JENIS DAN KUALITAS PRODUK

JENIS DAN KUALITAS PRODUK

Setiap perusahaan dalam mengembangkan produknya diharuskan untuk menentukan dan mempertimbangkan kualitas produknya. Dengan adanya kualitas produk yang baik serta bisa dipertanggung-jawabkan akan membawa perusahaan kearah keuntungan dan kemajuan.

Kualitas produk ditentukan oleh daya tarik produk, bahan-bahan yang baik, teknik pembuatannya, keahlian dalam pembuatannya, dan adanya spesifikasi. Untuk dapat menjamin kualitas produk, maka setiap perusahaan harus mengadakan pengawasan dan pengujian secara statistik serta inspeksi produk secara terpadu.

Pengawasan bisa dilakukan dengan membandingkan kualitas dan standar produk melalui pengetesan dialam laboratorium perusahaan. Dengan kata lain bahwa salah satu faktor yang merupakan ciri dalam menentukan kualitas suatu produk ialah adanya gatra dan produk yang bersangkutan. Kualitas produk merupakan salah satu dari alat utama untuk menentukan ataupun mencapai posisi produk yang bersangkutan.

Kualitas ini menyatakan tingkat kemampuan dari suatu merk ataupun produk dalam melakukan fungsinya. Kualitas menunjukkan ukuran tahan lama produk yang bersangkutan, serta bisa dipercayainya produk tersebut. Ketetapan produk mudah dioperasikan, mudah dalm pemeliharaannya, serta atribut lainnya.

Kebanyakan produk disediakan dalam 4 (empat) kualitas, antara lain yaitu kualitas rendah, kualitas sedang, kualitas baik dan kualitas tinggi. Sementara menurut pertimbangan tingkat harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat maka strategi kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan harus juga mempertimbangkan konsumen yang dituju serta waktu penggunaan produknya.

Jenis dan Kualitas Produk

Dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas produk, setiap perusahaan harus melaksanakan berbagai strategi, antara lain yaitu:

a.       Penyempurnaan Kualitas

Penyempurnaan kualitas ditujukan untuk meningkatkan faedah atau manfaat fungsional produk dan termasuk masalah dalam keawetan produk, kecepatan serta citarasanya.

b.      Penyempurnaan Ciri Khas Produk

Strategi penentu kualitas ini, ialah ditujukan untuk menambah ciri khas produk tertentu yang bisa meningkatkan keserbagunaan, keselamatan, pendayagunaan, dan kenyamanan pemakainya produk.

c.       Perteknikan

Strategi perteknikan bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas produk. Strategi perteknikan ini bisa meningkatkan ciri keselamatan cara pemakaian produk yang bersangkutan.

d.      Keanekaragaman

Strategi keanekaragaman ini bisa digunakan untuk keanekaragaman produk dan pendayagunaan produk untuk kepentingan konsumen.

e.       Penyempurnaan Corak

Strategi penyempurnaan corak ditujukan untuk perbaikan corak (style) produk, agar memiliki daya tarik estetika yang menarik bagi kepentingan para konsumen.

f.       Pernayataan Kualitas Produk

Pernyataan kualitas produk bisa dinyatakan dalam:
1)      Keterangan produk yang sudah dikenal konsumen misalnya “Prima” dan “Superior”.
2)      Dengan menyebutkan asalnya, misalnya “Timah Bangka”.
3)      Menyebutkan istilah, misalnya untuk karet “Smoked sheet” dan untuk kopra “Molukkeen mixed”.

Cara pengklasifiaksian produk yang berdasarkan jenis dan kualitas produk ialah cara pengklasifiaksian yang lebih banyak dikenal orang.

1)      Jenis komoditi garmen (bahan jadi)
(1)   Kualitas I, sesuai standar ekspor.
(2)   Kualitas II, memenuhi standar produksi dalam negeri.

2)      Jenis komoditi tinta printer
(1)   Kualitas I, sesuai dengan standar pabrik komputer/printer.
(2)   Kualitas II, subtitusi dari pabrik lain.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 13.10.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...