Sistem Informasi Pemasaran

Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi pemasaran ialah keterangan setiap data atau fakta yang bermanfaat untuk membantu perusahaan dalam menyusun program pemasaran, baik itu dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang. Selain itu juga informasi pemasaran selalu memuat mengenai masalah harga, konsumen, produk, daya beli, distribusi, segmentasi pasar, persaingan, perilaku dan kebiasaan para konsumen, sirkulasi masalah uang, dan sebagainya.

Dengan kata lain, sistem informasi pemasaran adalah keterangan berupa data-data atau fakta, hasil analisis, pertimbangan serta pandangan di dalam bidang pemasaran. Informasi pemasaran sangatlah penting bagi manager pemasaran, karena informasi pemasaran adalah merupakan alat penentu dalam membuat suatu keputusan. Agar informasi pemasaran yang dibutuhkan lengkap, tepat dan teratur, maka setiap perusahaan perlu untuk mengatur sistim pengumpulannya, pengolahan, penyampaian dan pengguanaannya.

Adapun tujuan perusahaan yang menyusun serta menyelenggarakan sistem informasi pemasaran (Marketing Information System) ialah untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas keputusan yang ditentukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Dalam sistim informasi pemasaran, pada umumnya menunjukkan suatu usaha formal untuk mengatur serta mengelola arus informasi yang diperlukan oleh manajer pemasaran.

Penelitian dengan Menggunakan Informasi Pemasaran

Penelitian usaha kegiatan perusahaan dengan menggunakan Informasi pemasaran ialah merupakan alat utama yang didaya-gunakan untuk membantu dalam memecahkan masalah didalam mengambil suatu keputusan serta merupakan komponen utama dalam kegiatan sistim informasi pemasaran, adapun tugas penelitian ini ialah untuk:
a)      Menentukan data-data atau fakta yang dibutuhkan perusahaan.
b)      Mengumpulkan informasi pemasaran yang bisa dipertanggung jawabkan.
c)      Mengelola data-data atau fakta informasi pemasaran dengan baik.

Pelaksanana penelitian dengan mempergunakan informasi pemasaran produk, ada baiknya para peneliti menentukan sumber informasi pemasaran produk. Penentuan sumber informasi pemasaran produk ini sangat penting sekali, mengingat berbagai fakta atau data yang diambil harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, menentukan sumber informasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan penelitian didalam bidang pemasaran. Berikut ini adalah sumber informasi pemasaran yang dibutuhkan dalam rangka penelitian:
a)      Langsung dari para konsumen/para pembeli/para pelanggan
b)      Para penjual
c)      Para pedagang perantara
d)      Para pesaing
e)      Media reklame
f)       Organisasi dagang

Selain itu yang mendasari dasar pemikiran penelitian melalui informasi pemasaran selalu bertindak dengan bertitik tolak pada kepuasan para konsumen diantaranya ialah:
a)      Berusaha memperoleh data-data yang lengkap melalui penelitian pemasaran (marketing research).
b)      Perusahaan harus memberikan rasa puas kepada para konsumen.
c)      Pengawasan pemasaran produk dititik beratkan kepada kegiatan untuk mempengaruhi para konsumen.

Dari penjelasan diatas bisa diambil kesimpulan bahwa penelitian dengan menggunakan informasi pemasaran, diarahkan untuk memberikan rasa puas kepada para konsumen dan usaha untuk memcapai tujuan perusahaan yakni suatu keuntungan yang diharapkan.

Sistem Informasi Pemasaran

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran ialah suatu rencana yang telah atau sudah ditentukan oleh perusahaan didalam bidang pemasaran untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Beberapa perusahaan mungkin memiliki tujuan yang sama yakni ingin mencari keuntungan, tetapi mungkin strategi pemasaran yang akan dijalankan mungkin akan berbeda beada dalam menerapkan strategi pemasarannya sesuai dengan situasi serta kondisi pasar.

Penentuan pelaksanaan strategi pemasaran sebaiknya didasarkan atas analisa faktor lingkungan dan juga internal perusahaan melalui analisis kelemahan dan keunggulan perusahaan serta ancaman yang dihadapinya, tentang lingkungan yang dianalisis ialah mengenai konsumen, keadaan pasar, keadaan perekonomian, saingan teknologi, peraturan pemerintah dan budaya bangsa. Sementara faktor internal yang akan dianalisis ialah masalah keuangan pemasaran pembelanjaan, organisasi produksi serta sumber daya manusia.

Penentuan strategi pemasaran bisa dilakukan oleh manajemen pemasaran dengan cara sebagai berikut:
a)      Mencari para konsumen yang potensial
b)      Melaksanakan segmentasi pasar
c)      Melaksanakan marketing mix
d)      Memberikan kepuasan pada para pembeli

Ada baiknya strategi pemasaran yang akan dijalankan oleh perusahaan mempertimbangkan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi, antara lain yaitu:
a)      Srategi perusahaan yang diterapakan oleh para pesaing
b)      Posisi persaingan perusahaan
c)      Tujuan perusahaan yang bersangkutan
d)      Sifat dan watak lingkungan ekonomi masyarakat konsumen
e)      Prilaku pembelian konsumen dalam pasaran yang ditargetkan
f)       Daur hidup produk (product life cycle)

Setiap perusahaan biasanya memiliki tujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan perkembangannya serta ingin mendapatkan suatu keuntungan yang besar, oleh karena itu tujuan dari strategi pemasaran sendiri adalah:
a)      Meningkatkan keuntungan
b)      Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
c)      Meningkatkan kepuaasan konsumen
d)      Meningkatkan kondisi pemasaran yang jauh lebih baik
e)      Meningkatkan omzet penjualan
f)       Melaksanakan dan meningkatkan marketing mix dan segmentasi pasar.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 4.9.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...