5 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pelanggan

5 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pelanggan

Permintaan terhadap suatu barang tergantung pada harga barang itu sendiri, harga barang lainnya, susunan penduduk, penghasilan, serta selera konsumen. Permintaan akan timbul, apabila ada kebutuhan terhadap suatu barang yang dibutuhkan dan konsumen yang bersangkutan juga mampu untuk membayarnya.

Besar kecilnya sebuah permintaan pelanggan terhadap sesuatu barang tergantung dari beberapa determinan (penentu). Adapun faktor-faktor penentu yang dapat mempengaruhi permintaan pelanggan atau menentukan besar kecilnya permintaan pelanggan, antara lain yaitu:

1.      Penghasilan Konsumen

Apabila penghasilan konsumen besar, maka banyaknya barang yang diminta juga akan banyak. Daya beli pelanggan sangatlah ditentukan oleh penghasilan atau pendapatannya, daya beli pelangan akan semakin naik apabila pendapatan juga bertambah, dan sebaliknya daya beli pelanggan akan rendah apabila pendapatannya juga rendah.

2.      Harga Barang yang Ditawarkan

Apabila harga barang yang ditawarkan relatif mahal, maka permintaan pelanggan terhadap barang tersebut akan sedikit jumlahnya. Dan sebaliknya apabila harga barang tersebut relatif murah, maka permintaan pelanggan terhadap barang tersebut juga akan bertambah.

Tinggi atau rendahnya harga suatu barang yang ditawarkan akan sangat berpengaruh terhadap permintaan, harga yang terlalu tinggi kemungkinan akan membuat barang tidak akan terbeli oleh pelanggan dan juga jika terlalu rendah juga akan merugi atau bisa jga pelanggan akan curiga dan menyangka bahwa mutu produk tidak berkualitas. Untuk itu faktor harga harus dipertimbangkan dengan baik karena akan mempengaruhi faktor psikkologis dari pelanggan dalam menentukan barang pilihannya, faktor hargapun sangat berhubungan dengan tingkat urgensi kebutuhan, daya beli pelanggan, serta pelayanan.

5 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pelanggan

3.      Selera Konsumen

Adanya selera konsumen terhadap suatu barang yang diinginkan ialah merupakan determinan permintaan. Kebutuhan dan selera seorang konsumen dengan konsumen yang lainnya pasti berbeda, setiap waktu kebutuhan dan selera konsumen bisa saja berubah karena hal itu merupakan sesuatu yang dinamis, oleh karenna itu kepekaan dalam melakukan pengamatan dan analisa terhadap konsumen dan kebutuhannya merupakan hal yang sangat bermanfaat demi merebut kesempatan usaha.

4.      Harga Barang Lainnya

Barang komplementer (saling melengkapi), subsitusi (barang pengganti), serta barang saingannya, akan berpengaruh terhadap banyaknya barang yang ditawarkan oleh produsen.

5.      Perubahan Susunan Penduduk

Perubahan susunan penduduk baik itu umurnya ataupun jumlahnya, akan berpengaruh terhadap permintaan suatu barang. Begitu juga dengan berkurangnya jumlah penduduk di suatu wilayah, maka akan berpengaruh terhadap permintaan suatu barang.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 29.8.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...