PENGERTIAN STRATEGI GLOBAL

PENGERTIAN STRATEGI GLOBAL

Strategi global adalah strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan keunggulan bersaing dalam kondisi barang dan jasa bebas mengalir tanpa batas negara, mata uang yang berbeda, peraturan yang berbeda, kondisi ekonomi dan poliik antar negara yang berbeda.

Secara umum, terdapat tiga pandangan mengenai strategi global ini. Pertama, strategi global merupakan salah satu bentuk perusahaan multinasional (multinational enterprise/MNE) strategi yang menjadi (treats) negara diseluruh dunia sebagai sebuah pasar global (global marketpalce) (Levitt,dan Yip dalam Peng dan Miles, 2009). Strategi MNE yang lainnya pada umumnya dikenal dengan internasional (atau eksport-driven), multidomestik serta transnasional (Bartlett dan Ghoshal dalam Peng dan Miles, 2009). Akan tetapi, strategi ini tampaknya merupakan bentuk ideal yang tidak ada diantara MNE (Rugman dan Verbeke 2004).

Lalu pandangan kedua menjadikan (treats) strategi global ini sebagai manajemen strategi internasional (Bruton et al 2004;. Inkpen dan Ramaswamy 2006; Lu 2003). Jadi manajemen internasional strategis lebih luas dari strategi global seperti halnya yang didefinisikan oleh pandangan pertama.

Dan terakhir pandangan ketiga mendefinisikan strategi global secara luas, yaitu strategi perusahaan di seluruh dunia, yang merupakan teori perusahaan mengenai cara sukses untuk bersaing (Peng dan Delios 2006). Definisi ini secara eksplisit meliputi strategi perusahaan internasional (cross-border) dan non-internasional (domestic). Definisi ketiga ini menjadikan (treats) strategi global sebagai strategi perusahaan diseluruh dunia (Peng dan Delios 2006). Dalam artian, pengertian strategi global tidak didefinisikan secara sempit atau tidak relevan (pandangan pertaman), atau menyamakan strategi global dengan manajemen strategis internasional (pandangan ke dua). Walaupun benar bahwa definisi pertama secara eksplisit fokus pada aspek-aspek internasional, dan definisi kedua terfokus pada tata kelola perusahaan dan CSR. Namun secara keseluruhan, strategi global sebagai lapangan dipersimpangan antara manajemen strategis dan bisnis internasional.

Pengertian Strategi Global

Karena globalisasi sudah meningkat, maka banyak sekali perusahaan yang sudah menyadari pentingnya membuat keputusan strategis yang sifatnya global. Salah satu masalah yang harus dihadapi oleh banyak perusahaan ialah bahwa pekerjaan di satu negara ataupun kawasan tertentu tidak akan selalu ada di negara lainnya. Oleh karena itu strategi harus dibuat secara cermat untuk mempertimbangkan keadaan yang cenderung berubah-ubah tersebut. Masalah ini antara lain yaitu ancaman pergolakan politik atau sosial, juga masalah lainnya yaitu kesulitan untuk mengoordinasikan serta mengola operasi yang sangat luas. Memang benar di pasar global saat ini ada yang tidak harus pergi ke luar negeri untuk mengalami kompetisi internasional. Namun cepat atau lambat dunia akan datang kepada anda.

Indikator Strategi Global

Tedapat beberapa indikator yang bisa menjadikan suatu strategi menjadi global diantaranya yaitu:
1)      Pesaing utama di pasar utama bukan dari negara itu sendiri dan ada di berbagai negara.
2)      Biaya dapat diturunkan dan efektifitas dapat ditingkatkan oleh adanya pemilihan lokasi yang terdapat aktifitas nilai tambahnya di negara yang berbeda.
3)      Standardisasi dari beberapa elemen produk atau strategi marketing tersedia peluang untuk mencapai skala ekonomi.
4)      Pesaing mempunyai potensi untuk menggunakan volume dan labanya dari suatu pasar untuk mensubsidi perolehan posisi lainnya.
5)      Jika pasar lokal bukan sebagai syarat produk atau servise untuk perusahaan yang mempunyai keunggulan beroperasi lokal.
6)      Penghalang perdagangan sebagai penghalang utama untuk memasuki pasar. Suatu nama merk global dapat menjadi keunggulan.

Strategi global ini menekankan pada skala ekonomi serta menawarkan lebih banyak peluang untuk dapat mempergunakan inovasi yang dikembangkan pada tingkat perusahaan atau dalam sebuah negara maupun pada pasar-pasar lainnya. Strategi global mempunyai resiko yang rendah, akan tetapi juga bisa melewatkan peluang-peluang yang tumbuh di pasar lokal, baik itu karena pasar tersebut tidak menunjukkan adanya peluang ataupun karena peluang tersebut mengharuskan produk-produk disesuaikan pada pasar lokal.

Akibatnya srategi ini tidak responsive/fleksibel terhadap pasar-pasar lokal serta sulit dikelola karena kebutuhan untuk mengkoordinasi strategi tersebut serta mengoperasikan keputusan lintas negara. Dan akibatnya, pencapaian kegiatan operasi yang efisien perlu berbagi sumber daya serta penekanan diberikan pada koordinasi dan kerjasama diantara unit di lintas negara tersebut. Strategi seperti ini banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang berasal dari Jepang. Oleh karena itu strategi global merupakan strategi yang lebih menekankan pada standarisasi produk diseluruh pasar. Dengan begitu, strategi bersaing dipusatkan dan dikendalikan oleh kantor pusat.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 23.7.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...