Pengertian Promosi dan Keuntungan dan Kerugian Promosi

Pengertian Promosi dan Keuntungan dan Kerugian Promosi

Promosi adalah kegiatan dalam bidang pemasaran barang dan jasa yang bertujuan untuk mengingatkan serta meningkatkan omzet penjualan suatu barang atau jasa. Dengan kata lain, promosi ialah salah satu cara untuk memperkenalkan barang ataupun gagasan yang dibiayai oleh sponsor dalam rangka untuk menarik calon konsumen agar mereka mau untuk melakukan sebuah pembelian.

Sementara itu timbulnya promosi merupakan sebagai akibat adanya buyer’s market, yaitu barang-barang produksi perusahaan yalng mencari para pembeli. Sehingga dengan adanya promosi ini itu berarti perusahaan berusaha untuk mengerahkan dan menarik para konsumen agar mau melakukan pembelian terhadap barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan.

Perusahaan modern mengelola suatu system komunikasi pemasaran yang kompleks. Perusahaan berkomunikasi dengan perantaranya, pelanggan dan publik. Konsumen berhubungan dalam komunikasi mulut ke mulut dengan konsumen lain dan publik. Sementara itu setiap kelompok memberikan timbal balik komunikasi kepada kelompok lainnya.

Bauran-bauran promosi terdiri atas lima kiat utama, yaitu sebagai berikut:
1)      Periklanan: yaitu seluruh bentuk presentase nonpersonal dan promosi ide, barang ataupun jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan memperoleh bayaran.
2)      Pemasaran Langsung: yaitu penggunaanh telepon, surat, dan alat penghubung, nonpersonal lainnya yang digunakan untuk berkomunikasi dangan atau mendapatkankan respon dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu.
3)      Penjualan Personal: yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih dengan calon pembeli yang bertujuan melakukan penjualan.
4)      Promosi Penjualan: yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau melakukan pembelian produk barang atau jasa.
5)      Hubungan Masyarakat dan Publisitas: yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra peruasahaan maupun produk individualnya.

Pengertian Promosi dan Keuntungan dan Kerugian Promosi

Keuntungan dan Kerugian Promosi

Kegiatan promosi yang sejalan dengan rencana pemasaran dan dapat dijalankan dengan baik, sudah jelas tentu bisa meningkatkan penjualan produk perusahaan. Dari penjelasan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa pengertian promosi itu adalah membujuk dan juga mengarahkan konsumen, agar mau mewujudkan dan menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Atau dengan kata lain promosi adalah memperkenalkan produk untuk meyakinkan serta mengingatkan kembali manfaat produk kepada para pembeli agar mereka mau membeli produk tersebut.

Agar bauran promosi (promotional mix) bisa mencapai tujuan secara optimal, maka perlu dipertimbangkan beberapa faktor, antara lain yaitu:
a)      Besarnya jumlah biaya yang disediakan untuk kegiatan promosi.
b)      Jenis dan sifat produk yang dipasarkan.
c)      Luasnya pasar dan konsentrasi pasar yang ada.
d)      Siklus usaha atau daur hidup produk (product life cycle)

Dari penjelasan masalah promosi tersebut, maka bisa diambil kesimpulan bahwa tujuan dari promosi adalah sebagai berikut:
a)      Memberitahu pasar yang dituju tentang penawaaran produk.
b)      Membujuk masyarakat konsumen, agar menyenangi, dan mendorong pembelian.
c)      Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen.
d)      Mengingatkan masyarakat konsumen akan manfaat produk.
e)      Mempertahankan merek produk perusahaan.

Sementara itu keuntungan dari promosi secara umum ialah dapat mempengaruhi tingkat penjualan, sehingga keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan bisa meningkat. Sedangkan keuntungan promosi secara khusus ialah peromsi merupakan alat informasi dalam memperkenalkan produk-produk peruahaan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 5.10.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...