Kebiasaan Membeli (Buying Habits)

Kebiasaan Membeli (Buying Habits)

Kebiasaan membeli (buying habits) akan menjawab pertanyaan kapan, bagaimana, dan dimana konsumen akan melakukan pembelian barang-barangnya. Kebiasaan membeli (buying habits) para konsumen selalu berubah-ubah setiap saat. Oleh karena itu setiap penjual ataupun manajer pemasaran harus mengikuti perkembangan dan mempelajari kebiasaan konsumen dalam membeli barang dan jasa.

Keberhasilan kegiatan pemasaran sebuah perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuannya dalam melayani persepsi para pembelinya. Perilaku konsumen selalu berhubungan dengan proses pemilihan produk yang akan dibelinya.

Perilaku para pembeli adalah merupakan tindakan yang langsung menyangkut pencapaian serta penggunaan produk termasuk keputusan didalam pembelian sesuatu produk yang dibutuhkan dan juga yang diinginkannya. Adapun faktor-faktor yang turut mempangaruhi kebiasaan dan perilaku konsumen dalam membeli sesuatu produk yaitu faktor sosial, faktor pribadi, faktor budaya, dan faktor psikologi. Pembelian yang dilakukan oleh para pembeli dipengaruhi juga oleh kebiasaan dalam pembeliannya.

Dalam kebiasaan membeli sesuatu barang/produk tercakup kapan waktunya pembelian, dimana pembelian itu akan dilakukan dan berapa jumlahnya. Jika dilihat dibidang pekerjaan, bisa dikatakan bahwa para karyawan melakukan pembelian suatu barang/produk dalam jumlah yang besar biasanya pada waktu gajian.

Begitu juga dengan masyarakat yang berpenghasilan tinggi, biasanya mereka membeli barang dalam jumlah yang besar dan umumnya membeli barang/produk dari pedagang besar ataupun toko tertentu. Kegagalan dalam penjualan barang dan jasa pada umumnya terletak pada “tidak bisa menyelami jiwa pembeli/konsumen/pelanggan”

Kebiasaan Membeli (Buying Habits)

Setelah diketahui motif dan perilaku pembelian, setiap produsen harus juga mempelajari dan mengerti mengenai proses dan keputusan pembelian konsumen terhadap barang/produk yang akan dibelinya. Pengambilan keputusan membeli ini mencakup penentuan apa yang akan dibeli atau tidak dibeli tergantung dari aktivitas sebelum dilakukan pembelian.

Tahapan-tahapan proses pembelian konsumen terhadap sesuatu barang dan jasa antara lain yaitu sebagai berikut:
1)      Timbulnya kebutuhan terhadap barang dan jasa.
2)      Pencarian informasi terhadap barang dan jasa yang dibeli.
3)      Evaluasi perilaku konsumen.
4)      Keputusan konsumen untuk membeli barang dan jasa.
5)      Perilaku konsumen setelah membeli barang dan jasa.

Keputusan konsumen untuk membeli suatu barang dan jasa, biasanya akan menyangkut masalah harga, merek, manfaat barang, model barang, warna barang, ukuran barang, toko yang akan dituju, pelayanannya dan sebagainya.

Melalui proses yang logis, sewaktu-waktu konsumen akan mengambil suatu keputusan untuk membeli barang dan jasa, antara lain yaitu:
1)      Menyadari adanya kebutuhan yang belum terpuaskan.
2)      Beberapa pilihan yang nalar diidentifikasi dan dievaluasi.
3)      Keputusan membeli barang dan jasa harus ditentukan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 28.9.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...