Pengertian Kepemimpinan (Leadership) dalam Manajemen

Pengertian Kepemimpinan (Leadership) dalam Manajemen

Kepemimpinan (leadership) ialah salah satu fungsi manajemen yang peranannya sangat vital bagi terlaksananya berbagai fungsi-fungsi manajemen yang lain. Memimpin orang dan organisasinya menuntut sebuah kecakapan untuk melakukan banyak kegiatan.

Dalam hal ini yang dimaksud dengan kepemimpinan (leadership) adalah proses dimana seorang individu memiliki pengaruh terhadap orang lain dan mengilhami, memberi motivasi, semangat, serta mengarahkan kegiatan-kegiatan mereka guna membantu tercapainya tujuan kelompok serta organisasi. Orang yang mempunyai pengaruh akan disebut sebagai seorang pemimpin. Apabila pemimpin tersebut efektif, maka pengaruh terhadap orang lain akan membantu pada tercapainya tujuan-tujuan organisasi.

Berikut ini merupakan sifat dan keterampilan yang berkaitan dengan kepemimpinan yang efektif, antara lain yaitu:

1.      Sifat

a)      Dapat menyesuaikan diri
b)      Ambisius dan berorientasi pada prestasi
c)      Waspada terhadap lingkungan sosial
d)      Asertif
e)      Dapat diandalkan
f)       Kooperatif
g)      Dominan (hasrat mempengaruhi orang lain)
h)      Toleran atas tekanan
i)        Energetik (kegiatan tinggi)
j)        Gigih (Keras hati)
k)      Ketersediaan untuk bertanggung jawab

2.      Keterampilan

a)      Kecakapan konseptual
b)      Kepemimpinan (intelektual)
c)      Diplomatis dan bijaksana
d)      Kreativitas
e)      Lancar berbicara
f)       Kecakapan organisasi
g)      Pengetahuan ttentang tugas kelompok
h)      Persuasif (kecakapan merayu)
i)        Kecakapan sosial

Perbedaan Pemimpin dan Manajer

Meskipun terlihat seperti sama saja, namun pemimpin dan manajer bukan hal yang sama. Tugas dari seorang manajer ialah mengorganisasikan, merencanakan, memenuhi kebutuhan staf, memimpin, serta mengendalikan. Seorang manajer mungkin efektif ataupun tidak efektif dalam mempengaruhi para bawahan maupun para anggota tim dalam menetapkan serta merealisasikan sebuah tujuan. Dalam hal ini gang ideal yaitu keterampilan manajemen menyatu dengan kepemimpinan sehingga seorang manajer juga berfungsi sebagai pemimpin. Gambar dibawah ini bisa menggambarkan hubungan antara manajer dan pemimpin:

Pengertian Kepemimpinan (Leadership) dalam Manajemen

Seorang manajer yang memberikan perintah dan juga instruksi ekplisit kepada seseorang yang berpengalaman bukanlah sikap memimpin, akan tetapi malah akan menghambat produktivitas. Perencanaan efektif akan membantu seseorang menjadi seorang manajer dan memungkinkan orang lain dapat merencanakan secara efektif disebut sebagai pemimpin. Pemimpin bisa memberdayakan, yakni memberikan hal-hal yang diperlukan untuk berubah, berkembang, serta mengatasi perubahan. Pemimpin akan menciptakan berbagai visi dan merumuskan strategi untuk merealisasikan visi tersebut menjadi sebuah kenyataan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 10.1.18

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...