Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan dalam Pemasaran

Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan dalam Pemasaran

Terdapat perbedaan antara kebutuhan, keinginan, dan permintaan. Kebutuhan manusia ialah keadaan dimana manusia merasa tidak mempunyai kepuasan dasar. Kebutuhan tidaklah diciptakan oleh masyarakat ataupun pemasar, melainkan sudah ada serta terukir dalam hayati kondisi manusia itu sendiri.

Sedangkan keinginan ialah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut, keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan juga institusi sosial. Sementara permintaan ialah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan menjadi permintaan apabila didukung dengan daya beli si pelakunya.

Perbedaan ini dapat menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan, melainkan kebutuhan sudah ada sebelumnya. Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan seseorang dengan membuat suatu produk yang menarik, cocok, terjangkau, serta mudah diperoleh oleh konsumen yang dituju.

Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan dalam Pemasaran

a.      Produk

Produk merupakan sesuatu yang bisa ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan dari konsumen atau pelanggan. Hal terpenting dari suatu produk fisik bukanlah terletak pada kepelikannya melainkan pada jasa yang bisa diberikannya. Oleh sebab itu dalam membuat produk harus memperhatikan produk fisik serta jasa yang diberikan oleh produk tersebut.

b.      Nilai, Biaya dan Kepuasan

Nilai merupakan perkiraan pelanggan mengenai kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap produk mempunyai kemampuan berbeda dalam memenuhi kebutuhan tersebut, akan tetapi konsumen/pelanggan akan memilih produk mana yang dirasa akan memberi kepuasan total paling tinggi kepadanya. Nilai setiap produk sebetulnya tergantung dari seberapa jauh produk tersebut bisa mendekati produk ideal, dalam ini termasuk harganya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 26.8.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...