Menyusun Display Mengikuti Standar Perusahaan

Menyusun Display Mengikuti Standar Perusahaan

Menyusun barang-barang dagangan merupakan salah satu hal yang penting, karena ini akan memberikan kesan pertama dari pengunjung toko. Oleh sebab itu, barang-barang yang dipajang didalam ruangan toko ataupun dietalase toko harus ditata dengan sedemikian rupa agar kelihatan rapi, serasi, dan menarik bagi setiap orang yang melihatnya terutama tentunya calon pembeli.

Untuk penataan barang-barang ini dibutuhkan keahlian khusus dan kreasi seni yang tinggi. Jadi, tidak semua orang bisa menatanya sendiri. Agar penataan terlihat menarik, maka perlu menyewa orang-orang yang ahli dalam dekorasi dan penataan barang atau pemajangan. Dengan harapan, hal ini dapat digunakan sebagai dasar, contoh atau acuan untuk penataan-penataan berikutnya.

Penataan barang ada baiknya setiap saat diubah agar tidak membosankan dan sebaiknya juga disesuaikan dengan keadaannya. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah bagaimana bentuk, ukuran, tempat, warna, dan perlengkapan-perlengkapan lainnya itu dipadu-padankan sehingga penataan barang-barang tersebut kelihatan rapi dan juga menarik. Yang nanti pada akhirnya akan bisa menarik pengunjung, calon pembeli atau pelanggan tertarik untuk memiliki barang-barang yang dipajang tersebut.

Barang-barang yang ditata atau dipajang dietalase atau didalam toko, sebaiknya setiap saat atau waktu-waktu tertentu diadakan perubahan agar tidak membosankan. Misalnya 2 minggu sekali, satu bulan, dua bulan ataupun paling lambat tiga bulan sekali.

Dengan perubahan letak barang maka akan membuat toko tampak lebih dinamis, sehingga akan menimbulkan kesan barang-barang yang dipajangnya baru, dengan begitu akan membuat orang lebih tertarik terutama dalam keadaan-keadaan tertentu, seperti misalnya pada saat lebaran, tahun baru, natal, dan sebagainya.

Perubahan letak barang selain untuk merubah suasana juga ditujukan untuk memperkenalkan barang-barang baru atau barang lama yang jarang sekali terlihat oleh konsumen. Barang-barang tersebut diletakkan di tempat-tempat yang strategis, sehingga bisa terlihat oleh setiap pengunjung yang datang ke toko.

Menyusun Display Mengikuti Standar Perusahaan

Sikap yang Diperlukan Saat Menjaga Display Produk

Ada beberapa sikap yang harus dimiliki pada saat menjaga sebuah display produk/barang. Sikap-sikap yang dibutuhkan saat menjaga display produk tersebut antara lain sebagai berikut:

a.      Cermat

Saat menjaga display maka yang harus dibutuhkan adalah sikap cermat, diantaranya dengan cara:
1)      Rensponsif terhadap perubahan display.
2)      Identifikasi barang dengan benar dari segi kualitas dan kuantitas.
3)      Berikan perhatian terhadap display produk.
4)      Lakukan seperti baru pertama kali.

b.      Teliti

Pelayan harus selalu teliti dalam menjaga display produk yang menjadi tanggung jawabnya. Diantaranya bisa dilakukan dengan cara:
1)      Amati dengan saksama barang yang telah ditata
2)      Perhatikan setiap proses yang dilaksanakan
3)      Periksa perubahan produk
4)      Periksa kebersihan display
5)      Periksa barang dan dokumen-dokumen barang yang ditata apakah telah dipasangkan.

c.       Bertanggung Jawab

Pelayan harus selalu bertanggung jawab dalam menjaga display produk sesuai dengan tingkat wewenangnya pada perusahaan. Di antaranya dengan:
1)      Menampung semua masukan tentang perawatan display dari supervisor atau kolega.
2)      Disalurkan kepada petugas yang berwenang di perusahaan jika diperlukan.
3)      Menata ulang kembali display jika itu diperlukan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 8.11.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...