5 Alternatif Strategi Distribusi

5 Alternatif Strategi Distribusi

Masalah penting lainnya didalam saluran distribusi ialah pemilihan serta penentuan strategi saluran distribusi. Strategi saluran distribusi adalah masalah penentuan cara dimana perusahaan akan mencoba untuk menjual barang-barang atau produk-produknya ke pasar, apakah perusahaan akan menggunakan penyalur A, B, C atau penyalur lainnya. Terdapat beberapa alternatif strategi yang berbeda untuk dapat memasarkan produk baru, yaitu terdiri dari:

1.      Menggunakan Saluran yang Ada

Alternatif saluran distribusi yang pertama ialah dengan cara menggunakan saluran distribusi yang ada didalam pemasaran produknya. Pemilihan penyalur distribusi yang ada dilatarbelakangi oleh suatu pertimbangan atas:
a)      Kredibilitas penyalur yang ada biasanya sudah diketahui oleh perusahaan.
b)      Perlunya untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan para penyalur yang ada.

2.      Menggunakan Penyalur Baru

Alternatif yang kedua ialah dengan menggunakan penyalur baru ke dalam saluran distribusi perusahaan. Dalam hal ini adalah penyalur baru diharapkan bisa mengambil pengalaman dari penyalur yang lama untuk mengetahui cara-cara yang telah ditempuh.

3.      Membeli Perusahaan Kecil yang Berfungsi Sebagai Penyalur

Selanjutnya strategi saluran diatribusi yang ketiga sebagai alternatif yang lain ialah memberikan sebuah kemungkinan kepada perusahaan untuk membeli ataupun menambah perusahaan baru yang nantinya akan berfungsi sebagai penyalur produknya. Dengan begitu perusahaan yang dibeli tersebut hanya akan berfungsi sebagai sebuah penyalur produk yang dihasilkan saja.

4.      Penjualan Produk Dalam Jumlah Besar Kepada Perusahaan lain

Jika pada alternatif yang ketiga adalah dengan cara membeli perusahaan kecil, maka pada alternatif strategi saluran distribusi yang ke empat adalah dengan cara menjual produk baru yang bersangkutan kepada perusahaan lain (dalam jumlah yang besar) yang selanjutnya perusahaan tersebut akan mendistribusikannya kepada para pembeli. Akan tetapi alternatif strategi seperti ini cenderung hanya akan menghasilkan laba yang rendah namun perusahaan hanya akan memikul resiko yang lebih kecil.

5.      Pembungkusan dan Penjualan Produk Melalui Pos

Dan alternatif yang terakhir adalah pembungkusan dan penjualan produk melalui pros, dimana strategi ini dilakukan oleh perusahaan dengan cara menghasilkan pembungkusan serta penjualannya melalui pos. Pemakaian strategi ini dapat didukung oleh kegiatan advertensi yang intensif.

Dari kelima alternatif yang sudah diuraikan diatas dapat dipilih oleh perusahaan yang mana yang paling menguntungkan akan sangat tergantung pada situasi serta kondisi perusahaan itu sendiri ataupun pada faktor-faktor ekstern lainnya. Dengan memilih serta menentukan berbagai alternatif tersebut bisa dipakai sebuah metode yang disebut dengan Metode Nilai Tertimbang (Weight Factor Score Method).

5 Alternatif Strategi Distribusi

Gambar 5 alternatif strategi distribusi

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 19.7.17

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...