Menata Produk Sesuai Perencanaan

Menata Produk Sesuai Perencanaan

Setiap barang-barang yang datang dari gudang ataupun barang baru untuk dijual, setelah diadakan pemeriksaan jumlahnya, kartu harga, dan harganya, haruslah diatur serta ditata dengan sebaik-baiknya. Disamping harus mengatur barang dagangan di toko dengan rapih, seorang pengelola toko harus bisa mengatur ruangan (layout).

Mengatur ruangan toko merupakan persyaratan yang sangat penting, hal ini karena ruangan toko yang menarik, akan membuat para pembeli atau pengunjung toko merasa betah dan senang hati dalam berbelanja. Hal-hal yang perlu untuk diperhatikan dalam mengatur dan menata ruangan toko ialah sebagai berikut:

1)      Mengatur Hiasan Ruangan Toko

Dalam mengatur hiasan ruangan toko bisa dilakukan, hal-hal berikut ini:
a)      Meletakan pot-pot bunga hiasan yang tepat letaknya/posisinya.
b)      Brosur-brosur perlu disusun dengan baik dan menarik perhatian konsumen.
c)      Menyusun barang-barang dagangan dalam lemari pajangan yang sangat menarik, serasi dan juga harmonis.

2)      Mengatur Peralatan Toko

Dalam ruangan toko perlu diatur peralatan-peralatan toko. Dalam menempatkan peralatan toko tersebut seorang pengelola toko perlu memperhatikan hal-hal berikut:
a)      Penerangan ruangan
b)      Keindahan dalam ruangan
c)      Kesegaran udara dalam ruangan
d)      Kesehatan barang dagangan
e)      Keamanan barang dagangan

Perencanaan toko dan tata letak (layout) toko merupakan sebuah seni pakai (applied Art, atau seni murni/pure art). Di dalam mendesain toko dituntut koordinasi dari semua komponen dari mulai struktur ruang (dinding, lantai, ceiling/atap) arsitektur dan interior desainnya serta konsumen. Mendesain toko adalah investasi jangka panjang yang bertujuan untuk mencapai target penjualan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 27.10.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...