Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Data Pesanan Konsumen

Data Pesanan Konsumen

Data pesanan konsumen terhadap barang dan jasa sangatlah penting. Data pesanan konsumen terhadap barang-barang dan jasa ini bisa didapatkan dari:

a.       Para Wiraniaga atau Petugas Penjualan atau Pemasaran

Data pesanan konsumen terhadap barang dan jasa kebutuhannya, bisa diperoleh dari para wiraniaga, petugas penjualan, serta petugas pemasaran. Biasanya mereka berhasil mendapatkan banyak data pesanan dari para konsumen dari berbagai daerah.

b.      Konsumen Datang Sendiri

Para konsumen tertentu saja banyak yang datang sendiri ke perusahaan ataupun toko untuk memesan langsung terhadap barang dan jasa yang dibutuhkannya. Para konsumen yang memesan barang dan jasa yang datang sendiri adalah karena:
1)      Pesanan barang-barangnya dalam partai kecil.
2)      Konsumen merupakan langganan baru.
3)      Merundingkan hal-hal khusus, sebelum memesan barang atau jasa.
4)      Rumahnya dekat dengan perusahaan atau toko.
5)      Meminta keterangan mengenai produk tentang pembayarannya dan penyerahan produk.

c.       Pesanan Melalui Surat

Surat dari konsumen yang ditujukan kepada perusahaan ataupun toko merupakan data pesanan terhadap barang dan jasa. Selain surat-surat pesanan yang dikirimkan melalui surat kilat khusus, surat tercatat, maupun surat biasa, pesanan barang dan jasa sekarang bisa juga menggunakan: Telegram, Radiogram, Telecopy, Telex, Faximile, Internet, dan sebagainya.

d.      Pesanan Melalui Telepon

Pesanan para konsumen terhadap kebutuhan barang dan jasa yang paling cepat ialah dengan melalui telepon.

e.       Pesanan Melalui Jasa Pihak Ketiga

Pesanan konsumen terhadap kebutuhan barang dan jasa bisa juga melalui jasa pihak ketiga. Perantara tersebut datang sendiri kepada para konsumen, ataupun mengirim surat pesanan, menelepon, dan lain sebagainya.

Posting Komentar untuk "Data Pesanan Konsumen"