Keterampilan-Keterampilan Manajemen

Keterampilan-Keterampilan Manajemen

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa manajer mempunyai beraneka ragam pekerjaan dan aktivitas yang sangat kompleks. Oleh karena itu untuk menjalankan aktivitas-aktivitas tersebut diperlukan keterampillan-keterampilan tertentu. Lalu keterampilan seperti apa yang diperlukan atau dibutuhkan oleh seorang manajer untuk “melakukan” manajemen?

Penelitian yang dilaksanakan oleh Robert L. Katz menyatakan bahwa setidaknya manajer membutuhkan empat keahlian atau keterampilan yang hakiki, antara lain yaitu Keterampilan Teknis, keterampilan Administratif, keterampilan Manusiawi, dan dan keterampilan Konseptual. Robert L. Katz juga menyebutkan bahwa setiap keterampilan tersebut mempunyai kepentingan relatif terhadap tingkatan manajemen dalam organisasi. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Keterampilan-Keterampilan Manajerial

1)      Keterampilan Teknis (Techinical Skills)

Ketermpilan teknis yaitu kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, teknik, prosedur, atau metode dari suatu bidang tertentu, seperti misalnya produksi, penjualan, akuntansi, dan lain sebagainya.

2)      Keterampilan Administratif (Administrative Skills)

Keterampilan administratif adalah kemampuan yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan juga pengawasan. Kemampuan administratif ini harus dimiliki oleh setiap manajer agar mampu mengikuti kebijaksanaan dan prosedur, seerta mengelola dengan anggaran yang terbatas. Keterampilan adminsitratif ini adalah perluasan dari keterampilan konseptual, dimana manajer melakukan keputusan melalui penggunaan keterampilan administratifnya.

3)      Keterampilan Manusiawi (Human Skills)

Keterampilan mausiawi adalah kemampuan untuk bekerja dengan anggota, memahaminya, dan memotivasi orang lain, baik itu sebagai indvidu ataupun kelompok. Manajer memerlukan keterampilan manusiawi ini untuk memperoleh kecintaan dan partisipasi dari seluruh anggota organisasi yang ada.

4)      Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)

Keterampilan konseptual yaitu kemampuan mental untuk mengkoordinasikan serta mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi. Hal ini mencakup keahlian manajer untuk melihat secara holistik antara bagian yang saling bergantung, memperoleh, menganalisa, serta menginterpretasikan seluruh informasi yang diterima dari berbagai macam sumber. Semakin tinggi tingkatan manajemen, maka kemampuan konseptual ini sangat dibutuhkan.

Bagaimana Manajer Menggunakan Waktunya?

Pada penjelasan sebelumnya sudah dikemukakan bahwa manajer menggunakan usaha, waktu, dan energinya untuk melakukan interaksi dengan orang lain, baik itu dari dalam maupun dari luar organisasi, yang mencakup pelanggan, atasan, supplier, bawahan, pemerintah, pemuka masyarakat, dan pihak-pihak lainnya.

T.A. Mahoney, T. H. Jerdee dan S.J. Carroll sudah melaksanakan penelitian terhadap 452 manajer dari seluruh tingkatan manajemen yang bekerja pada 13 perusahaan dari berbagai industri yang besarnya sangat bervariasi, mulai dari perusahaan yang terdiri dari 100 karyawan sampai dengan yang terdiri dari 4.000 karyawan. Mereka mengukur perilaku manajemennya dalam hal banyaknya waktu yang diberikan oleh seorang manajer untuk melaksanakan aktivitasnya.

Manajer-manajer yang menjadi objek penelitian tersebut lalu diminta untuk memperkirakan banyaknya waktu yang dihabiskan atau diluangkan untuk setiap tugas dari 8 (delapan) tugas manajemen yang diberikan. Lalu hasillnya diperoleh seperti pada tabel berikut ini:

Bagaimana Manajer Menggunakan Waktunya

Tabel Presentase Hari Kerja yang Dipergunakan Manajer Pada berbagai Macam Tugas

Lalu dalam gambar dibawah ini juga akan diperlihatkan persentase waktu manajerial yang memperlihatkan perbedaan penggunaan waktu dari tingkatan manajemen yang juga berbeda.

Bagaimana Manajer Menggunakan Waktunya

Gambar Bagaimana Tingkatan Manajemen Mempergunakan Waktunya

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 26.11.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...