Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sistem Ekonomi Komando serta Ciri, Kelebihan dan Kelemahannya

Pengertian Sistem Ekonomi Komando

Sistem Ekonomi Komando adalah sistem yang didalamnya pemerintah memegang peranan paling dominan dalam mengatur kegiatan ekonomi. Segala bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat akan dibatasi kebebasannya oleh pemerintah dengan maksud agar kegiatan ekonomi sesuai dengan keinginan pemerintah. Alasannya bisa menyangkut pada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat secara umum atau kepentingan lain. Negara yang menganut sistem ini antara lain: Rusia, RRC, Vietnam, Korea Utara dan negara-negara Eropa Timur.


Dalam sistem ekonomi komando atau terpusat, perilaku ekonomi ditentukan oleh pemerintah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam mengambil keputusan atas sebagian besar masalah pokok ekonomi tentang apa yang harus diproduksi, bagaimana cara memproduksinya, dan siapa yang akan mengkonsumsinya.

Sistem perekonomian komando atau terpusat ditandai dengan sentralisasi pengambilan keputusan. Semua pemimpin pemerintahan selaku pengambil keputusan, biasanya menetapkan rencana secara rinci dan kompleks sehingga dapat memberikan komando ekonomi kepada segenap bawahan dan rakyatnya.

Atas dasar itu, sistem ekonomi komando sering disebut juga dengan sistem ekonomi terpimpin dan sistem ekonomi terencana yang tersentralisasi. Oleh karena itu, dalam sistem perekonomian komando, pemerintah hampir memiliki dan menguasai semua faktor produksi (tanah atau modal).

Selain itu, semua operasi perusahaan (penentuan komposisi barang yang harus diproduksi, distribusi barang dll) diberbagai sektor industri juga diatur oleh pemerintah secara langsung. Jadi bisa dianalogikan bahwa negara merupakan atasan bagi semua angkatan kerja dan menentukan bagaimana mereka harus melaksanakan pekerjaannya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam perekonomian komando pemerintah merupakan pemegang hak atas pengambilan keputusan yang dilakukan secara sentral yang menjawab permasalahan ekonomi utama melalui kepemilikan dan kekuasaan atas sumber daya ekonomi untuk diterapkan kepada seluruh anggota masyarakat.

Baca juga artikel terkati berikut:

1) Pengertian dan Fungsi Sistem Ekonomi

2) 6 Macam Sistem Ekonomi


Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando, Kelebihan dan Kekurangannya


Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando

a)    Seluruh kegiatan perekonomian dari mulai produksi, distribusi, dan konsumsi serta harga ditetapkan oleh pemerintah dengan peraturan negara.

b)    Kekuasaan tertinggi dalam sistem ekonomi dipegang oleh pemerintah.

c)    Pemerintah bertanggung jawab langsung atas perputaran roda perekonomian.

d)    Pemerintah akan membuat kebijakan ekonomi yang wajib dijalankan oleh masyarakat.

e)    Seluruh alat produksi dikuasai oleh negara.

f)     Swasta atau perorangan tidak memiliki hak milik karena tidak diakui oleh pemerintah dan negara, sehingga kebebasan individu atau swasta dalam berusaha tidak ada.


Kelebihan Sistem Ekonomi Komando

a)    Seluruh kegiatan ekonomi dalam negara sepenuhnya dipertanggung jawabkan oleh pemerintah.

b)    Pemerintah lebih mudah dalam melakukan pengawasan dan pengendalian.

c)    Perencanaan pembangunan negara lebih cepat terrealisasi.

d)    Kemakmuran masyarakat lebih merata.

e)    Kesenjangan ekonomi di masyarakat tidak terlalu tinggi.

f)     Kondisi ekonomi cenderung lebih stabil.

g)    Pemerintah dapat dengan mudah mengendalikan harga.


Kelemahan Sistem Ekonomi Komando

a)    Adanya ketidak-bebasan masyarakat dalam daya kreasi sehingga hampir semua inisiatif, inovasi diplopori oleh pemerintah.

b)    Anggota masyarakat tidak memiliki jaminan terhadap penentuan jenis pekerjaan serta memilihan barang konsumsi yang diinginkan.

c)    Pemerintah tidak mengakui adanya hak individual.

d)    Sistem ekonomi yang terbentuk cenderung berbanding lurus dengan kualitas pemerintah.

e)    Menjamurnya pasar gelap akibat adanya pembatasan yang terlalu ketat oleh pemerintah.

f)     Pemerintah cenderung bersifat paternalistis (kebapaan), artinya apa yang telah diatur atau ditetapkan oleh pemerintah adalah benar dan harus dipatuhi.

g)    Pemerintah cenderung memonopoli kegiatan ekonomi masyarakat.

Ada banyak kelebihan dan kelemahan dari sistem ekonomi komando, namun demikian sistem ekonomi ini dapat dijalankan jika memang cocok dengan masyarakat yang menjalankannya. Selain itu sistem ekonomi ini juga sangat terpengaruh oleh kualitas pemerintah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Dimana jika pemerintah memiliki kualitas yang bagus, maka sistem ekonomi yang dibuat juga akan bagus. Sebaliknya jika pemerintahannya jelek maka sistem ekonominya juga cenderung akan jelek.


Posting Komentar untuk "Pengertian Sistem Ekonomi Komando serta Ciri, Kelebihan dan Kelemahannya"