5 ELEMEN DESAIN TOKO

5 ELEMEN DESAIN TOKO

Terdapat lima (5) elemen di dalam desain ruang toko atau retail yang penting untuk dikelola agar membuat lingkungan belanja yang berkesan. Kelimanya itu ialah display, signage, graphics, merchandising, dan point of sale.

1.      Display

Sebuah display diharapkan bisa memicu resapan emosional tertentu dalam sekilas pandang. Display produk yang tertangkap langsung dari arah luar, bisa membangun kesan pertama yang memancing orang/konsumen untuk masuk ke dalam toko, merasa nyaman didalamnya, dan akhirnya membeli produk. Oleh sebab itu display sebaiknya menghindari penampilan yang berlebihan, melainkan harus fokus pada item-item produk seperti misalnya item best seller yang diyakini paling memancing keinginan konsumen untuk membeli.

2.      Signage

Elemen kedua adalah signage. Elemen ini berhubungan dengan tampilan gambar atau logo, warna, tulisan, serta pencahayaan. Kita dapat melihatnya sebagai media dibagian luar toko yang menampilkan nama perusahaan atau brand produk tertentu yang dijual didalam toko. Untuk brand besar yang sudah mempunyai nama, terkadang cukup dengan penonjolan signage brand-nya yang identik dibagian luar orang-orang yang melihat pun cenderung akan terpancing untuk masuk ke dalam.

3.      Graphichs

Memperhatikan unsur-unsur grafis sebagai elemen ketiga sangatlah bermanfaat, yang bertujuan agar suatu brand lebih mudah dan cepat diingat oleh konsumen. Oleh karena itu pihak desainer harus bekerjasama dengan pihak advertising ataupun desain grafis untuk menciptakan tampilan grafis disuatu toko sebagai kekuatan visual yang memikat sekaligus juga tetap informatif terhadap produk yang dijual. Penonjolan produk utama sebagai materi grafis diyakini akan semakin menagaskan daya tarik produk sebagi fokus setiap shop environment.

Untuk menampilkan display yang langsung berkesan (first impression) dimata konsumen, dari sisi luar harus diperhatikan desain dari shop window (jendela toko) sebagai perantara visualnya. Beberapa ritel ternama memunculkan jendela yang memperlihatkan secuplik produk sebagai bagian dari isi yang ingin dikedepankan ritel tersebut, dan sebagian ritel lainnya lagi malah memunculkan keseluruhan isi merchandise yang didisplay.

5 Elemen Desain Toko

4.      Merchandising

Elemen keempat pada desain ruang toko atau retail ialah merchandising, pengelolaan barang dagangan, keputusan retailer untuk menjual barang tertentu, khusus, unik, atau bahkan barang umum didalam tokonya akan sangat berpengaruh pada konsep desain toko tersebut. Elemen terakhir, pentingnya keberadaan sebuah sistem point of sale (POS) sebagai satu sistem perangkat teknologi yang merespons berbagai tuntutan praktis dari setiap transaksi. Elemen yang berada diarea kasir ini terdiri atas layar monitor, scanner, keyboard, cash drawer, tempat menggesekkan kartu kredit dan debet, dan sebagainya.

5.      Point of Sale

Hal paling sulit dalam mendesain toko ialah menarik minat konsumen baru, sambil tetap memperhatikan dan mempertahankan konsumen lama. Oleh karena itu, satu proses yang krusial dalam tahap pradesain ialah identifikasi pasar, siapa serta bagaimana konsumen itu sebenarnya. Tujuannya adalah agar desain tetap up to date, tepat, dan sesuai dengan target konsumen. Pengetahuan desainer mengenai branding dan strategi marketing yang diprogramkan menjadi keharusan yang lainnya. Harapannya adalah imege produk terkomunikasikan secara efektif kepada konsumen lewat desain ruang retail yang tercipta. Atau sebaliknya, estetika desain ruang ritel tetap serasi dengan nilai serta karakter produk yang dijual didalamnya.

Tata interior toko sebagai lingkungan tidak boleh terlalu mendominasi, melainkan secara keseluruhan harus tampil sebagai alat komunikasi informatif yang melengkapi serta mendukung promosi dan penjualan produk-produk yang dipajang didalamnya. Dalam hal ini, penting menampilkan shop environment yang mendidik dan menghibur. Apalagi persepsi berbelanja saat ini lebih mengarah kepada entertainment.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 13.10.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...