7 Struktur Keputusan Pembelian

7 Struktur Keputusan Pembelian

Struktur keputusan pembelian sebetulnya merupakan kumpulan dari sejumlah keputusan. Dimana keputusan membeli dalam struktur keputusan pembelian sesuatu produk, antara lain yaitu sebagai berikut:

1.      Keputusan Tentang Jenis Produk

Pembeli bisa mengambil keputusan untuk membeli suatu barang ataupun jasa. Setiap pembeli, bisa memutuskan untuk membeli jenis produk yang ia butuhkan dan ia inginkan yang sesuai dengan seleranya.

2.      Keputusan Tentang Merek

Pembeli harus mengambil suatu keputusan mengenai merek mana yang ia inginkan. Dalam hal ini adalah perusahan harus mengetahui tentang apa saja keinginan pembeli didalam memutuskan untuk memilih sebuah merek barang yang ia sukai.

3.      Keputusan Tentang Bentuk Produk

Pembeli bisa mengambil keputusan untuk membeli bentuk produk apa saja yang diinginkannya sesuai dengan selera. Keputusan pembeli atas barang dengan bentuk tertentu menyangkut masalah ukurannya, coraknya, kualitasnya, dan sebagainya. Dalam hal ini, setiap perusahaan harus melakukan riset pemasaran untuk mengetahui kesukaan atau keinginan pembeli tentang sesuatu yang berhubungan dengan bentuk produk.

7 Struktur Keputusan Pembelian

4.      Keputusan Tentang Tempat Penjualan

Pembeli harus mengambil keputusan dimana produk yang bersangkutan akan beli dalam artian dimana tempat membelinya. Dalam hal ini, manajer pemasaran harus bisa mempersiapkan produk yang diinginkan oleh para pembeli.

5.      Keputusan Tentang Jumlah Produk yang Dibelinya

Pembeli bisa mengambil keputusan mengenai berapa banyak produk yang akan beli olehnya. Dalam hal ini, manajer pemasaran harus dapat mempersiapkan produk-produk yang diinginkan oleh para pembeli.

6.      Keputusan Tentang Waktu Pembelian

Pembeli bisa mengambil keputusan mengenai kapan ia harus melakukan pembelian suatu produk. Oleh sebab itu, manajer pemasaran harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi keputusan para pembeli didalam menentukan kapan waktu pembeliannya. Dengan begitu perusahaan bisa mengatur dalam hal produksi produk/barang.

7.      Keputusan Tentang Cara Pembayarannya

Pembeli harus mengambil keputusan mengenai cara pembayaran terhadap suatu produk/barang yang dibeli olehnya. Apakah pembayaran tersebut dilakukan dengan tunai atau dengan kredit. Dalam hal ini, perusahaan harus bisa mengetahui keinginan-keinginan para pembeli terhadapa cara pembayaran produk/barangnya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 30.9.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...