Posisi Letak Barang di Toko

Posisi Letak Barang di Toko

Berikut ini adalah beberapa posisi letak berang di toko:

1.      Pemajangan Menurut Kelompok Barang

Barang yang bisa dikelompokkan menurut jenisnya, misalnya kelompok makanan, susu, biskuit, makanan ringan, kopi, teh, makanan kecil, dikelompokkan sendiri-sendiri.

2.      Pemajangan Menurut Ukuran

a.       Secara Vertikal
Pemajangan menurut ukuran dilakukan dengan bagian paling atas paling kecil semakin kebawah semakin besar untuk barang yang sama akan tetapi berbeda ukurannya. Dengan menempatkan barang dagangan secara vertikal, kita bisa memamerkan barang dagangan lebih banyak, bisa memanfaatkan setiap jengkal ruangan, meningkatkan nilai jualnya dan juga dapat menghemat biaya.

Pelanggan dapat dengan mudah melihat klasifikasi jenis barang secara langsung dihadapannya, sebatas penglihatannya dan juga jangkauan tangan pelanggan dengan mudah menjangkau barang dagangan yang ia butuhkan. Dengan penempatan barang secara vertikal pelanggan tidak perlu mondar mandir mencari jenis dan klasifikasi barang yang dijual ditoko, penempatan barang secara vertikal ini berarti menempatkan dengan cara sebagai berikut:
1)      Menempatkan barang dari atas ke bawah secara sistimatis.
2)      Barang disusun berdasarkan ukuran, dari jenis yang terkecil sampai dengan ukuran besar ataupun sebaliknya.
3)      Disusun sesuai dengan jenis dan klasifikasinya.
4)      Harga barang diurutkan dari harga murah ke harga mahal.
5)      Warna barang disusun dari warna termuda sampai dengan warna tua atau sebaliknya.
6)      Barang disusun dari atas ke bawah atau sebaliknya sesuai dengan jenisnya, katagorinya, bentuk serta sifatnya.

b.      Secara Horizontal
Penataan secara horizontal ialah penataan barang dengan cara barang paling besar paling kiri makin ke kanan semakin kecil.

Penempatan barang secara vertikal ataupun horizontal bisa dilakukan diberbagai peralatan display, diantaranya sebagai berikut:

1)      Penempatan Barang Pada Gantungan Ganda
Biasanya gantungan ganda ini digunakan untuk kelompok berbagai macam busana seperti misalnya pakaian pria, pakaian wanita, pakaian anak anak dan bayi. Alat ini sangat praktis digunakan karena barang hanya cukup digantungkan tanpa perlu melipatnya, sehingga barang akan tetap bersih dan rapih. Keuntungan bagi pembeli ialah mudahkan dalam memilih, praktis untuk menilai karakteristik barang serta langsung dapat dipegang.

Untuk menarik perhatian para pembeli, penjual tinggal menata secara apik, tersusun dan tetap menjaga kerapihannya. Menata barang sebaiknya dimulai dari pengelompokkan, misalnya pakaian pria, ditata dimulai dari ukuran (size) besar ke ukuran kecil, warna muda ke warna yang lebih tua dan seterusnya. Untuk menjaga kebersihan dan kerapihan barang sebelum digantung terlebih dulu dilapisi atau dibungkus oleh plastik transparan.

2)      Penempatan Barang Pada Rak
Rak barang biasanya dipakai untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti misalnya sabun mandi, pasta gigi, shampo dan sebagainya. Susunan barang disusun mulai dari atas ke bawah sesuai dengan kelompok serta spesifikasinya, usahakan penataan barang memberikan kesan bahwa barang tersebut lengkap dan praktis bagi para pembeli, jagalah jangan sampai menempatkan barang terlalu bawah sehingga sulit untuk dilihat oleh pembeli dan perlakukanlah setiap barang dengan sangat baik.

Posisi Letak Barang di Toko

3.      Pemajangan Menurut Bentuk

Untuk barang-barang yang sejenis (beda merek) akan tetapi bentuknya sama akan lebih menarik jika dipajang berdekatan.

4.      Pemajangan Menurut Warna

Untuk pemajangan barang sejenis dengan ukuran serta bentuk yang sama bila akan dipajang berdekatan hendaknya selalu memperhitungkan kombinasi warna dari barang-barang tersebut sehingga akan tampak lebih menarik. Kombinasi warna yang paling dianjurkan ialah kombinasi warna pelangi.

5.      Pemajangan Menurut Desain Dasar Posisi Penampilan Produk dari Produsen

1)      Setiap barang yang diproduksi sudah didesain dengan sedemikian rupa sehingga jelas posisinya ketika dipajang di toko, baik itu dalam posisi berdiri (vertikal) ataupun dalam posisi tidur (horizontal).
2)      Setiap barang hendaknya diberi kesempatan untuk tampil serta menunjukkan penampilan tebaiknya.
3)      Petugas pemajangan barang (display) harus mempelajari bagaimana posisi terbaik bagi setiap barang sebagaimana yang dikehendaki oleh produsen.

6.      Pemajangan Barang Menurut Harga Barang

1)      Barang-barang yang harganya mahal ditempatkan di rak paling atas.
2)      Barang-barang yang harganya murah ditempatkan di rak yang paling bawah.
3)      Barang-barang yang cepat laku ditempatkan di rak bagian tengah (eye level) setinggi pandangan mata rata-rata orang.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 3.11.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...