ETIKA BISNIS

ETIKA BISNIS

Praktik bisnis yang selama ini terjadi dinilai masih sering mengabaikan etika, rasa keadilan serta kerapkali diwarnai praktik-praktik tidak terpuji ataupun moral hazard. Maka untuk mengantisipasi kondisi-kondisi seperti itu, maka perlu segera ada pemahaman serta implementasi etika bisnis yang senada bagi para pelaku usaha, terutama sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi.

Dalam menjalankan bisnis diperlukan suatu etika. Setidaknya terdapat dua hal yang perlu kita mengerti terlebih dahulu sebelumnya, pertama kata Etika dan kedua kata Bisnis , Etika ialah seperangkat kesepakatan umum untuk mengatur hubungan antara orang per orang ataupun orang per orang dengan masyarakat, dan atau masyarakat dengan masyarakat lainnya. Pengaturan tingkah laku ini diperlukan supaya terjadi hubungan yang tidak saling merugikan diantara orang perorang, ataupun antara orang per orang dengan masyarakat, dan atau antara kelompok-kelompok didalam masyarakat.

Etika yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk tertulis, maka jadilah kebijakan yang berupa: hukum, undang-undang, peraturan, dan sebagainya. Tetapi selain yang tertulis, ada juga yang bersifat tidak tertulis. Bentuk tidak tertulis ini berupa kesepakatan umum didalam masyarakat ataupun kelompok masyarakat. Kesepakatan ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan sopan santun, etiket, dan sebagainya.

Semua bentuk masyarakat ataupun kelompok masyarakat mempunyai perangkat aturan baik yang tertulis ataupun yang tidak tertulis. Perangkat aturan tersebut bertujuan untuk menjamin keberlangsung hubungan antara anggotanya terjalin dengan baik. Hal yang sama terjadi juga didalam dunia bisnis, didalam dunia bisnis terdapat juga seperangkat aturan yang mengatur relasi diantara pelaku bisnis. Perangkat aturan ini diperlukan agar relasi bisnis yang terjalin dapat berlangsung dengan “fair”. Perangkat-perangkan aturan tersebut berupa Undang-undang, keputusan presiden, peraturan pemerintah, dan sebagainya. Perangkat-perangkat yang ada tersebut mengatur secara internal dunia bisnis bagaimana melaksanakan bisnis dan berhubungan dengan sesama pelaku bisnis.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 27.7.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...