Proses Dalam Pembuatan Desain Produk

Proses Dalam Pembuatan Desain Produk

Desain Produk adalah suatu gatra dan usaha-usaha untuk menentukan sejenis produk/barang/jasa yang sesuai dengan keinginan para konsumen. Desain atau gatra ialah merupakan wujud lahiriah yang tampak mengenai line (garis), form (bentuk) dan colour (warna). Adapun proses dalam pembuatan desain produk (gatra produk), antara lain yaitu sebagai berikut:

a.      Faktor Teknis

Faktor teknis dapat menentukan:
1)      Kualitas produk yang diinginkan.
2)      Bahan-bahan yang akan dipergunakan.
3)      Jumlah produk yang akan diproduser.
4)      Struktur produksinya:
(1)   Prosesnya harus fleksibel
(2)   Prosesnya harus berubah-ubah
(3)   Prosesnya harus permanen

b.      Faktor Ekonomis

Biaya-biaya dalam proses produksi harus dibuat seekonomis mungkin atau sehemat mungkin. Dalam artian apakah benar produk desain tersebut disukai oleh para konsumen? apakah produk desain tersebut belum dirancang oleh perusahaan lainnya? Untuk menjawab petanyaan-pertanyaan tersebut, terdapat 4 (empat) cara pendekatannya, antara lain yaitu:

1)      Dengan Proses Empiris

Proses empiris ini tujuannya ialah untuk menemukan produk desain yang baru dengan mengadakan survai mengenai keinginan dan kesukaan para konsumen terhadap produk desain yang dibuat.

2)      Dengan Proses Intuisi

Proses intuisi ini bertujuan untuk menemukan produk desain yang baru dengan cara mengandalkan falsafat dan firasat pribadi, tanpa adanya survai dengan selera dan keinginan terhadap konsumen.

3)      Dengan Proses Dialektika

Proses dialektika bertujuan untuk menemukan atribut produk desain baru yang memiliki nilai tertentu dan yang sudah dikenal oleh para konsumen.

4)      Dengan Proses Tatatangga Urutan Kebutuhan

Proses tatatangga urutan kebutuhan ialah merupakan ukuran kebutuhan pasaran produk desain baru yang sudah siap untuk dipasarkan bagi pemenuhan kebutuhan dan keinginan para konsumen.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 13.10.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...