MENENTUKAN LOKASI GUDANG

MENENTUKAN LOKASI GUDANG

Gudang merupakan suatu tempat atau bangsal atau bangunan yang dipergunakan untuk tempat penyimpanan barang-barang. Dalam dunia bisnis gudang sangat besar peran dan fungsinya.

Gudang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan tempat untuk memelihara barang-barang yang disimpan didalamnya. Selain untuk tempat menyimpan atau menimbun dan memelihara, gudang bisa juga dipakai sebagai tempat menyortir, mengolah, membungkus serta mengepak barang-barang yang akan dijual maupun yang akan dikirim.

Setiap perusahaan perlu untuk menyimpan barang-barang jadinya sampai barang tersebut terjual. Fungsi penyimpanan dibutuhkan karena siklus produksi dan konsumsi jarang sekali dapat sesuai. Banyak sekali komoditi yang diproduksi secara musiman, sementara permintaan dari konsumen berjalan terus menerus. Fungsi penyimpanan ini dapat mengatasi perbedaan dalam jumlah barang yang diinginkan dengan waktunya.

Perusahaan harus dapat memutuskan jumlah lokasi penyimpanan barang yang diinginkan. Semakin banyak jumlah tempat penyimpanan itu berarti barang bisa dikirimkan ke konsumen lebih cepat, namun biaya pergudangan cenderung akan meningkat. Jumlah lokasi penyimpanan haruslah menyeimbangkan antara tingkat pelayanan konsumen dengan biaya distribusi.

Sebagian persediaan dapat disimpan dipabrik ataupun di dekat pabrik, dan sisanya di dapat disimpan di gudang-gudang diseluruh pelosok negeri. Perusahaan mungkin mempunyai gudang pribadi dan mungkin juga menyewa tempat di gudang umum. Perusahaan mempunyai pengendalian yang lebih baik pada gudang miliknya sendiri, akan tetapi modal mereka tertanam serta kurang fleksibel apabila lokasi yang diinginkan berubah. Sementara gudang umum membebankan biaya pada tempat yang disewa serta memberi pelayanan tambahan (dengan biaya tertentu) untuk memeriksa barang-barang, melaksanakan pengemasan, pengiriman, serta penagihan. Dengan mempergunakan gudang umum, perusahaan mempunyai banyak pilihan lokasi serta jenis gudang, apakah akan dipakai khusus penyimpanan yang dingin, hanya komoditi atau lainnya.

Dalam menentukan lokasi gudang, keputusan manajemen dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu:
1)      Jenis barang
2)      Biaya transport
3)      Sewa
4)      Pasar
5)      Penyediaan tenaga kerja
6)      Kondisi geografis
7)      Pajak
8)      Persaingan

Menentukan Lokasi Gudang

Penting atau tidaknya faktor-faktor yang disebutkan diatas tersebut tergantung pada keadaan pabrik, maupun perantara dalam saluran. Disini lebih menekankan kepada penggunaan fasilitas milik sendiri meskipun pemilihan untuk mempergunakan gudang umum juga didasarkan pada faktor-faktor yang sama.

Untuk beberapa jenis barang-barang tertentu seperti misalnya hasil tambang dan hasil pertanian sering membutuhkan tempat penyimpanan yang berada di dekat dengan sumbernya. Selain faktor ongkos transportnya yang rendah, juga pengangkutannya yang lebih mudah. Penentuan gudang yang dekat dengan sumber bahan baku disebut dengan product oriented location. Sementara market oriented location adalah penentuan letak gudang yang dekat dengan pelanggan atau pasarnya. Gudang yang lokasinya dekat dengan pasar ini diperuntukan untuk barang-barang yang mudah rusak, seperti buah-buahan, roti basah, dan lain sebagainya.
1)      Jenis fasilitas gudang
2)      Layout
3)      Penempatan peralatan
4)      Penempatan persediaan

Jenis fasilitas yang dipergunakan bisa dibedakan menjadi dua macam, apakah untuk kebutuhan dalam ruangan dengan satu lantai, ataupun untuk kebutuhan dalam ruangan dengan dua lantai maupun lebih. Untuk kebutuhan dalam ruangan yang dapat dinaik-turunkan, sementara untuk ruangan dengan satu lantai cukup dengan menggunakan alat-alat yang bisa bergerak secara vertikal.

Persediaan dan peralatan, penempatannya perlu untuk dikombinasikan dengan sedemikian rupa untuk dapat mencapai suatu tingkat yang lebih efisien. Peralatan yang digunakan, seperti conveyor, forklife truck, dan lain sebagainya harus disesuaikan dengan produk/barang yang disimpan. Barang-barang yang mudah sekali rusak, sebelum dipindahkan harus selalu dibuatkan tempat ataupun pembungkus sebagai pelindungnya. Hal tersebut dimaksudkan agar barang tersebut tidak mengalami kerusakan dalam proses pengangkutannya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 22.7.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...