruhi jumlah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa.


Posting Komentar untuk "6 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan"