ALTERNATIF PENYALURAN

Alternatif Penyaluran

Adalah kenyataan bahwa sistem distribusi itu tidak hanya berbeda diantara perusahaan-perusahaan, akan tetapi juga seringkali berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Sebuah saluran yang bisa bekerja dengan baik pada saat perusahaan kecil, mungkin saja bisa menjadi kurang efisien pada saat perusahaan tersebut bertambah besar dan bisa menangani beberapa fungsi distribusi dengan para pelaksananya. Selain itu terdapat faktor lain yang bisa mengakibatkan metode distribusi yang ada menjadi ketinggalan zaman. Faktor tersebut diantaranya yaitu:

1)      Perubahan-perubahan dalam metode transportasi
2)      Perubahan-perubahan dalam keinginan pembeli
3)      Kesediaan perantara untuk menyalurkan produk
4)      Kemauan para penyalur untuk menangani produk ayng lebih banyak macamnya

Sebuah perusahaan bisa memutuskan bahwa jenis pedagang besar tertentu cukup ideal untuk sebuah product line, akan tetapi jika penyalur yang ada berada di lokasi yang kurang menguntungkan ataupun menangani produk saingan maka akan lebih baik perusahaan mengalihkan saluran distribusinya ke saluran distribusi lain.

Alternatif distribusi yang akan dibahas disini merupakan didasarkan pada jenis barang dan juga segmen pasarnya, yakni:
1)      Barang industri, ditujukan untuk segmen pasar industri
2)      Barang konsumsi, ditujukan untuk segmen pasar konsumen

Kedua macam barang tersebut membutuhkan saluran distribusi yang berbeda, hal ini karena segmen pasar yang dituju juga sangat berbeda. Akan tetapi demikian dapat juga digunakan satu macam saluran distribusi untuk kedua jenis produk tersebut. Hal tersebut dimungkinkan karena satu jenis barang bisa digolongkan ke dalam barang konsumsi ataupun barang industri.

Sebagai contohnya adalah tekstil, bisa dipakai oleh perusahaan konveksi kecil sebagai bahan baku (termasuk barang industri), namun juga bisa dibeli oleh konsumen rumah tangga (termasuk barang konsumsi) untuk kebutuhan sendiri. Untuk mencapai atau menuju ke segmen pasar pasar industri dan juga segmen pasar konsumen, produsen tekstil bisa menggunakan saluran distribusi yang sama, yakni melalui pedagang besar dan pengecer.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 19.7.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...