3 JENIS LABEL

3 JENIS LABEL

Kesadaran para konsumen terhadap produk yang akan dibeli semakin lama makin tinggi, seiring dengan meningkatnya peranan media serta proses edukasi produk oleh para produsen. Kasus keracunan makanan, halal atau tidaknya makanan, keinginan untuk melakuakan pemeliharaan makanan, kesehatan ataupun diet mendorong para konsumen harus lebih mengetahui kandungan nutrisi ataupun bahan baku lainnya yang ada dalam suatu produk. Hal tersebut sudah menyadarkan konsumen untuk memperhatikan suatu produk dengan lebih baik.

Maka dari itu peran label sebagai bagian dari produk yang memberikanm informasi mengenai produk dan produsen menjadi sangat penting peranannya. Setidaknya terdapat 3 (tiga) macam label menurut Stanton (1994), antara lain yaitu:

1)      Brand Label

Label ini memuat merek, gambar, atau produsen dari produk yang dicantumkan dalam kemasan produk. Informasi tersebut sangat penting bagi konsumen sehingga mereka bisa membedakan suatu produk dengan produk-produk lainnya.

2)      Descriptive Label

Label deskriptif ini memberikan informasi tentang bahan baku, nilai kalori/gizi, cara penggunaan/konsumsi, persentase kandungan, tanggal pembuatn, tanggal kedaluarsa, dan lain sebagainya.

3)      Grade Label

Label grade ini menginformasikan kepada para konsumen mengenai penilaian kualitas produk yang bersangkutan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 18.10.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...