Pengertian Pengarahan dalam Manajemen

Pengertian Pengarahan dalam Manajemen

Pengarahan bisa diartikan sebagai “proses menuntun kegiatan-kegiatan para anggota organisasi kearah yang tepat”. Arah yang tepat disini maksudnya adalah arah yang bisa menggantarkan kepada tercapainya tujuan dari sistem manajemen. Pengarahan adalah bagian yang sangat kritis dari tugas seorang manajer.

Kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain adalah kata lain dari proses pengarahan, dimana kemampuan seperti ini akan menentukan berhasil atau tidaknya seorang manajer. Selain itu beberapa sinonim lain mengatakan bahwa pengarahan sebagai proses “influencing.”

Tujuan utama dari sebuah pengarahan ialah untuk meningkatkan pencapaian tujuan dari sistem manajemen dengan cara menuntun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para anggota organisasi menuju arah yang tepat. Dalam hal ini proses pengarahan perlu melibatkan empat komponen sebagai berikut:
1)      Memimpin
2)      Berkomunikasi
3)      Mempertimbangkan kelompok-kelompok
4)      Memotivasi

Dengan melaksanakan keempat kegiatan di atas tersebut, maka seorang manajer mengubah masukan berupa sumber daya organisasi menjadi perilaku anggota organisasi yang diharapkan oleh sistem manajemen. Sebagaimana terlihat dalam gambar berikut ini:

Pengertian Pengarahan dalam Manajemen

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 10.1.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...