Efektivitas Proses Perencanaan

Efektivitas Proses Perencanaan

Sebuah keberhasilan dalam merealisasikan sebuah sistem perencanaan tidak akan bisa dicapai dengan mudah. Semakin besar ukuran organisasi maka semakin sulit usaha yang harus ditempuh. Dengan meningkatnya ukuran organisasi/perusahaan, tugas perencaaan menjadi sangat kompleks, dan lebih banyak memperlukan informasi.

Dalam hal ini setidaknya ada 4 (empat) hal yang bisa menjamin bahwa proses perencanaan dapat mencapai efektivitas, antara lain yaitu:
1)      Proses perencanaan yang didesain secara baik, yang berarti mempunyai kejelasa, dapat diukur pencapaiannya, bersifat fleksibel serta bisa disesuaikan guna merespon kondisi perencanaan yang kemungkinan berubah (tidak kaku).
2)      Memperoleh dukungan dari manajemen puncak, dimana berupa perhatian yang jelas serta berkelanjutan.
3)      Perencanaan yang berfokus pada implementasi. Sebuah rencana hanya akan efektif apabila implementasinya membantu mencapai tujuan organisasi. Oleh sebab itu setiap rencana harus dapat memberikan hasil akhir berupa tindakan yang berdasar pada sasaran-sasaran yang diinginkan.
4)      Memilih orang-orang yang tepat. Dalam merencanakan sesuatu, ada baiknya mengikutsertakan para manajer dalam bidang fungsional dalam organisasi sehingga bisa mendapatkan informasi yang akurat dan relevan. Orang-orang yang tepat bisa memberikan masukan dan umpan balik yang bagus dalam proses perencanaan dan dalam implementasi rencana.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 20.12.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...