Pengertian Pasar dan Perilaku Pasar

Pengertian Pasar dan Perilaku Pasar

Ada banyak cara seseorang mendefinisikan konsep pasar. Pasar disini yang dimaksudkan dalam hal ini adalah sebagai sekelompok individu atau organisasi yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang ingin dipuaskan yang disertai dengan daya beli serta mempunyai kemauan untuk membelanjakan daya beli tersebut.

Konsekuensi dari definisi tersebut, kita bisa menggolongkan pasar ke dalam dua (2) kategori, yaitu pasar konsumen dan pasar industri. Pasar konsumen ini mengacu pada individu-individu yang membeli produk perusahaan untuk dikonsumsi sendiri. Sedangkan pasar industri, merujuk pada organisasi yang membeli suatu produk untuk dijual kembali atau digunakan didalam proses operasi yang nantinya akan dijual kembali kepada konsumen.

Perilaku Pasar

Perilaku pasar menggambarkan perilaku individu-individu yang ada dalam suatu kelompok tertentu. Pola perilaku individu ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti halnya faktor personal (usia dan tahapan hidup, kepribadian, gaya hidup, kedudukan/jabatan, dan konsep diri), faktor psikologis (persepsi, keyakinan, motivasi, pembelajaran, dan sikap). Kedua faktor tersebut akan menentukan perilaku seorang individu dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk. Perilaku pembelian (buying behavior) ialah keputusan dan tindakan seseorang orang yang terlibat dalam pembelian dan penggunaan suatu produk.

Terdapat 5 (lima) peran yang terlibat dalam proses pembuatan keputusan pembelian, antara lain yaitu:
1)      User: seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk/jasa.
2)      Buyer: seseorang yang secara aktual melakukan pembelian.
3)      Influencer: seseorang yang cara pandang dan gagasannya mempengaruhi keputusan pembelian.
4)      Initiator: seseorang yang menyarankan/memunculkan ide untuk membeli sesuatu produk/jasa.
5)      Decider: seseorang yang memutuskan komponen dari keputusan pembelian; membeli atau tidak, apa yang mau dibeli, bagaimana membelinya, atau dimana akan direly.

Perilaku pembelian pasar konsumen (consumer buying behavior) adalah keputusan serta tindakan orang-orang yang ditujukan untuk membeli suatu produk untuk digunakannya sendiri. Perilaku pembelian pasar konsumen ini melalui beberapa tahap keputusan pembelian, antara lain yaitu:
1)      Pengenalan masalah
2)      Pencarian informasi
3)      Evaluasi alternatif
4)      Keputusan pembelian
5)      Perilaku pasca pembelian.

Tugas pemasar ialah memahami perilaku pembeli pada setiap tahap serta pengaruh apa yang bekerja pada tahapan-tahapan tersebut. Tahapan-tahapan keputusan pembelian tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian seperti yang terlihat pada gambar dibahah ini:

Pengertian Pasar dan Perilaku Pasar

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 18.4.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...