Persyaratan Analisis Meningkatkan Penjualan Barang

Persyaratan Analisis Meningkatkan Penjualan Barang

Suatu barang meskipun itu bermanfaat ataupun berguna, ada kemungkinan tidak akan dibeli oleh konsumen apabila barang tersebut tidak dikenal oleh para konsumen. Oleh sebab itu perusahaan harus cepat mempromosikan barang atau produk-produk yang dibuatnya agar bisa mempengaruhi para konsumen, serta bisa menciptakan permintaan. Jadi kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan ialah merupakan salah satu acuan pemasaran yang apaling baik dalam memperkenalkan barang atau produknya.

Berdasarkan sebuah analisa menggiatkan penjualan barang/produk, cara terbaik memperkenalkan barang/produk yang dibuat oleh perusahaan ialah melalui jalur promosi dan pelaksanannya dimulai dengan pemasangan iklan. Pemasangan iklan bisa dilakukan melalui majalah, TV, surat kabar, Radio, pameran dan sebagainya. Dengan menggiatkan penjualan barang/produk melalui promosi ini diharapkan perusahaan yang bersangkutan bisa meningkatkan penjualan barang/produknya, dan bisa meningkatkan omzet penjualannya. Apabila berdasarkan analisis menggiatkan penjualan barang yang dibuat oleh perusahaan tersebut berhasil, maka dengan sendirinya perusahaan tersebut bisa mempertahankan kontinuitasnya.

Di dalam melaksanakan promosi dari hasil analisis meningkatkan penjualan barang, dibutuhkan unsur-unsur yang bisa meningkatkan penjualan barang/produk. Adapun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi didalam melaksanakan analisis meningkatkan penjualan barang/produk, antara lain yaitu:

1.      Menganalis Merek/Cap/Brand

Dalam meningkatkan omzet penjualan barang/produk, seorang manajer pemasaran harus selalu berusaha dan mengarahkan agar para konsumen bisa memilih merek/cap/brand barang/produk dari perusahaan yang bersangkutan. Dalam hal ini, perusahaan harus berusaha untuk meningkatkan rasa kepercayaan, kemantapan, kesetiaan dan persaan bangga terhadap merek/cap/brand dari perusahaan yang bersangkutan. Namun jangan lupa juga apabila akan memperkenalkan merek, perusahaan harus selalu berusaha untuk meningkatkan mutu barang/produk yang dipromosikan.

2.      Menganalisis Modal yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan promosi penjualan barang/produk, perusahaan yang bersangkutan perlu untuk mempertimbangkan modal yang disediakan. Modal tidak saja digunakan untuk biaya promosi, melainkan juga digunakan untuk modal kerja didalam memproduksi barang-barang/produk.

3.      Mengadakan Analisis Kualitas Barang

Kualitas barang yang bisa diterima oleh para konsumen, diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan. Oleh karena itu, kualitas barang perlu dianalisis, karena sebarapapun hebatnya promosi yang dijalankan oleh perusahaan apabila kualitas barang/produk sangat mengecewakan para konsumen, pada akhirnya barang/produk tersebut tidak akan dibeli oleh para konsumen.

4.      Mengadakan Analisis Harga Barang

Mengenai masalah harga barang ini perlu dipertimbangkan secara matang, sebab apabila harga barang terlalu tinggi (mahal) serta tidak sesuai dengan kualitasnya, maka akibatnya akan menimbulkan rasa kekecewa pada diri para konsumen. Oleh karena itu, sebelum barang/produk yang dibuat oleh perusahaan dipasarkan ke pasaran, terlebih dulu perusahaan yang bersangkutan harus mengadakan analisis terhadap barang/produk yang akan dijualnya. Perusahaan perlu untuk menganalisis apakah harga barang yang ditetapkannya tersebut sudah tepat serta sesuai dengan daya beli konsumen atau belum, apakah harga barang/produk tersebut sudah sesuai dengan kualitasnya atau belum.

