4 Unsur Pengambilan Keputusan

4 Unsur Pengambilan Keputusan

Menurut S.P. Siagian Pengambilan Keputusan adalah sebuah pendekatan yang sistematis terhadap sebuah hakikat alternatif yang dihadapi dan mengambil suatu tindakan yang menurut perhitungan merupakan suatu tindakan yang paling tepat. Sedangkan menurut James A.F. Stoner  Pengambilan keputusan adalah suatu proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara untuk pemecahan masalah.

Dari pengertian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pengambilan keputusan berkenaan dengan suatu tindakan pemilihan alternatif-alternatif pilihan tindakan untuk memperoleh alternatif tindakan yang dirasa paling baik.

Agar proses pengambilan keputusan berjalan dengan baik dan menghasilkan keputusan yang bagus, maka harus diketahuni unsur-unsur dalam pengambilan keputusan, unsur-unsur pengambilan keputusan tersebut antara lain yaitu:

1)      Tujuan dari pengambilan keputusan
Dalam hal ini proses pengambilan keputusan dimulai dengan mengetahui apa yang menjadi tujuan akhir dari proses pengambilan keputusan tersebut, dalam artian untuk tujuan apa pengambilan keputusan dilakukan. Sebagai contoh jika anda membeli sebuah kendaraan, maka hal pertama yang harus anda ketahui adalah untuk apa kendaraan tersebut. Apakah dipakai untuk keperluan kantor, keperluan belanja, atau keperluan komersil. Tentunya jika anda telah mengerti tujuan anda membeli kendaraan tersebut anda akan lebih mudah untuk mengambil keputusan untuk memilih kendaraan yang cocok untuk digunakan sesuai dengan tujuan awal.

2)      Identifikasi alternatif-alternatif keputusan untuk memecahkan masalah
Dalam mengambil sebuah keputusan tentunya akan ada alternatif-alternatif yang selalu muncul untuk dipilih dan digunakan. Oleh karena itu kita perlu mengadakan identifikasi alternatif-alternatif yang akan digunakan, dalam hal ini adalah membuat daftar macam-macam tindakan yang memungkinkan untuk mengadakan pilihan yang tepat.

3)      Perhitungan mengenai faktor-faktor yang tidak dapat diketahui sebelumnya
Yang dimaksud adalah faktor-fakor yang akan terjadi jika kita mengambil keputusan tertentu. Misalnya jika kita mengambil keputusan A maka yang akan terjadi adalah . . . . . dan jika kita mengambil keputusan B maka yang akan terjadi adalah . . . . . Oleh karena itu sebelum mengambil keputusan ada baiknya untuk mengetahui dampak yang akan tibul akibat dari pengambilan keputusan yang diambil.

4)      Sarana atau alat untuk mengevaluasi atau mengukur hasil dari suatu pengambilan keputusan
Selanjutnya diperlukan sarana atau alat untuk mengevaluasi atau mengukur hasil dari keputusan yang telah diambil. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat mengetahui hasil dari setip keputusan yang sudah diambil.

Sumber referensi:
http://rahelhutasoit.blogspot.com/2010/10/unsur-unsur-pengambilan-keputusan.html

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 19.9.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...