TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI

Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli ketika melakukan sebuah teransaksi jual beli. Berikut ini adalah tipe-tipe pembeli yang antara lain sebagai berikut:

1.      The Decided Costumer

Mereka ini sudah mengetahui dan memutuskan apa yang akan mereka beli dan pejual harus cepat melayani serta mengambilkan barangnya. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberi keterangan harus memberikan keterangan yang bersifat khusus tidak usah memberikan keterangan yang sifatnya umum. Kalau pelanggan ini tidak terlalu tergesa-gesa, maka kemungkinan penjual juga dapat menjual barang-barang yang lain.

2.      The Know It All Costumers

Ini merupakan tipe pembeli yang mengetahui segalanya, dialah yang bercarita pada penjual. Meskipun apa yang diceritakannya itu tidak semuanya benar, akan tetapi penjual tidak usah membantahnya. Penjual bisa memberi keterangan-keeterangan yang tepat secara bijaksana dengan menempuh cara yang tidak langsung dan hal tersebut dapat mempengaruhi sikap pembeli tersebut.

3.      The Delibrate Costumers

Pembeli seperti ini menghendaki fakta-fakta yang terkadang advis mengenai konstruksi dan cara-cara penggunaan barang yang akan dibelinya. Pembeli seperti ini banyak mengambil waktu untuk mempertimbangkan setiap pembeliannya.

4.      The Undecided Costumers

Costumer ini tidak bisa memutuskan ukuran dan warna dari barang yang akan dibelinya. Tugas penjual disisi adalah mencoba untuk menentukan apa sebetulnya dibutuhkan oleh pembeli tersebut. Penjual harus berusaha untuk mengarahkan attensi pembeli dan membantu si pembeli tersebut mengambil keputusan. Sesudah penjual menunjukan berbagai macam barang, maka penjual harus juga dengan cepat menyingkirkan barang-barang yang tidak menarik perhatian pembeli tersebut.

5.      The Talkative Costummers

Pembeli ini sangat senang mengobrol, namun pembicaraannya tidak mengarah kepada pembelian. Apabila pada saat itu tidak banyak pembeli yang lain maka penjual dapat melayani obrolan tersebut dan mengarahkan sedikit ke arah pembelian. Apabila pembelian sudah terjadi, mak segera barang-barang tersebut dibungkus dan bersiap untuk menghadapi pembeli lain.

6.      The Silint Timid Costumers

Pembeli seperti ini merasa canggung didalam toko dan merasa takut kalau kekurangan pengetahuannya mengenai suatu barang diketahui jika ia bertanya. Dalam hal ini salesman harus pandai melayani pembeli ini, jangan sekali-kali menunjukan kesan bahwa pembeli tersebut memang tidak mengerti apa-apa mengenai barang-barang yang dilihatnya.

7.      The Decided But Mistaken Costumers

Konsumen atau pembeli ini mendatangi toko dengan suatu keputusan dalam pikirannnya untuk membeli barang tertentu. Namun menurut penjual pilihannya tersebut tidak sesuai dengan maksud penjualannya. Maka dalam hali ini, salesman tidak perlu berdebat dengan pembeli tersebut tetapi cukup memberitahukan manfaat serta keguanaan dari barang-barang tersebut.

Tipe-Tipe Pembeli

Perilaku Pelanggan

Orang-orang mengenal tiga cara pendekatan pokok terhadap pengembangan teori psikologi mengenai perilaku pembeli atau pelanggan, yakni cara pendekatan eksperimental, klinikal, dan gestalt.

a.       Eksperimental

Dalam hal ini psikologi eksperimental memusatkan perhatian pada eksistensi fisiologikal atau kebutuhan-kebutuhan tubuh sebagai kekuatan kekuatan motivasional eksperimen-eksperimen dilakukan terhadap manusia dan hewan.

b.      Klinikal

Pada psikologi klinikal, rangsangan-rangsangan dimuali dari analisis dasar karena sewaktu-waktu mereka dimodifikasi oleh kekuatan-kekuatan sosial.

c.       Gestalt

Psikologi gestalt yang sering juga dinamakan dengan psikologi sosial, menganggap individu dan lingkungannya sebagai suatu keseluruhan yang tidak bisa dibagi. Dan perilaku individual ditujukan kearah berbagai macam tujuan. Masing-masimg “approach” membantu pemahaman kita menganai perilaku manusia, akan tetapi hingga kini belum ada teori psikologikal tunggal mengenai motivasi konsumen yang cukup memuaskan dalam hal menerangkan perilaku seorang pembeli.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 27.9.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...