PENGERTIAN STRATEGI OPERASI

Pengertian Strategi Operasi

Strategi Operasi adalah suatu visi fungsi operasi yang menetapkan keseluruhan arah atau daya dorong untuk pengambilan keputusan. Visi dalam hal ini harus diintegrasikan dengan strategi bisnis serta seringkali direfleksikan pada perencanaan formal. Strategi operasi semestinya menghasilkan suatu pola pengambilan keputusan operasi yang konsisten serta menghasilkan suatu keunggulan bersaing bagi perusahaan.  Strategi operasi adalah penjabaran dari strategi bisnis atau korporasi. Dengan begitu strategi operasi akan memberikan arah untuk mengambil keputusan hubungan antara strategi bisnis/korporasi dan strategi operasi.

Strategi organisasi menyajikan seluruh arah organisasi. Ruang lingkup strategi organisasi sangat luas, yaitu meliputi seluruh organisasi. Sementara strategi operasi (Operations Strategy) raung lingkupnya lebih sempit, terutama yang berkaitan dengan aspek operasi organisasi. Strategi operasi berhubungan dengan produk, proses, biaya, metode, sumber operasi, waktu tunggu (lead time), dan penjadwalan. Tabel dibawah menyediakan perbandingan misi oganisasi, seluruh strategi serta strategi operasi, taktik dan operasi.

Agar strategi operasi benar-benar efektif, maka kita perlu mengujinya dengan strategi organisasi, yakni kedua strategi tersebut harus dirumuskan sendiri-sendiri. Ada baiknya, perumusan strategi organisasi harus mempertimbangkan realitas kekuatan serta kelemahan operasi, memanfaatkan kekuatan dan menghadapi kelemahan. Demikian juga dengan strategi operasi harus konsisten dengan seluruh strategi organisasi serta dengan unit fungsional lainnya dari organisasi.

Manajer senior perlu untuk bekerja dengan unit fungsional dalam merumuskan strategi-strategi organisasi. Sampai sejauh ini mungkin terlihat bahwa hal itu tidak selalu terjadi dalam praktik. Sebaliknya kita bisa menemukan perebutan kekuasaan diantara berbagaii unit fungsional. Perebutan seperti ini merugikan organisasi karena mengadu unit-unit fungsional dengan unti fungsional yang lainnya, bukannya memfokuskan energinya pada tujuan untuk membuat organisasi yang lebih kompetitif serta lebih mampu melayani para pelanggan. Beberapa pendekatan terbaru di dalam organisasi melibatkan tim manajer dengan tenaga kerja yang bisa mencerminkan meningkatnya kesadaran akan pengaruh sinergis dari bekerja sama, bukannya berkompetisi di dalam perusahaan.

Pengertian Strategi Operasi

Berikut ini merupakan elemen-elemen yang menjadi dasar dalam strategi operasi perusahaan, antara lain yaitu:
1)      Misi operasi, misi operasi merupakan elemen pertama dari empat elemen strategi operasi mendefinisikan manfaat fungsi operasi di dalam kaitannya dengan strategi bisnis dan strategi operasi. Sasaran operasi ialah harga, kualitas, pengiriman serta fleksibilitas. Misi operasi dalam hal ini harus menentukan prioritas dari sasaran operasi. Misi operasi sering kali merupakan pernyataan ulang dari strategi bisnis dalam pengertian operasi serta diturunkan langsung dari strategi bisnis.
2)      Keunggulan khusus operasi ialah operasi harus unggul secara relatif untuk bersaing. Keunggulan khusus disini harus sesuai dengan misi operasi. Contohnya, apabila misi menghendaki agar operasi lebih unggul pada pengenalan produk baru, maka operasi harus dapat mengembangkan keunggulan khusus dalam bidang ini. Keunggulan khusus akan mengarah pada keunggulan bersaing, hingga inti strategi operasi. Biasanya bisnis yang berhasil bisa menentukan suatu keunggulan khusus dan mereka akan bekerja keras untuk melindungi keunggulan tersebut.
3)      Elemen ketiga dari strategi operasi ialah sasaran. Sasaran di dalam operasi harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif yang spesifik serta dalam bentuk yang bisa diukur. Sasaran ini diharapkan bisa dicapai dalam jangka waktu yang singkat ataupun dalam jangka waktu yang panjang. Sasaran ada baiknya ditetapkan sebagai suatu perbaikan misi secara kuantitatif serta terukur.
4)      Kebijakan operasi menerangkan bagaiamana sasaran operasi akan dicapai. Dalam hal ini kebijakan operasi harus dikembangkan untuk setiap kategori keputusan: Proses, Kapasitas, Persediaan, dan Kualitas.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 23.7.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...