Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Sistem Ekonomi Bagi Perekonomian Negara

Pengertian Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi adalah suatu mekanisme yang terdiri atas beberapa lembaga (institusi) atau pranata (sosial, ekonomi, politik, ide-ide) yang merupakan suatu kesatuan dan saling mempengaruhi dalam rangka memecahkan masalah dasar perekonomian yakni produksi, distribusi, dan konsumsi sehingga tercapai pemenuhan semua kebutuhan masyarakat. Dalam hal ini setiap negara selalu berupaya unuk mengatur pertukaran atau ketersediaan barang dan jasa agar kesejahteraan rakyatnya meningkat.


Sistem perekonomian melahirkan tindakan atau tatacara dalam memecahkan dan mengatasi masalah dasar ekonomi dengan cara yang berbeda. Perbedaan dari setiap sistem ekonomi suatu negara memiliki cara tersendiri dan berbeda dalam mengambil keputusan berdasarkan permasalahan ekonomi negaranya. Berikut beberapa pengertian Sistem Ekonomi menurut para ahli:


1)   Gregory Grossman dan M. Manu

Sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri dari atas unit-unit ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi melainkan juga saling menopang dan memengaruhi.


2)   Gilarso

Sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat (para produsen, konsumen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga terbentuk satu kesatuan yang teratur dan dinamis sehingga kekacauan dalam bidang ekonomi dapat dihindari.


3)   McEachern

Seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana , dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (what, how, dan for whom).


Fungsi Sistem Ekonomi Bagi Perekonomian Negara


Untuk mengatasi masalah pokok ekonomi yang telah dijelaskan sebelumnya diperlukan suatu usaha untuk mengatasinya, usaha tersebut diwujudkan melalui sistem ekonomi yang dipilih suatu negara. Perlu anda ketahui bahwa setiap negara menganut sistem ekonomi yang berbeda tergantung pada kebutuhan negara tersebut dalam menjalankan kegiatan ekonominya. Secara umum sistem ekonomi dapat diartikan sebagai perangkat alat atau metode yang diterapkan untuk menjawab tuntas mengenai masalah apa, bagaimana, dan untuk siapa barang atau jasa diproduksi. Ketepatan dari jawaban yang diberikan sangat tergantung pada sistem ekonomi yang dipilih oleh negara yang bersangkutan.

Baca juga artikel berikut: 6 Macam Sistem Ekonomi

Denyut nadi ekonomi suatu negara merupakan hasil dari kegiatan ekonomi seluruh penduduk dan perusahaan dinegara tersebut dalam menghasilkan barang atau jasa pemuas kebutuhan masyarakat. Tingkat kemampuan penduduk dan perusahaan dalam kegiatan ekonomi menjadi penentu tingkat perekonomian negara tersebut akan maju atau tidak. Tingkat perekonomian ini berbeda pada setiap negara begitu juga dengan organisasi perekonomian yang dipraktikkan di masing-masing negara. Organisasi perekonomian berhubungan dengan sistem ekonomi yang diterapkan.


Fungsi Sistem Ekonomi Bagi Perekonomian Negara

Sistem ekonomi yang ada pada setiap negara pada dasarnya memiliki fungsi dalam perekonomian, yang diharapkan dapat menjawab semua permasalahan ekonomi yang ada. Fungsi sistem ekonomi teresbut diantaranya adalah sebagai berikut:

1)    Memberikan stimulus atau rangsangan untuk bidang produksi.

2)    Menyediakan cara atau metode untuk mengkoordinasi kegiatan individu dalam perekonomian.

3)    Menyediakan metode atau mekanisme tertentu agar pembagian hasil produksi antar anggota masyarakat dapat terlaksana dengan adil dan lancar sebagaimana mestinya.

4)    Menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik.

5)    Sebagai pengatur dalam pembagian hasil produksi di seluruh anggota masyarakat agar dapat terlaksana seperti yang diharapkan.

6)    Berfungsi dalam mengoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian.

7)    Sebagai penyedia dorongan untuk berproduksi.

8)    Memperluas lapangan pekerjaan.

9)    Memelihara dan meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi dengan negara lain.

10) Meningkatkan pertumbuhan dan kestabilan ekonomi, yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat.


Posting Komentar untuk "Fungsi Sistem Ekonomi Bagi Perekonomian Negara"