Tujuan dan Fungsi Pengambilan Keputusan

Tujuan dan Fungsi Pengambilan Keputusan

Sebelum membahas tujuan dan fungsi pengambilan keputusan, mari kita cari tahu apa itu pengambilan keputusan. Menurut S.P. Siagian Pengambilan Keputusan adalah sebuah pendekatan yang sistematis terhadap sebuah hakikat alternatif yang dihadapi dan mengambil suatu tindakan yang menurut perhitungan merupakan suatu tindakan yang paling tepat. Sedangkan menurut James A.F. Stoner  Pengambilan keputusan adalah suatu proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara untuk pemecahan masalah.

Dari pengertian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pengambilan keputusan berkenaan dengan suatu tindakan pemilihan alternatif-alternatif pilihan tindakan untuk memperoleh alternatif tindakan yang dirasa paling baik.

Tujuan Pengambilan Keputusan

Secara umum, tujuan dari pengambilan keputusan adalah untuk memperoleh pilihan terbaik dari alternatif-alternatif pilihan yang ada, agar tujuan yang hendak dituju dapat dicapai dan berjalan dengan baik. Tujuan pengambilan keputusan dapat dibedakan menjadi dua bagian, antara lain yaitu:

1)      Bersifat Tunggal
Tujuan pengambilan keputusan yang bersifat tunggal terjadi jika keputusan yang dihasilkan hanya menyangkut satu masalah saja, dalam artian bahwa sekali diputuskan maka tidak ada kaitannya dengan masalah lain.

2)      Bersifat Ganda
Tujuan pengambilan keputusan yang bersifat ganda terjadi jika keputusan yang dihasilkan menyangkut lebih dari satu masalah, dalam artian bahwa keputusan yang diambil tersebut sekaligus memecahkan dua (atau lebih) masalah yang sifatnya kontradiktif atau yang bersifat tidak kontradiktif.

Fungsi Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan dilakukan ketika seorang individu maupun organisasi dihadapkan pada suatu masalah. Dalam proses menyelesaikan masalah tersebut, tentunya akan dihadapkan pada alternatif-alternatif pilihan pemecah masalah yang dapat digunakan, dalam hal inilah fungsi pengambilan keputusan bekerja. Pengambilan keputusan sebagai suatu kelanjutan dari cara pemecahan masalah memiliki fungsi antara lain:
1)      Pangkal permulaan dari seluruh aktivitas manusia yang sadar dan terarah baik secara individual ataupun secara kelompok, baik itu secara institusional maupun secara organisasional.
2)      Sesuatu yang bersifat futuristic, dalam artian menyangkut dengan masa depan/masa yang akan datang, dimana efek atau pengaruhnya berlangsung cukup lama.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 19.9.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...