8 Elemen Lingkungan Organisasi

8 Elemen Lingkungan Organisasi

Organisasi bisnis terdiri dari dua kata yaitu organisasi dan bisnis. Bisnis sendiri adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang didalam bidang perindustrian. Sedangkan organisasi merujuk pada kumpulan orang dan kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Lingkungan suatu organisasi tidak akan sama dengan lingkungan organisasi lainnya. Akan tetapi pada dasarnya ada 8 (delapan) elemen lingkungan yang memberikan pengaruh baik langsung maupun tidak langsung kepada organisasi atau perusahaan, antara lain yaitu:

1)      Pemasok, pemasok ini sebagai penyedia bahan-bahan material, mesin, jasa serta informasi yang dipakai oleh oranisasi/perusahaan untuk memproduksi suatu barang dan jasa.
2)      Pelanggan atau konsumen, yaitu para pemakai produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
3)      Serikat pekerja, yaitu sebuah organisasi bagi para tenaga kerja terampil maupun para tenaga kerja tidak terampil.
4)      Pemegang Saham, adalah orang-orang yang menanamkan modalnya di perusahaan serta mewakili tingkatan manajemen tertinggi.
5)      Masyarakat keuangan, yaitu terdiri dari lemabga-lembaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi organisasi/perusahaan, misalnya seperti bank ataupun lembaga-lembaga peminjaman lainnya.
6)      Pemerintah, baik itu pemerintah tingkat daerah, tingkat pusat, maupun tingkat internasional yang memberikan kendala-kendala ataupu batasan-batasan dalam bentuk peraturan, maupun dalam bentuk bantuan berupa dana, jasa, dan informasi.
7)      Pesaing, yaitu mencakup seluruh organisasi/perusahaan yang bersaing dengan perusahaan di pasar untuk memperebutkan konsumen.
8)      Masyarakat Global, yaitu wilayah geografis tempat perusahaan ataupun organisasi melaksanakan tanggung jawabnya dengan selalu memperhatikan lingkungan alam, menyediakan produk dan jasa yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta beroperasi dengan penuh etika dan moralitas.

8 Elemen Lingkungan Organisasi

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 20.11.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...