Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan

Permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang secara bersamaan akan menentukan tingkat dan jumlah berbagai barang atau jasa yang diminta oleh setiap individu. Faktor yang dapat mempengaruhi permintaan tersebut, antara lain yaitu:

1)      Harga Barang atau Jasa

Harga suatu barang atau jasa merupakan penentu permintaan konsumen, semakin tinggi harga suatu barang atau jasa, semakin sedikit barang atau jasa yang diminta konsumen. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang atau jasa, maka semakin banyak barang atau jasa yang dimnita konsumen. Hal tersebut sesuai dengan hukum permintaan yang menyatakan bahwa jika harga barang naik dengan keadaan ceteris paribus (keadaan lain tetap sama), maka jumlah barang yang diminta akan berkurang. Sedangkan, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.

2)      Pendapatan

Jumlah pendapatan seseorang akan mempengaruhi jumlah permintaanya. Jika jumlah pendapatan berkurang maka permintaan juga akan berkurang hal tersebut juga akan berlaku sebaliknya. Hubungan antara pendapatan seseorang dengan jumlah barang yang diminta bersifat searah (positif). Asumsi tersebut berlaku pada barang normal, sedangkan pada barang inferior (barang berkualitas rendah) kenaikan jumlah pendapatan akan menurunkan jumlah permintaan terhadap barang inferior.

3)      Selera

Selera merupakan salah satu penentu permintaan, selera konsumen sifatnya subjektif tergantung penilaian konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang bersangkutan. Selain itu selera konsumen biasanya dipengaruhi oleh tradisi dan agamanya. Selera konsumen dapat berpengaruh terhadap permintaan suatu barang atau jasa. Naiknya selera konsumen terhadap suatu barang akan berakibat pada kenaikan permintaan barang tersebut. Sama halnya, ketika selera konsumen turun, maka permintaan konsumen terhadap suatu barang akan berkurang.

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan

4)      Harga Barang Subtitusi dan Komplementer

Harga barang subtitusi (pengganti) dan barang komplementer (pelengkap) ikut mempengaruhi permintaan seseorang terhadap suatu barang atau jasa. Misalnya pada daging sapi, katakanlah daging kambing adalah barang subtitusi daging sapi, maka tetika harga daging sapi naik dan harga kambing tetap maka permintaan terhadap daging sapi akan menurun karena konsumen beralih membeli daging kambing yang tidak mengalami kenaikan harga. Sedangkan jika pada barang komplemen, barang komplemen adalah barang yang bisa saling melngkapi misalnya motor dengan bensin, printer dengan tinta dan sebagainya kenaikan harga pada suatu barang akan berpengaruh terhadap barang komplemennya. Contohnya ketika harga tinta naik maka permintaan terhadap printer menurun.

5)      Ekspektasi

Ekspektasi adalah perkiraan akan masa depan. Ekspektasi dapat pula mempengaruhi permintaan seseorang, misalnya ketika Anda memperkirakan bahwa harga suatu barang akan turun dimasa yang akan datang maka Anda akan menunda pembelian barang tersebut sampai harganya turun, hal ini mengakibatkan permintaan Anda terhadap barang tersebut menurun.

6)      Jumlah Penduduk

Semakin tinggi jumlah penduduk disuatu wilayah atau negara, maka akan semakin tinggi jumlah permintaan wilayah/negara tersebut terhadap suatu barang atau jasa. Hal ini terjadi karena kuantitas kebutuhan masyarakat yang tinggi.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 9.10.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...