Syarat-Syarat dalam Memilih Merek dan Pentingnya Merek

Syarat-Syarat dalam Memilih Merek dan Pentingnya Merek

Setiap perusahaan pasti akan selalu memperhatikan dan mempertimbangkan merk produknya, dimana merek ini adalah sebagai identitas, taraf mutu, mencegah peniruan dan mempermudah konsumen dalam pencarian produk. Merek produk ini akan menolong para penjual dalam memasarkan produknya, merk juga merupakan sales promotion, memberikan dorongan kepada konsumen untuk melakukan pembelian serta melindungi adanya pemalsuan atau peniruan.

Selain merek, ciri lain yang harus dipahami oleh setiap penjual ialah label, label ialah merupakan informasi tertulis mengenai produk atau mengenai penjualannya, sementara keterangan lain mengenai produk bisa dilihat dari kemasan produk itu sendiri.

a.      Merek Dagang

Merek dagang ialah sebuah nama, istilah, desain, tanda symbol atau kombinasi dari semuanya. Merek dagang ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk mupun jasa dari seorang penjual atau kelompok penjual serta untuk membedakannya dari produk atau jasa pesaing. Berikut ini adalah istilah-istilah dalam merek dangan:

Nama Merek : yaitu bagian dari suatu merek yang bisa dihapalkan atau diucapkan, contohnya seperti Yamaha, Sunsilk, Honda, Sony dan lain sebagainya.

Tanda Merek : yaitu bagian dari suatu merek yang bisa dikenali akan tetapi tidak bisa dilafalkan seperti suatu symbol, desain atau semacamnya. Contohnya seperti: kuda laut untuk Pertamina, singa untuk perusahaan film dan lain sebagainya.

Merek Dagang : yaitu merek atau bagian dari suatu merek yang memperoleh perlindungan hukum karena mampu untuk mendapatkan hak secara eksklusif. Sebuah merek melindungi eksklusif si penjual untuk menggunakan nama merek ataupun tanda merek.

Hak Cipta : yaitu hak sah eksklusif untuk memproduksi, menerbitkan, serta menjual bahan bentuk tulisan, musik ataupun karya seni.

Dengan brand/cap/merek tersebut perusahaan mengharapkan supaya konsumen memiliki kesan positif pada barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Syarat-Syarat dalam Memilih Merek

b.      Syarat-Syarat untuk Memilih Merek / Cap

Bagaimanapun merek/cap yang sudah dipilih memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kelancaran penjualan, oleh karena itu setiap perusahaan hendaknya bisa menetapkan merek/cap yang bisa menimbulkan kesan positif pada produknya. Adapun sejumlah syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam memilih merek/cap yaitu:
1)      Menimbulkan kesan positif.
2)      Mudah diingat.
3)      Memilih cirri khas sendiri.
4)      Tepat untuk promosi.
5)      Bisa didaftarkan dan dilindungi hak patent.

c.       Pentingnya Merek / Cap

Bagi perusahaan, mencantumkan sebuah merek atas setiap produk yang dihasilkan mempunyai fungsi atau kegunaan, yang antara lain yaitu: mempermudah konsumen dalam mengidentifikasi produk atau jasa yang bisa memenuhi kebutuhannya. Merek/cap juga bisa membuat pembeli yakin akan mendapatkan kualitas barang yang sama apabila mereka membeli ulang barang yang bersangkutan. Akan tetapi bagi seorang penjual pentingnya merek/cap merupakan suatu yang bisa diiklankan serta akan dikenali oleh konsumen apabila sedang dipajang di etalase toko.

Merek/cap ini secara tidak langsung membantu penjual dalam mengendalikan pasar, karena para pembeli atau konsumen pada dasarnya tidak mau dibuat bingung oleh produk yang satu dengan produk yang lain. Merek/cap dapat mengurangi perbandingan harga dari dua macam barang dengan merek/cap yang berbeda. Bagi para penjual, merk/cap bisa menambah prestise tersendiri untuk dibedakan dari komoditi-komoditi biasa lainnya.

d.      Kebijaksanaan dan Strategi Merek

Pada dasarnya setiap produsen mempunyai sejumlah kebijakan dan strategi dalam menentukan merek/cap dari setiap produk yang dihasilkannya, antara lain yaitu:

1)      Memakai Merek/Cap Sendiri
Umumnya perusahaan yang memasarkan produk dengan memakai merek/cap sendiri biasanya tergolong kedalam perusahaan besar, kuat posisi keuangannya serta teratur manajemennya. Perusahaan tersebut telah mempunyai jajaran atau barisan produk yang luas, system distribusi yang sudah mapan serta mempunyai bagian pasar (market share) yang besar.

2)      Menjual/Produk dengan Memakai Merek/Cap Para Pialang (Distributor, Pedangan Besar)
Pemasaran produk yang dihasilkan dibawah merek/cap para pialang adalah merupakan salah satu strategi yang paling banyak digunakan oleh para produsen. Penggunaan strategi ini bisa meningkatkan volume penjualan dan juga laba.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 4.10.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...