Adapun keuntungan perusahaan dalam melaksanakan analisis dalam rangka meningkatkan penjualan barang-barang/produknya ialah sebagai berikut:
a)      Perusahaan akan memperoleh keuntungan yang diharapkannya.
b)      Perusahaan akan dapat meningkatkan omzet penjualan barangnya.
c)      Efisiensi modal perusahaan dapat ditingkatkan.
d)      Perusahan dapat meningkatkan produksinya.
e)      Piutang-piutang perusahaan waktunya dapat diperpendek.
f)       Hasil produksi perusahaan yang bersangkutan sangat digemari konsumen.
g)      Barang-barang perusahaan yang bersangkutan akan menjadi terkenal.
h)      Perusahaan akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Mengapa perusahaan perlu melaksanakan analisis dalam rangka meningkatkan penjualan barang-barangnya? Karena perusahaan menginginkan adanya sasaran tertentu dalam rangka menerapkan strategi pemasarannya.

Persyaratan Analisis Meningkatkan Penjualan Barang

Adapun sasaran dari analisis dalam rangka meningkatkan penjualan barang-barang perusahaan antara lain yaitu sebagai berikut:

a.       Sasaran Program Pemasaran

Di sini seorang manajer pemasaran harus bisa menentukan sasara program pemasaran secara spesifik, guna memberikan pedoman dalam menentukan promosi penjualan mana yang paling tepat. Begitu juga dengan perusahaan, perusahaan harus bisa menentukan sasaran program yang baik. Dengan adanya program penjualan yang baik ini, perusahaan yang bersangkutan bisa merangsang permintaan dari para pembeli ataupun dari para distributor.

b.      Merangsang Pertanyaan Para Pembeli

Dengan adanya analisis pasar seorang manajer pemasaran bisa memotivasi pertanyaan-pertanyaan dari para pembeli. Cara untuk merangsang pertanyaan dari para pembeli ialah dengan menawarkan sesuatu barang/produk dengan cara demonstrasikannya, pemberian katalog gratis, pemberian hadiah dan sebagainya. Oleh karena itu, apabila perusahaan ingin maju serta lebih efektif dalam kegiatan usahanya maka perusahaan harus bisa merangsang pertanyaan dari para pembeli.

c.       Meningkatkan Dalam Mencoba Produk Baru

Perusahaan yang akan memasarkan barang/produk barunya, sebaiknya mempergunakan teknik promosi dengan memakai kupon silang. Teknik promosi dengan menggunakan kupon silang ini bisa mendorong para konsumen untuk mau mencoba membeli produk baru tersebut yang dibuat oleh perusahaan.

d.      Mendorong Pembelian Ulang

Analisis dalam rangka menggiatkan penjualan barang yang baik serta terpadu akan mengakibatkan dan menamakan rasa kesetiaan konsumen terhadap merek barang/produk yang dibuat oleh perusahaan. Cara menggiatkan penjualan barang yang terarah dan terpadu, akan mendorong pembelian ulang terhadap barang-barang/produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Adapun tujuan dari analisis dalam rangka meningkatkan penjualan barang-barang yang dibuat oleh perusahaan ialah sebagai berikut:

a.       Memodifikasi Tingkah Laku Para Konsumen

Dengan adanya promosi penjualan yang terarah, maka akan merubah tingkah laku serta menghasilkan pendapat dari para konsumen terhadap barang-barang yang dibelinya. Dalam hal ini seorang manajer pemasaran harus berusaha untuk menciptakan kesan yang baik serta mendorong agar para konsumen mau untuk melakukan pembelian ulang terhadap barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

b.      Memberitahukan Pasar

Kegiatan promosi penjualan yang tepat bisa ditujukan untuk memberitahukan pasar relevan. Kegiatan promosi penjualan dalam hal ini, akan menawarkan barang yang diproduksi oleh perusahaan yang bersangkutan.

c.       Membujuk Para Konsumen

Kegiatan promosi penjualan barang yang bersifat membujuk para konsumen sangat disenangi oleh banyak perusahaan. Cara membujuk para konsumen ialah dengan mengarahkan serta mendorong para konsumen agar mau membeli barang-barang atau produk yang dibuat oleh perusahaan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 27.9.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...