Penggolongan Barang Menurut Tujuan Penggunaannya

Penggolongan Barang Menurut Tujuan Penggunaannya

Penggolongan barang menurut tujuan penggunaan atau pemakaiannya banyak digunakan karena dirasa sangat praktis. Untuk keperluan analisa dan pembahasan selanjutnya kita akan menggunakan penggolongan ini. Menurut tujuan penggunaannya barang digolongkan ke dalam dua golongan, antara lain yaitu:

a.      Barang Industri (Industrial Goods)

Barang industri (industrial goods) adalah barang yang dibeli untuk diproses kembali maupun untuk kepentingan dalam industri. Jadi kalangan pembeli barang industri ini ialah perusahaan, lembaga atau organisasi termasuk juga organisasi non laba. Menurut golongannya barang industri bisa dibedakan dalam golongan besar, antara lain yaitu:
1)      Mayor equipment (peralatan besar/utama)
2)      Minor/accessory equipment (peralatan ekstra)
3)      Fabricating or component parts (lomponen/barang setengah jadi)
4)      Bahan baku
5)      Bahan-bahan proses
6)      Perlengkapan pengerak

Ciri-Ciri Industrial Goods

Berikut ini adalah beberapa ciri dari barang industri (industrial goods):
1)      Pasarannya sempit sehingga pembeli tidak sebanyak consumer goods.
2)      Harganya relatif tinggi.
3)      Keputusan untuk membeli tidak bisa langsung diambil karena setiap keputusan harus diambil berdasarkan suatu rapat direksi.
4)      Produsen lebih condong untuk membeli langsung dari penjual ataupun producer lainnya. Kontak langsung antara pembeli dan penjual sangat diperlukan karena hal tersebut memungkinkan untuk penjual membantu pembeli untuk membentuk, mengetahui spesifikasi, serta modifikasi yang langsung dibutuhkan.
5)      Dibeli atas dasar quality dan spesifikasi teknik yang menarik bukan atas dasar merk ataupun prestise pembeli biasanya memiliki integritas yang tinggi.
6)      Harus ada after sales service.

Penggolongan Barang Menurut Tujuan Penggunaannya

b.      Barang Konsumsi (Consumer Goods)

Barang konsumsi (consumer goods) adalah barang-barang untuk dikonsumsikan atau digunakan sendiri oleh anggota keluarganya. Pembelian ini didasarkan atas kebiasaan membeli dari konsumen itu sendiri. Jadi pembeli barang konsumsi ini ialah pembeli atau konsumen akhir, bukannya pemakai industri, karena barang-barang tersebut hanya akan dipakai sendiri (termasuk diberikan kepada orang lain) tidak diproses lagi. Barang konsumsi (consumer goods) bisa dibedakan menjadi 4 (empat) golongan, antara lain yaitu:
(1)   Convenience Goods (Barang-barang kebutuhanh sendiri)
(2)   Specialy Goods (Barang-barang istimewa)
(3)   Shopping Goods (Barang-barang yang dipilih-pilih)
(4)   Unsought Goods (Barang-barang yang tidak dicari)

Menggolongkan Barang-Barang

Pengaturan barang-barang perlu disusun dan ditata dengan sebaik-baik dan serapi-rapinya. Kegiatan-kegiatan didalam mengatur barang dagangan bisa dilakukan dengan menata barang, dalam menggolongkan barang-barang dagangan bisa dilakukan dengan cara:
1)      Pengelompokan barang-barang kebutuhan konsumen
2)      Pengelompokan berdasarkan merek barang yang sama
3)      Pengelompokan berdasarkan pengguanaannya barang
4)      Pengelompokan berdasarkan ukuran barang

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 17.10.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...