Memelihara Keamanan dan Kebersihan Toko

Memelihara Keamanan dan Kebersihan Toko

Keamanan dan juga kebersihan lingkungan toko tempat bekerja, sangatlah penting. Keamanan dan kebersihan lingkungan toko perlu dipelihara serta dijaga setiap saat agar para karyawan toko merasa betah, senang, kerasan, serta lebih meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja. Keamanan dan juga kebersihan tempat bekerja yang baik dan teratur, bukan saja akan menimbulkan perasaan senang para pekerja, melainkan juga akan menimbulkan rasa senang para konsumen/langanan/pembeli.

Untuk menjaga kebersihan toko tempat bekerja, maka bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara, diantaranya yaitu:
1)      Pakaian seragam pramuniaga/karyawan toko harus serasi dan bersih.
2)      Menyediakan alat-alat kebersihan, seperti kain pel, sapu, dan alat penghisap debu lantai.
3)      Setiap saat, setiap hari, sebelum toko dibuka, perlu dipel terlebih dahulu oleh para petugas kebersihan.
4)      Bak sampah jangan sampai isinya penuh dan membludak keluar.
5)      Menyediakan kamar kecil (WC, Toilet).
6)      Menyediakan alat-alat penyegar ruangan toko.
7)      Pada setiap dinding toko yang strategis dibuat tulisan “Buanglah sampah pada tempatnya”.

Selain kebersihan, keamanan barang yang dipajang secara display juga perlu diatur dengan sedemikian rupa, ditata dengan rapi dan dijaga keamanannya. Agar barang dagangan yang dipajang aman secara efektif dan efisien maka pengaturannya bisa dilakukan sebagai berikut:
1)      Para pramuniaga harus teliti dan mengawasi secara seksama, agar barang-barang yang dipajang tidak dicuri orang yang masuk ke dalam toko.
2)      Harus ada ruangan khusus untuk petugas keamanan.
3)      Barang dagangan yang cepat rusak disimpan ditempat khusus.
4)      Barang dagangan harus disimpan berdasarkan golongan atau pengelompokan.
5)      Barang dagangan yang berharga harus disimpan di dalam lemari berkaca tebal secara tertutup.

Suasana dan keadaan lingkungan toko tempat bekerja apabila selamanya bersih dan harum, maka akan menimbulkan perasaan nyaman bagi semua pihak yang berkunjung ke toko tersebut. Keindahan lingkungan toko bukan saja harus selalu bersih, namun juga harus asri, indah, rimbun, rindang, dan sejuk misalnya ditempat parkir, karena halaman parkir kendaraan selain luas juga perlu penuh dengan pepohonan. Begitu juga dengan keamanannya harus bisa menjamin keselamatan baik itu bagi karyawan/pekerja toko maupun juga untuk para pengunjung toko tersebut. Untuk menjamin keselamatan para pembeli atau para pengunjung, baik itu diluar maupun didalam toko, pengelola usaha toko harus berusaha dan mengusahakan beberapa hal berikut ini:
1)      Adanya pos atau kamar keamanan yang dijaga Satpam.
2)      Adanya alat-alat pemadam kebakaran.
3)      Dibuatkan pintu darurat, untuk berjaga-jaga jika ada kebakaran.
4)      Memasang kamera TV (closed circuit).
5)      Memasang alarm keamanan.
6)      Memasang cermin di setiap dinding atau sudut.

Memelihara Keamanan dan Kebersihan Toko

Dalam menjaga keamanan barang dagangan yang dipajang di toko-toko besar, sudah barang tentu pengamanannya menggunakan alat-alat modern, antara lain diantaranya yaitu:

1)      Label Elektronik

Sistem label elektronik ini dipasang pada pintu keluar toko yang melindungi label khusus yang dipasang pada barang dagangan, apabila barang dagangan yang bersangkutan tercuri dan dibawa keluar toko maka secara otomatis alarm akan berbunyi.

2)      Kamera

Secara umum terdapat 3 (tiga) jenis kamera, antara lain yaitu:

a)      Kamera hidup
Kamera hidup biasanya dipasang pada dinding atau plafon toko yang terlihat oleh semua orang yang berbelanja dan juga oleh karyawan toko. Perangkat kamera ini bisa diam dan bisa berputar, sementara monitornya berupa televisi yang terdapat di ruangan kantor manajer toko yang bisa melihat grak gerik orang yang sedang berbelanja.

b)      Kamera Tersembunyi
Kamera ini tersembunyi dihubungkan dengan VCR. Sistem ini dikhususkan untuk meneliti area toko, dimana pencurian bisa terjadi. Apabila terjadi suatu pencurian, maka rekaman bisa diputar kembali setiap saat yang bisa memperlihatkan jalannya pencurian barang yang bersangkutan tersebut.

c)      Dummy Kamera
Dummy kamera ini harganya tidak terlalu mahal dan bisa digunakan di toko kecil, kamera ini semata-mata hanya merupakan kamera bohong-bohongan. Fungsinya agar tidak ada orang yang berani mencuri barang dagangan yang dipajang.

3)     Sighn Pemberitahuan

Sighn pemberitahuan ialah pengumuman tertulis yang dicantumkan dengan jelas, bahwa ditoko ditempat berbelanja tersebut terdapat devisi keamanan untuk para pengunjung.

4)      Cermin

Cermin yang dipasang diberbagai lokasi toko adalah bentuk pengawasan terhadap pencuri barang dagangan. Toko dapat dilengkapi dengan cermin yang membujur sepanjang dinding dan plafond, sehingga para pramuniaga atau petugas toko bisa melihat dari jarak jauh diberbagai sudut area toko.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 10.11.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...