Pengertian Market Intelligence (Intelijen Pemasaran)

Pengertian Market Intelligence (Intelijen Pemasaran)

Market intelligence atau Intelijen Pemasaran (MI) adalah informasi sehari-hari yang relevan dengan pasar perusahaan, dikumpulkan dan dianalisis secara khusus untuk tujuan yang akurat serta percaya diri dalam pengambilan keputusan untuk menentukan peluang pasar, strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan metrik.

Market intelegent ini termasuk dalam rangka untuk pengumpulan informasi pemasaran. Perusahaan harus memiliki data yang merupakan sebuah informasi pemasaran yang sangat diperlukan oleh seorang manajer pemasaran. Sistem informasi pemasaran adalah kegiatan orang-orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpoulkan, menganalisa, mengevaluasi, serta mendistribusikan informasi secara tepat dan akurat yang dibutuhkan oleh pembuat sebuah keputusan pemasaran. Informasi pemasaran bisa diperoleh dari dalam perusahaan (internal) ataupun dari luar perusahaan (eksternal).

Informasi internal bisa diperoleh dari dokumen, karyawan, catatan, penjualan pada periode tertentu. Sementara informasi dari luar (ekternal) bisa diperoleh dari berbagai sumber agen, toko pengecer, tenaga penjual, konsumen dan sebagainya.

Setidaknya terdapat empat langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan juga kuatitas inteljen pemasaran, antara lain yaitu:
1)      Mendorong dan melatif staf penjualan untuk menemukan serta melaporkan perkembangan baru yang terjadi di pasar. Para penjual ini merupakan mata dan telinga perusahaan. Mereka bisa menampung segala bentuk informasi berupa kritik dan saran terhadap produk yang sedang ia pasarkan.
2)      Perusahaan bisa mengirim spesialis untuk mengumpulkan intelejen pemasaran ke toko lainnya sebagai mystery shoppers (pembelanja siluman) yang akan berperan seperti pembeli yang sesungguhnya dan membeli berbagai jenis barang. Pembeli siluman ini bisa mengetahui dengan mudah harga barang dan juga cara bagaimanan pramuniaga memperlakukan konsumennya.
3)      Beberapa perusahaan mungkin akan membentuk suatu pusat pemasaran dan mengumpulkan berbagai informasi dengan cara menyebarkan intelejen pemasaran.
4)      Bagi perusahaan-perusahaan yang mengadakan pengumpulan informasi pemasaran melalui riset pemasaran. Riset pemasaran tersebut bisa dilakukan sendiri dengan biaya besar dan juga bisa dilakukan dengan sederhana dengan biaya ringan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 14.9.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...