Penyimpanan dan Pemeliharaan Barang di Gudang

Penyimpanan dan Pemeliharaan Barang di Gudang

Pengelolaan gudang seperti sederhana namun dalam pelaksanaannya membutuhkan keahlian karena masing-masing barang memiliki sifat yang berbeda, oleh sebab itu cara penangananya juga berbeda.

Misalnya ada barang yang membutuhkan penanganan khusus seperti obat-obatan yang membutuhkan suhu dibawah 30 derajat celcius dan harus menghindari sinar matahari langsung karena apabila disimpan pada suhu yang tidak sesuai maka obat-obatan tersebut akan mudah teroksidasi dan akan mengakibatkan kualitasnya menurun apabila dikosumsi.

Barang-barang digudang juga harus disimpan menurut jenisnya, oleh karenanya dalam pengaturan serta penyimpanannya harus dikelompokan, menurut jenis serta golongan barang tersebut. Prosedur penyimpanan barang dagangan di gudang antara lain sebagai berikut:
a)      Mengelompokan golongan barang
b)      Mengelompokan jenis barang
c)      Mengelompokan sub golongan barang
d)      Mengelompokan article
e)      Mengelompokan Merek atau cap dagang

Penyimpanan dan Pemeliharaan Barang di Gudang

Beberapa tindakan khusus yang perlu untuk diperhatikan dan dilakukan dalam rangka untuk pemeliharaan barang di gudang yaitu:
a)      Menyediakan tempat atau ruangan yang memenuhi syarat.
b)      Menyimpan barang pada tempat yang sudah disediakan sesuai dengan golongan dan jenisnya.
c)      Menyediakan peralatan berupa: lemari biasa, lemari pendingin, lemari pemanas, meja, dan rak yang sesuai dengan cara menyimpan dari jenis barang yang bersangkutan.
d)      Memberikan penerangan (Lampu listrik) yang cukup.
e)      Menempatkan petugas-petugas khusus untuk memeriksa dan memelihara keadaan tempat penyimpanan dan keadaan barang yang disimpan.
f)       Mengatur suhu atau temperatur udara di dalam ruang penyimpanan barang.
g)      Menempatkan atau memasang keadaan darurat, seperti misalnya alarm bahaya kebakaran, alarm pencurian, alat pemadam kebakaran, kamera TV intern (closed circuit), alat pencegah dan penanggulangan tikus dan binatang kecil lainnya.
h)      Menjaga kebersihan serta keamanan barang yang disimpan.
i)        Membuat kartu laporan keadaan tempat dan barang jangka waktu penyimpanan.

Bagi perusahaan kecil yang keadaan modalnya tidak memungkinkan untuk menyediakan tempat serta peralatan khusus, maka dianjurkan agar memilih barang-barang dagangan untuk persediaan, yang cara penyimpanan serta pemeliharaannya tidak terlalu khusus.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 22.7.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...