LINGKUNGAN KEPUTUSAN

LINGKUNGAN KEPUTUSAN

Lingkungan keputusan manajemen operasi diklasifikasikan berdasarkan tingkat kepastian saat ini. Setidaknya terdapat tiga kategori dasar, yaitu: kepastian, risiko, dan ketidakpastian.

1)      Kepastian (certainty) berarti parameter relevan seperti biaya, kapasitas, serta permintaan mempunyai nilai yang diketahui.
2)      Risiko (risk) berarti parameter tertentu mempunyai hasil berdasarkan probabilitas.
3)      Ketidakpastian (uncertainty) berarti tidak mungkin menilai kemungkinan dari berbagai peristiwa mendatang yang layak.

Perhatikanlah situasi-situasi berikut ini:
1)      Laba perunit ialah sebesar Rp. 60.000,00. Anda mempunyai pesanan 200unit. Berapa laba yang akan anda hasilkan?
2)      Laba adalah Rp. 60.000,00 per unit. Bedasarkan pengalaman sebelumnya, ada 50 persen kemungkinan pesanan 100 unit dan 50 persen kemungkinan pesanan 200 unit. Lalu berpa laba yang diharapkan?
3)      Laba adalah sebesar Rp. 60.000,00 per unit. Probabilitas dari potensi permintaan tidak diketahui.

Lingkungan keputusan yang berbeda-beda tersebut penting karena membutuhkan teknik analisis yang berbeda-beda. Beberapa teknik lebih sesuai untuk satu kategori dibandingkan dengan yang lainnya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 18.9.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...