KRITERIA SISTEM EKONOMI YANG BAIK

Kriteria Sistem Ekonomi yang Baik

Setiap negara pasti mendambakan pertumbuhan ekonomi di negaranya berlangsung baik dan stabil. Agar keinginan tersebut tidak hanya menjadi angan-angan dan bisa terwujud, maka terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki suatu sistem ekonomi agar dapat dikatakan sebagai sebuah sistem ekonomi yang baik. Dalam hal ini sistem ekonomi bisa dikatakan relatif baik apabila:

1)      Sistem ekonomi yang bersangkutan memberikan peluang untuk mencapai standar kehidupan yang tinggi.
2)      Memberi kemungkinan bagi suatu pertumbuhan ekonomi yang stabil.
3)      Sistem ekonomi tersebut menghormati kebebasan ekonomi para individu secara wajar.
4)      Sistem perekonomian tersebut memberikan kepastian dalam bidang ekonomi bagi seluruh anggota masyarakat.
5)      Sistem ekonomi tersebut dapat menghasilkan barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
6)      Sistem ekonomi tersebut menunjukan adanya pembagian pendapatan yang memadai.

Sementara itu Gregory Grossman (Rahardja &Manurung, 2005; 396) yang dikutip dari situs https://www.scribd.com/doc/107009353/Kriteria-Sistem-Ekonomi-Yang-Baik, menyatakan bahwa sibuah sistem ekonomi dikatakan baik dilihat dari dua aspek, antara lain yaitu:

1)      Daya Tahan dan Daya Adaptasi
Ada sebuah pepetah bijak yang mengatakan bahwa “Tidak ada yang pasti di dunia ini, kecuali ketidakpastian itu sendiri”. Memang kenyataan hidup diungkapkan dalam pepatah tersebut. Manusia lahir, hidup, dewasa, lalu mati tanpa bisa memprediksinya secara tepat. Oleh karena itulah dalam hubungannya dengan perekonomian, manusia menyusun yang namanya sistem ekonomi. Tentu saja sistem ekonomi yang baik yaitu sistem ekonomi yang mampu untuk menghadapi ketidakpastian, baik itu ketidakpastian dalam jangka pendek ataupun dalam ketidakpastian jangka panjang.

2)      Unjuk Prestasi
Terlepas dari ideology yang mendasarinya, Sistem Ekonomi bisa dikatakan baik apabila sistem ekonomi tersebut menghasilkan:
a)      Kemakmuran
b)      Pertumbuhan
c)      Produktivitas
d)      Pemberdayaan
e)      Terpeliharanya lingkungan hidup

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 26.9.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...